Bagi kalian yang bergelut dengan bidang internet, tentu tidak asing dengan istilah blogger. Blogger adalah sebuah istilah keren yang di mana digunakan untuk menyatakan seseorang yang memiliki blog di internet. Umumnya, pemilik blog ini suka menulis berbagai macam tulisan di blog miliknya. Menjadi blogger adalah sesuatu yang mengasyikan, menjadi blogger berarti sering menulis di blog miliknya. Blog adalah salah satu platform yang diakses dengan menggunakan internet. Dengan menjadi blogger, anda akan memiliki penghasilan sendiri, pasalnya sebuah blog dapat menghasilkan uang. Selanjutnya, apabila anda beruntung anda juga dapat menjadi seseorang yang terkenal karena menjadi blogger. Apabila anda tertarik menjadi seorang blogger, maka anda wajib mengetahui beberapa trik cara menjadi blogger.

Untuk bisa menjadi seorang blogger, tentu anda harus suka menulis. Dapat dikatakan juga, sebagian besar kegiatan blogin adalah menulis. Untuk bahan tulisan yang akan anda tulis, anda bisa coba menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Anda juga dibebaskan untuk menulis kapan saja. Entah itu dua hari sekali, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali pun tak masalah. Cara menjadi blogger dapat dibedakan menjadi tiga. Ketiga hal tersebut yaitu membuat blog, mengisi blog tersebut dengan bahan tulisan yang anda buat, dan yang terakhir yaitu membesarkan blog tersebut.

pexels.com

Cara Menjadi Blogger Sukses

Sebenarnya menjadi seorang blogger yang sukses adalah perihal yang cukup mudah, namun bagi anda yang belum pernah mengenal tentang dunia blogger, ada berbagai macam hal yang harus anda pelajari tentang dunia tersebut. Adapun beberapa cara mejadi blogger dapat anda simak di bawah ini.

  1. Menentukan Topik dan Tujuan

Sebelum masuk ke dunia blogger lebih dalam, sebaiknya tentukan maksud dan tujuan anda terlebih dahulu. Pastikan apakah anda terjun ke dunia ini karena hobi, ingin menghasilkan uang, atau hal yang lainnya. Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka anda memiliki motivasi untuk mengembangkan blog anda. Perlu diingat juga, untuk bisa menjadi seorang blogger sukses, anda harus konsisten dan tekun untuk membuat dan merakit blog yang anda miliki.

Setelah mengetahui tujuan mengapa anda terjun ke dunia blog, berikutnya anda perlu memilih topik yang anda kuasai. Fokuslah pada topik yang anda buat dan dengan demikian orang lain akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

  1. Membuat Blog dengan Menggunakan Template yang Baik

Cara menjadi blogger yang berikutnya adalah dengan menentukan blog yang akan digunakan. Apabila anda bingung, anda bisa coba memilih layanan blogspot. Daftarkan blog yang telah anda buat ke mesin pencarian. Adapun tujuan mendaftarakan blog anda ke dalam mesin pencarian yaitu blog anda mudah dikenali oleh mesin pencarian itu sendiri.

  1. Belajar Menulis Artikel

Belajar membuat sebuah artikel yang baik dan nyaman ketika dibaca adalah suatu hal yang sangat penting. Pastikan anda memilih topik yang berkaitan dengan blog yang anda buat. Anda bisa coba belajar mengajari judul yang paling banyak dicari oleh pengunjung.

pexels.com
  1. Belajar Mempromosikan Konten

Secara umum ada dua cara untuk mempromosikan artikel konten yang telah anda buat. Adapun kedua cara tersebut yaitu dengan cara online maupun offline. Cara offline adalah dengan cara mencantumkan alamat blog yang anda miliki di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sosial media. Tujuan dari promosi ini yaitu agar blog yang anda miliki banyak dikunjungi oleh pembaca.

  1. Mempelajari SEO dan Desain Blog

SEO adalah sebuah cara yang di mana membuat artikel anda mudah dicari pembaca. Dengan menggunakan SEO yang baik, maka para pengunjung akan mudah masuk ke blog anda.

  1. Mempelajari Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Cara menjadi blogger yang terakhir adalah dengan belajar cara mendapatkan uang dari internet. Perlu diingat kembali, menjadi blogger adalah sebuah kegiatan yang dapat menghasilkan keuntungan. Semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog anda, maka akan semakin mudah juga anda menghasilkan uang. Apabila anda konsisten, kelak nanti akan ada berbagai aplikasi yang akan menghubungi anda.

pexels.com

Jenis Blog yang Perlu Diketahui

Menjadi blogger sebenarnya dapat didapatkan dengan cara yang sangat mudah. Berbeda dengan informasi cara buka situs yang diblokir, untuk bisa membuat blog anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Apabila anda serius ingin menjadi blogger, tentu anda harus mengetahui lima jenis blog yang ada di dunia maya. Kelima blog tersebut yaitu:

  1. Blog Pribadi, adalah blog yang umumnya dibuat untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagai hal-hal dari kehidupan sehari-hari.
  2. Blog Otoritas (Authority Blogs), adalah blog yang dibuat para blogger serius. Tujuan blog otoritas ini yaitu agar menjadi ahli di topik yang dibahasnya.
  3. Blog Niche, adalah blog yang berfokus kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencarian.
  4. Blog Perusahaan, adalah blog yang menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk atau jasa baru, serta berkomunikasi dengan pelanggan.
  5. Blog Spam, adalah blog yang dibuat dengan tidak memerhatikan kualitas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *