Apabila saat ini anda sedang membutuhkan informasi tentang cara menabung maka silahkan simak penjelasan ini sampai selesai. Saat ini sudah banyak sekali informasi yang menjelaskan cara menghemat uang namun masih saja tidak mempraktekkannya. Apabila anda sudah terbiasa untuk bejalar menghemat uang maka hal ini sudah menunjukkan kalau anda usdah paham mengenai cara mengelola keuangan dengan baik.

Kegiatan menyimpan uang atau menabung ini merupakan kegiatan yang tidak mudah. Perlu kerja keras dan konsisten agar uang tabungan anda terkumpul. Sehingga uang ini dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak atau kebutuhan jangka panjang.

Cara Gampang Menabung yang Mudah Diterapkan

Sebenarnya sudah banyak orang yang paham kalau menabung merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk kebutuhan masa depan. Namun dalam kenyataannya saat ini banyak sekali orang yang gagal disiplin menabung. Mengapa demikian? Mengingat kegiatan menabung ini membutuhkan kedisiplinan dan konsistensi.

pxhere.com

Kegagalan ini faktornya sangat beragam. Salah satunya memang kebutuhan hidup seseorang lebih besar daripada pendapatannya. Ada juga seseorang yang memiliki kehidupan yang boros. Mungkin hal ini juga terjadi pada anda, namun demi masa depan yang cerah maka jangan berputus asa. Silahkan simak cara mudah menabung agar bisa mencapai target.

  1. Membuat rencana yang detail

Ketika anda membuat rencana yang matang maka anda akan mendapatkan dorongan motivasi untuk menjalankannya. Hal ini juga berlaku pada kegiatan menabung. Agar kegiatan menabung anda dapat mencapai target maka lebih baik silahkan membuat daftar menabung yang detail agar dapat dilihat setiap saat.

Pada tahap awal silahkan menabung untuk mengumpulkan dana darurat. Biasanya dana darurat ini 3 kali lebih besar dari dana pengeluaran rutin anda. dapat diasumsikan ketika pengeluaran anda perbulan Rp 3 juta maka dana darurat yang harus anda kumpulkan yaitu sekitar Rp 9 juta. Nah, agar dana darurat anda bisa terkumpul Rp 9 juta maka silahkan menabung 10% dari penghasilan rutin anda.

  1. Membangun sistem otomatis

Tidak dipungkiri lagi, saat ini kita hidup di zaman yang penuh godaan. Semua teknologi serba baru dan sangat memikat hati untuk memilikinya. Ketika kita tidak mampu mengerem keinginan maka kita akan hidup boros. Parahnya lagi untuk memenuhi semua kebutuhan anda rela untuk berhutang. Jangan sampai anda tergoda untuk menjadi pribadi konsumtif.

Untuk mengatasi itu semua maka anda bisa menerapkan fitur autodebet pada rekening khusus untuk menabung. Jadi ketika anda gajian pada tanggal 5 maka anda bisa mengaktifkan sistem autodebet pada tanggal 6 masuk ke rekening khusus. Anda bisa saja menabung 10 % atau 20% dari hasil pendapatan bulanan anda.

  1. Menempatkan pada tempat yang paling sembunyi

Banyak sekali orang tidak bisa konsisten menabung, karena tidak tahan melihat uang banyak di rekeningnya. Hal ini sama saja ketika banyak orang ingin diet namun justru semakin gemuk. Agar gaji anda tidak boros maka silahkan sembunyikan penghasilan anda dari penglihatan anda. Penasaran bagaimana caranya ? jadi ketika anda mendapatkan gaji melalui salah satu rekening bank, maka anda bisa memindahkan sebagian dana tabungan anda pada rekening lain. Pada tabungan khusus ini tidak perlu anda lengkapi dengan kartu debit atau kartu ATM agar tidak mudah di ambil.

pxhere.com

Manfaat Menabung yang Dapat Dirasakan Untuk Masa Depan Lebih Cerah

Ketika anda masih saja sulit untuk menabung, maka hal ini memang sangat wajar. Karena masih banyak orang yang selalu gagal ketika menabung. Menabung memang membutuhkan kesadaran dan kebiasan yang sudah terlatih sejak kecil. Namun ketika anda memutuskan untuk belajar menabung maka anda akan mendapatkan masa depan yang lebih indah. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat menabung:

  1. Mengajarkan untuk hidup hemat

Ketika anda memiliki kebiasaan menabung maka anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan. Pastinya anda akan lebih paham mana kebutuhan mana keinginan. Jadi anda akan membeli sesuatu yang anda butuhkan dan akan menyimpan sisa uangnya untuk ditabung. Hal ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pada hari tua.

  1. Terhindar dari hutang

Kebutuhan darurat memang tidak bisa kita hindari, seperti membutuhkan dana untuk biaya rumah sakit, dana untuk membayar dafatr ulang sekolah anak, dan masih banyak lagi. Salah satu solusinya yaitu membuka buku tabungan. Lebih parahnya lagi ketika tidak memiliki uang tabungan maka anda memutuskan untuk berhutang. Ketika anda hutang di bank maka selain harus melunasi anda akan dibebani dengan bunga yang lumayan besar.

pxhere.com
  1. Belajar untuk lebih sabar

Kegiatan menabung merupakan salah satu bentuk latihan kesabaran. Jadi dengan menabung maka secara otomatis anda harus menahan sesuatu ketika ingin membeli barang yang anda sukai. Jadi dengan menabung maka anda akan lebih mudah mengelola mana kebutuhan mana keinginan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menabung dan berbagai manfaat ketika kita memiliki kebiasaan menabung. Namun ketika penjelasan ini dirasa kurang lengkap maka anda bisa mengunjungi situs washingtonunitedformarriage. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang betapa petingnya menabung untuk masa depan yang lebih cerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *