Deskripsi

Memancing memang menjadi hobi yang digemari oleh sebagian orang. Baik ikan kecil maupun besar mereka akan mencari tahu bagaimana cara menangkapnya agar hasilnya banyak.

 

Artikel

Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi. Baik tawar maupun laut. Biasanya bagi orang – orang yang tinggal di dekat sungai mereka akan memancing atau menangkap ikan sebagai bahan makanan untuk dijadikan lauk namun tak jarang juga dijadikan sebagai hiasan ruang tamu dengan lampu – lampu. Rata – rata ikan yang berada di sungai adalah ikan kecil dengan jumlah yang banyak. Memang susah – susah gampang untuk menangkap ikan kecil. Diperlukan trik dan keahlian khusus agar hasil tangkapannya banyak.

 

Cara Menangkap Ikan Kecil di Sungai

Untuk bisa menangkap ikan yang sesuai dengan ukuran ikannya, anda harus menggunakan alat yang tepat untuk bisa mendapatkan ikan kecil yang banyak. Biasanya orang – orang yang menangkap ikan kecil adalah untuk dijadikan peliharaan karena memiliki corak yang bagus. Misalnya ikan cupang. Berikut ini alat yang bisa anda gunakan untuk menangkap ikan kecil di sungai:

  1. Jaring

Jenis jaring yang digunakan biasanya terbuat dari bahan nilon yang tahan air dan kuat yang dianyam menjadi jaring dengan lubang – lubang yang kecil. Jika ingin menangkap ikan yang kecil, maka lubang pada jaring dibuat menjadi sangat kecil agar ikan yang kecil bisa tertangkap.

 

  1. Bendungan

Dibuat untuk menjebak ikan masuk ke dalamnya, cara ini bisa dilakukan untuk menjebak ikan yang besar. Namun tidak ada salahnya digunakan untuk menjebak ikan kecil. Bendungan biasanya menggunakan tanah yang basah sejenis dengan tanah liat yang kedap dengan air sehingga mampu menggiring ikan masuk kedalamnya.

 

Hal ini terkadang menyulitkan mereka untuk menangkapnya. Meski  sudah menggunakan seser dan jaring yang kecil, namun tetap saja hasilnya kurang memuaskan. Mereka harus memiliki cara yang tepat untuk menangkap ikan, terutama ikan yang berukuran kecil. Dengan membuat perangkap yang sesuai dengan ukuran ikan, bisa membantu anda untuk mendapatkan ikan sesuai dengan keinginan anda terutama ikan kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *