Walaupun saat ini sudah masuk dalam era digital, masih banyak orang yang bertanya “apa yang dimaksud dengan blog?” Sebenarnya tidak ada yang salah dengar bertanya, malah hal tersebut adalah suatu hal yang bagus karena tandanya banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Yang hanya disayangkan adalah persebaran informasi yang tidak merata antara yang di kota dengan yang ada di pedalaman. Hal ini mungkin saja dikarenakan akses internet yang belum bisa mencakup ke seluruh wilayah Indonesia.

Menjawab pertanyaan “apa yang dimaksud dengan blog

Agar tidak penasaran, blog merupakan salah satu bentuk aplikasi website. Sebenarnya blog adalah satu bagian dari website yang dapat diakses secara online. Blog biasanya dikelola oleh satu admin saja atau pengguna tunggal, namun tidak menutup kemungkinan bila satu blog dikelola oleh banyak admin atau banyak orang. Blog memiliki fungsi untuk memuat berbagai tulisan serta gambar disetiap halamannya dengan tema atau topik tertentu yang diangkat. Dengan blog sebagai media publikasi tulisan yang ada di blog, maka ide-ide yang ter-posting di blog tersebut dapat tersebar dengan lebih cepat, semua orang yang memiliki akses internet juga dapat membacanya. Dalam perkembangannya, sekarang blog tidak hanya digunakan untuk memuat tulisan atau gambar saja, namun blog juga digunakan untuk menghasilkan uang dengan memasang berbagai iklan.

Sejarah dari blog

Awalnya blog seperti yang biasa anda kenal, bukan berasal dari Google namun dari blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs. Kemudian di bulan Agustus 1999, blog mulai diperluas. Karena kepopuleran dari blog tersebut, barulah Google mulai mengakuisisi Pyra Lab di akhir tahun 2002. Setelah dipegang oleh Google, blog atau blogspot.com mulai mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam aplikasi yang bersifat open source sehingga para penulis blog dapat memanfaatkannya sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Lalu, semenjak blog diakuisisi oleh Google, maka apabila anda tertarik untuk memiliki sebuah blog, anda harus memiliki email Google terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan blog.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *