Diera modern seperti sekarang ini, banyak orang menuntut kecepatan dalam melakukan segala aktivitasnya. Tidak terkecuali dalam dunia percetakan, kini bisnis percetakan juga dituntut untuk mampu cetak foto ataupun cetak dokumen dalam waktu yang cepat. Selain dituntut dengan kecepatannya super ekstra, orang-orang juga menuntut agar dapat menikmati hasil cetak dengan kualitas yang bagus. Jika anda bisa memenuhi hal tersebut, sudah pasti usaha anda akan memiliki banyak pelanggan dan pastinya sukses ada didepan mata anda.

ww.pexels.com

Bagaimana Memulai Membuka Usaha Percetakan

Membuka bisnis percetakan, hal utama yang harus anda miliki adalah mesin cetak atau printer. Printer yang anda gunakan haruslah printer yang memiliki kualitas terbaik. Walaupun demikian anda tidak perlu khawatir jika harus mengocek uang dalam-dalam. Hal tersebut dikarenakan kini banyak vendor-vendor printer yang mengeluarkan produk printer berkualitas dengan harganya yang terjangkau.

Selain itu, untuk menghemat biaya anda juga bisa membeli printer second. Akan tetapi dalam membeli printer second anda tentunya harus lebih hati-hati dalam memastikan apakah kualitas printer masih oke atau tidak. Janga sampai anda tergiur dengan harga yang murah tetapi kualitas printer sudah tidak bagus bahkan tidak layak untuk digunakan.

Saat anda membeli printer pastikan jika anda memiliki atau mendapatkan CD/DVD Drivenya. Hal tersebut karena tanpa CD/DVD drivers anda tentu akan kesulitan dalam menggunakan atau menjalankan fungsi printer. Namun, bagaimana jika saat membeli printer second dan ternyata CD/DVD Drivers tidak ada? Jika masalah tersebut yang anda alami, jangan panic dan khawatir karena ternyata anda bisa mendownload printer drivers secara online dengan mudah pada situs resmi vendor printer di internet.

Akan tetapi, setelah anda memiliki printer drivers ternyata masalah belum selesai sampai disitu. Untuk dapat melakukan proses cetak foto atau cetak dokumen anda harus menginstall printer drivers yang anda miliki pada computer milik anda. Untuk itu pada artikel ini, anda akan diberi tahu aneka cara menginstall printer drivers sekaligus cara cetak foto dengan kualitas yang terbaik. Bagaimana semakin menarik bukan? Oleh karena itu, simaklah ulasan pada artikel ini hingga akhir.

ww.pexels.com

Inilah Beragam Cara yang Mudah Diikuti untuk Menginstall Printer Drivers di Komputer

Sebagai seorang konsumen yang cerdas sudah seharusnya anda memiliki pengetahuan yang lengkap tentang produk serta memiliki ketelitian sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk apalagi untuk produk-produk printer yang dilengkapi teknologi canggih didalamnya. Namun, bagaimana jika anda sudah terlanjur membeli printer kesayangan dan ternyata anda lupa untuk menginstall printer drivers pada computer saat masih di outlet penjualan? Jika anda mengalami hal seperti itu, jangan khawatir karena anda ternyata bisa dengan mudah menginstall printer drivers sendiri dirumah. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, simaklah ulasan berikut ini hingga akhir.

  1. Menginstall Printer Drivers dengan Menggunakan CD/DVD Drive

Menginstall printer drivers di computer sangatlah mudah. Akan tetapi, tidak semua orang bisa melakukannya seringkali saat pertama akan mencoba justru keluar notofikasi error yang membuat jantung dag dig dug. Apakah anda pernah mengalaminya? Jika iya, tentu  rasa bingung dan pusing terus melanda apalagi setelah mencoba ulang notifikasi tersebut masih terus muncul seringkali justru membuat anda mengira jika printer yang anda beli sudah rusak.

 

Ternyata oh ternyata, masalah yang telah dijelaskan sebelumnya bukan dikarenakan printer atau computer milik anda rusak. Melainkan karena sebelumnya pada computer anda telah terinstall atau sedang berjalan program printer drivers. Selain itu, perlu anda ketahui masalah tersebut seringkali muncul jika anda menggunakan windows 8 atau windows 10. Namun, anda tidak perlu khawatir untuk memperbaiki atau menghilangkan notifikasi error tersebut anda cukup melakukan proses install ulang printer drivers.

 

Langkah pertama untuk melakukan proses install ulang printer drivers adalah anda harus memasukkan CD/DVD Drive dari printer yang anda miliki ke CD Room pada computer. Setelah berhasil masuk dan terbaca, anda bisa langsung klik kanan pada menu Windows dan klik pilihan Computer Management. Selanjutnya anda bisa klik pilihan Device Manager lalu klik pilihan Printers. Yang harus anda ketahui, agar menu Printers tersebut muncul sebelumnya anda harus koneksikan terlebih dahulu printer milik anda dengan computer.

 

Jika menu Printers sudah muncul, klik menu tersebut kemudian anda bisa klik kanan pada tipe printer milik anda lalu klik pilihan Update Driver Software. Belum selesai sampai disitu anda bisa langsung klik pilihan Browse My Computer for Driver Software untuk membuka disk tempat file driver disimpan. Setelah berhasil membuka file driver tersebut, klik Next maka proses update printer drivers sedang berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul notifikasi update software drivers sukses.

  1. Menginstall Printer Drivers dengan Menggunakan Kabel USB

Menginstall printer drivers pada computer juga bisa dengan menggunakan kabel USB bawaan dari printer. Akan tetapi yang harus anda ketahui adalah kabel USB bawaan dari printer tidaklah cukup panjang ukurannya. Oleh karena itu, anda harus menempatkan computer dan printer dalam jarak yang dekat agar dapat memulai menginstall printer drivers dengan menggunakan kabel USB bawaan printer.

ww.pexels.com

Hal utama yang harus anda lakukan untuk dapat menginstall printer dengan menggunakan kabel USB bawaan adalah dengan menghubungkan computer dengan printer melalui kabel USB tersebut. Setelah kabel USB terhubung dengan baik, anda bisa langsung menyalakan printer yang anda miliki. Sebagian tipe printer akan secara otomatis menjalankan proses install ataupun memunculkan instruksi untuk menginstall ketika printer dinyalakan. Akan tetapi, anda tidak perlu cemas jika printer anda tidak memberikan sinyal-sinyal install otomatis, karena memang tidak semua printer dilengkapi dengan fungsi demikian.

Untuk memulainya anda bisa langsung klik menu Start, kemudian klik pilihan Devices and Printers. Setelah itu, anda bisa langsung klik pilihan Add a Printer or Scanner. Hal tersebut dimaksudkan untuk memindai perangkat keras khususnya printer yang terhubung pada computer. Mungkin saja akan muncul beberapa model printer karena history penyambungan sebelumnya yang belum dihapus. Untuk itu, pilihlah model printer yang sesuai dengan printer yang dimiliki. Setelah berhasil menghubungkan dengan model printer milik anda, maka anda sudah bisa melakukan proses cetak-mencetak.

Beberapa masalah seringkali muncul saat sedang memindai printer yang terhubung pada computer. Yang paling sering dihadapi adalah model printer yang dimiliki tidak tertera. Jika hal demikian yang anda alami, jangan khawatir karena cara mengatasinya terbilang mudah. Untuk mengatasinya, anda bisa klik link The printer that I want isn’t listed kemudian klik Search. Hal tersebut untuk memindai printer drivers pada hard drivers. Untuk menyelesaikannya, anda harus mengikuti instruksi yang dianjurkan. Apabila diperintahkan untuk merestart computer maka lakukanlah hal tersebut, karena setelah computer kembali menyala maka printer anda bisa langsung digunakan.

  1. Menginstall Printer Drivers dengan Menggunakan Drivers Unduhan

Selain dua cara menginstall printer drivers seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda juga bisa menginstall drivers printer hasil unduhan di situs web resmi dari vendor printer yang anda miliki.  Printer drivers unduhan ini akan sangat membantu anda apabila anda tidak memiliki CD/DVD Drive. Selain itu, cara mendapatkan drivers printer di situs web resmi juga terbilang sangat mudah dan pastinya lengkap untuk semua model printernya. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir tidak dapat menemukan drivers untuk model printer yang anda miliki.

Sebelum memulai untuk menginstall pastikan terlebih dahulu drivers unduhan yang anda miliki sudah sesuai dengan tipe printer dan sistem operasi yang berjalan pada computer anda. Jangan sampai saat anda sudah mulai menginstall ternyata terjadi error karena drivers yang dimiliki tidak sesuai dengan sistem operasi yang berjalan. Printer driver hasil unduhan pada umumnya tersimpan dalam bentuk file WinRAR. Oleh karenanya, anda perlu mengekstrak terlebih dahulu file tersebut agar proses install dapat berjalan dengan lebih mudah.

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah anda mengetahui cara mengekstrak file WinRAR tersebut? Jika belum, tenang saja karena artikel ini akan memberi tahu cara mengekstrak file WinRAR khusus untuk anda. Cara mengekstrak file WinRAR sangatlah mudah, anda cukup klik kanan pada file kemudian klik pilihan Open with WinRAR, Extract Here, atau Extract File. Untuk mempermudah proses install sebaiknya anda memilih pilihan Extract Here agar file berada disatu tempat yang sama.

Untuk memulai menginstall printer drivers anda harus mencari file setup yang memiliki ekstensi EXE pada folder file hasil ekstrak. Setelah menemukan file tersebut, double klik pada file agar proses install bisa mulai dijalankan. Pada umumnya akan ada beberapa instruksi yang muncul, ikuti setiap instruksi hingga proses install selesai. Diakhir langkah biasanya anda akan diberi instruksi untuk merestart computer, ikuti instruksi tersebut agar drivers dapat terinstal secara sempurna. Ketika computer anda menyala kembali, hubungkan printer pada computer, maka printer sudah dapat anda gunakan untuk melakukan proses pencetakan dan proses lainnya sesuai fungsi printer.

Usai mengetahui dan mengaplikasikan cara menginstall printer drivers sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kini anda tentu sudah dapat menggunakan printer sebagaimana fungsinya. Baik digunakan untuk mencetak dokumen, mengcopy dokumen, menscan dokumen bahkan mengirim fax. Akan tetapi, selain dapat digunakan untuk mencetak dokumen printer yang anda miliki juga dapat digunakan untuk cetak foto. Ulasan selanjutnya, akan menjelaskan bagaimana cara mencetak foto untuk memperoleh hasil yang bagus dan berkualitas. Menarik untuk diikuti bukan? Untuk itu, simaklah ulasan pada artikel ini hingga akhir.

ww.pexels.com

Cara Cetak Foto untuk Mendapatkan Hasil Cetak yang Memiliki Kualitas Terbaik

Seperti kita ketahui, setiap orang baik anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia sangat gemar untuk mengabadikan momen hidupnya dalam sebuah foto. Sebagian besar foto-foto terbaik tersebut tentulah harus dicetak. Bagi anda yang ingin menghemat biaya pencetakan tentu ingin mencetak foto dirumah dengan menggunakan printer pribadi. Namun, apakah anda mengetahui cara cetak foto untuk mendapatkan hasil cetak yang memiliki kualitas terbaik dan sama seperti mencetak di studio-studio foto? Jika tidak mengetahuinya, maka anda perlu menyimak artikel ini hingga akhir agar foto terbaik anda juga bisa di cetak dengan hasil terbaik pula.

Untuk mendapatkan hasil cetak dengan kualitas terbaik anda harus memenuhi beberapa syarat. Beberapa syarat tersebut diantaranya memiliki foto dengan kualitas terbaik, memiliki printer yang memang dapat difungsikan untuk cetak foto, menggunakan kertas foto khusus, memiliki tinta yang berkualitas, dan melakukan setting printer dengan benar. Kualitas foto yang bagus ditentukan oleh alat yang digunakan saat anda mengambil foto. Apabila anda menggunakan kamera minimal 3 migapixel maka foto yang anda hasilkan sudah cukup baik.

Ketika anda sudah memiliki foto yang berkualitas, selanjutnya pastikan printer anda dapat difungsikan untuk mencetak foto. Hal tersebut dapat diketahui melalui spesifikasi printer atau bisa juga terlihat langsung dari nama printer yang anda miliki. Semakin bagus spesifikasi printer termasuk semakin banyak jumlah catridge tentu akan memberikan hasil cetak foto yang lebih bagus kualitasnya. Hasil cetak foto yang bagus juga akan didapatkan jika anda menggunakan kertas khusus foto saat mencetaknya. Dipasaran banyak sekali merek kertas foto yang bisa anda beli, baik yang berkualitas standar, glossy bahkan coated photo paper. Anda bisa menentukan jenis kertas yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan kemampuan kantong.

Tinta yang anda gunakan untuk cetak foto juga akan mempengaruhi hasil cetak. Untuk memperoleh hasil terbaik anda harus menggunakan tinta original. Namun, anda tentu tahu sesuatu yang original pastinya tidak murah. Akan tetapi, anda tidak perlu bingung jika memiliki dana terbatas karena setiap masalah tentu saja ada solusinya. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat banyak alternative yang bisa digunakan, apabila anda menggunakan printer merek Canon anda bisa menggunakan tinta third party yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih murah. Walaupun harganya lebih murah, namun kualitas cetak yang dihasilkan tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan yang original.

ww.pexels.com

Untuk memulai mencetak foto anda tentu harus membuka file foto milik anda melalui aplikasi editing foto baik itu Photoshop, Microsoft Paint atau Microsoft Photo Editor. Setelah file foto berhasil dibuka anda bisa klik menu File lalu klik pilihan Print. Setelah itu, maka akan muncul kotak dialog Print, untuk melakukan setting printer anda bisa klik Properties. Pada kotak dialog Properties khususnya pada bagia Media Type ubahlah sesuai dengan jenis kertas yang akan anda gunakan untuk mencetak foto.

Bagian terpenting yang tidak kalah untuk diperhatikan saat melakukan setting printer adalah Print Quality. Pada bagian Print Quality ubahlah menjadi High, inilah yang akan membuat kualitas foto anda semakin bagus saat dicetak. Setelah setting printer selesai dilakukan, anda bisa langsung klik Ok kemudian dilanjutkan dengan klik Print. Akan tetapi, anda harus bersabar menunggu proses cetak foto ini karena membutuhkan waktu sedikit lama. Hal tersebut karena semakin tinggi kualitas yang dipilih waktu cetak menjadi lebih lama. Walaupun demikian anda akan terpuaskan dengan hasil foto yang memiliki kualitas terbaik.

Demikianlah ulasan mengenai aneka cara menginstall printer drivers sekaligus cara cetak foto dengan kualitas yang terbaik. Semoga ulasan yang disampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa jika anda akan menginstall drivers hasil unduhan pastikan unduhlah di situs web resminya dan sesuaikan dengan jenis printer serta sistem operasi yang berjalan. Hal tersebut, akan memudahkan saat proses install. Akhir kata selamat bersenang-senang dengan printer anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *