Studi akuntansi adalah sebuah studi yang berfokus pada cara untuk membuat laporan keuangan dan melakukan pemeriksaan terhadap laporan tersebut. Ahli dalam bidang ini juga mampu memberikan penilaian terhadap mutu sebuah laporan keuangan dan mengetahui permasalahan dari laporan tersebut. Gelar akuntan di UI akan membutuhkan pelajaran tambahan melalui studi profesi akuntan. Pelajaran dan pekerjaan ini sering dinilai seseorang sebagai sesuatu yang sulit karena berbeda dengan teknik jurusan ini memang akan membuat kepala seseorang penuh dengan angka.

 

Jalur Kerja dan Biaya Studi Akuntansi

Studi akuntansi ini akan membawa mahasiswanya pada berbagai kesempatan untuk bekerja di berbagai jenis instansi baik swasta maupun nasional. Akuntansi memiliki sifat yang terfokus pada pembukuan dan pekerjaan pencatatan keuangan. Mereka tidak membutuhkan kemampuan lain dan banyak perusahaan yang akan mencari mereka. Perusahaan akan membutuhkan orang yang rela mengorbankan dirinya untuk berurusan dengan berbagai jenis pencatatan dan sejumlah buku besar dan tebal. Jadi mahasiswa lulusan S1 atau yang telah mengambil studi profesi tidak perlu khawatir dalam mencari pekerjaan.

 

Skema pembayaran di UI hampir sama dengan universitas negri lainnya dimana setiap orang bisa membayar uang kuliah dalam nilai yang berkisar antara 100 ribu sampai 5 juta rupiah. Peraturan ini sudah diberlakukan sejak tahun 2013 dan tidak ada dari mahasiswa yang harus membayar uang pangkal. Keuntungan ini dapat dinikmati karena universitas menyalurkan subsidi dari pemerintah pada pembayaran uang pangkal. Cara pembayaran uang kuliah di universitas ini akan menggunakan sistem tunggal dimana program studi akan memutuskan nilai dari biaya semester yang harus dibayarkan setiap mahasiswa. Biaya ini tetap dan tidak akan dikenakan biaya lain sebagai tambahan seperti misalnya biaya SKS. Selain itu terdapat program lain yaitu S1 Paralel. Program ini juga menggunakan sistem pembayaran tunggal yang ditetapkan pada nilai 10.5 juta untuk setiap semester dan uang pangkal sebesar 25 juta. Pihak UI juga menyelenggarakan penyaluran bantuan pada mahasiswa yang berhak untuk menerima bantuan baik dari pemerintah atau perusahaan tertentu sehingga mempermudah mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *