Masalah umum yang sering dialami buah hati adalah mereka sulit makan alias memiliki nafsu makan menurun sehingga tidak semangat untuk menyantap berbagai macam hidangan yang telah disajikan sang bunda. Namun, banyak dari mereka tidak mengetahui alasan logis mengapa si kecil tidak ingin makan meski hidangan yang dibuat sangat menggugah selera, sementara para orang tua cenderung bertindak tegas dengan memarahi anak-anak untuk segera memakan konsumsi yang mana sebenarnya hal itu membuat mereka semakin tidak berselera.

Umumnya bahwa penyebab anak susah makan biasanya karena mereka sedang tidak sehat alias kondisi tubuh sedang tidak prima sehingga malas untuk mencicipi beragam jenis makanan. Akan tetapi, banyak sekali alasan lainnya sebagai tolak ukur mengapa si kecil sulit sekali mengonsumsi hidangan lezat di rumah yang telah disajikan, sedangkan anda perlu mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut sekaligus memberikan hadiah berupa pakaian bergambar animasi keinginan mereka di grosir kaos anak supaya mereka bisa makan dengan lahap.

pexels.com

5 Penyebab Anak Susah Makan Setiap Hari

 

Jika anda bingung mengapa si kecil tidak ingin makan, maka bisa menganalisa poin-poin berikut sebagai alasan utama mengapa buah hati anda sulit sekali mengonsumsi makanan setiap hari di rumah, yaitu :

  1. Tekstur

Tidak mustahil apabila anak anda sulit sekali menyantap hidangan di rumah karena mereka ingin mengonsumsi makanan dengan tekstur sesuai keinginan mereka. Anda tidak bisa menyamakan usia anda dengan anak-anak karena satu sama lain mempunyai selera berbeda, sedangkan hal ini bisa diatasi apabila anda membuat masakan dengan tektur lebih halus atau padat sehingga mereka tidak akan berhenti memakan hidangan yang telah anda sajikan dan nafsu makannya semakin bertambah setiap hari.

  1. Bosan

Alasan logis selanjutnya mengapa anak susah makan adalah cenderung bosan dengan menu makanan yang sama setiap hari, sedangkan mereka lebih tertarik mencicipi hidangan milik temannya ketika sedang makan bersama. Oleh sebab itu, anda harus berinovasi dengan membuat berbagai macam menu makanan berbeda dari biasanya sehingga si kecil lebih senang dan nafsu makannya lebih besar untuk menghabiskan semua hidangan yang telah disajikan, serta tidak bosan untuk makan masakan yang anda olah dirumah.

pexels.com
  1. Waktu

Anda harus memperhatikan jam makan si kecil sehingga mereka lebih terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang disajikan setiap hari. Oleh sebab itu, hal penting yang harus diperhatikan adalah jangan pernah memberi hidangan malam ketika buah hati mulai mengantuk karena mereka cenderung lelah dan sama sekali tidak berselera untuk memakan sajian yang telah dimasak sebelumnya. Anda bisa memberi makan pada malam hari sekitar 2 atau 3 jam sebelum tidur sehingga makanan yang disantap mampu dicerna tubuh dengan baik.

  1. Takut

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak anak susah makan karena mereka takut dan trauma. Mengapa? Sebab, orang tua biasanya selalu memaksa bahkan memarahinya untuk memakan sekaligus menghabiskan makanan yang dihidangkan sehingga si kecil memiliki mental lemah agar dapat mencicipi setiap menu yang dibuat sang bunda. Anda harus sabar ketika menyikapi anak sulit makan dan bisa membujuknya untuk menjelaskan bahwa makanan tersebut kaya akan nutrisi penting yang mendukung perkembangannya.

  1. Sakit di sekitar Mulut

Anda mungkin pernah melihat si kecil jarang atau sulit makan karena tidak bersemangat untuk menyantap hidangan yang telah dimasak. Akan tetapi, alasan lainnya di balik kurang tertarik memakan sajian tersebut adalah mereka sedang mengalami sakit di sekitar mulut seperti sariawan atau radang tenggorokan sehingga apapun yang dimakan sama sekali tidak memberikan rasa nikmat sejak suapan pertama. Hal ini sangat tidak nyaman bagi mereka dan anda bisa memberi makanan yang memiliki gizi penting untuk menyembuhkan rasa sakit tersebut.

pexels.com

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Paling Efektif

 

Apabila anak anda sudah makan dan sama sekali tidak berselera untuk menyantap setiap masakan yang disajikan, maka harus menerapkan beberapa solusi berikut agar mereka dapat makan dengan lahap, yaitu :

  1. Makan Secara Teratur

Anda harus mengatur waktu makan si kecil dengan benar apabila anak susah makan sehingga mereka lebih mudah mengonsumsi berbagai macam hidangan yang disajikan. Anda bisa membuat jadwal makan layaknya belajar, bermain dan tidur yang sering dilakukan buah hati anda setiap hari sehingga mereka akan terbiasa memakan beberapa asupan nutrisi yang anda siapkan secara perlahan. Cara ini bertujuan supaya anak bisa memiliki rasa disiplin dan bertanggung jawab atas kegiatan yang harus ia lakukan, terutama makan setiap hari.

  1. Kurangi Frekuensi Air Minum

Kemudian, cara mengatasi anak sulit makan berikutnya adalah mengurangi frekuensi air minum untuk si kecil. Anda bisa memberikannya sebanyak dua kali saja yakni pada pertengahan dan akhir setelah makanan tersebut habis. Hal ini bertujuan untuk mencegah kekenyangan karena anak anda lebih banyak minum dibandingkan mengonsumsi makanan yang disajikan. Lalu, jangan pernah memberikan asupan vitamin berupa obat penambah nafsu makan secara langsung karena si kecil boleh meminumnya sekitar 1 atau 2 jam setelah makan.

  1. Hindari Gangguan

Untuk mengatasi anak susah makan maka anda harus menghindari berbagai macam gangguan yang membuat si kecil tidak fokus menghabiskan makanannya. Oleh karena itu, anda bisa mematikan TV dan tidak mengajak anak bermain ketika sedang mengonsumsi hidangan yang sedang disantap. Tak hanya itu, jangan pernah mengajak mereka berbincang sehingga makanan akan habis dengan cepat dan bertujuan untuk menjaga konsentrasi sang buah hati untuk tidak mudah terganggu ketika makan setiap hari.

pexels.com
  1. Sajikan Lebih Unik

Anak-anak biasanya bosan untuk mencicipi menu makanan yang sama setiap hari, serta rasanya cenderung stagnan sehingga lebih sering memakan hidangan orang lain dibandingkan buatan anda sendiri. Hal mudah untuk mengatasi masalah ini adalah menyajikan hidangan dengan tampilan lebih menarik dengan rasa lebih menggugah selera agar si kecil dapat mengonsumsinya setiap hari dan tidak bosan memakannya terus menerus, contohnya adalah membuat nasi goreng berbentuk wajah beruang dan hal menarik lainnya.

  1. Hidangan dalam Porsi Sedikit

Tidak sedikit dari orang tua masih salah kaprah ketika menyikapi anak susah makan. Mereka biasanya sulit makan karena porsi yang anda sajikan terlalu besar sehingga si kecil tidak akan mampu menghabiskan hidangan tersebut. Perlu diingat bahwa buah hati anda memiliki lambung yang tidak bisa menampung makanan cukup banyak, sedangkan anda harus memberinya secara berkala dan semakin sering anda menghidangkan makan dengan porsi lebih banyak biasanya mereka tidak nafsu makan atau kenyang lebih cepat.

Apabila anda sudah memahami semua alasan dan solusi mengapa anak sulit makan saat ini, maka bisa mengubah pola pikir dan kebiasaan untuk menyajikan berbagai macam menu lebih enak dan menarik untuk mereka santap setiap hari. Kemudian, anda bisa memberikan penghargaan kecil kepada sang buah hati berupa pakaian menarik dengan gambar animasi kesukaan mereka dari grosir kaos anak sehingga apa yang anda sediakan untuk mereka membuat si kecil lebih semangat untuk memakan makanan yang anda sajikan setiap hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *