Semakin maju perkembangan zaman makin banyak pula efek – efek buruk yang terjadi untuk lingkungan. Efek tersebut sering kali diabaikan oleh banyak orang karena merasa hal tersebut sudah biasa.  Teknologi yang makin maju membuat banyak pabrik di dirikan. Tidka hanya di pusat kota bahkan di pelosok desa telah berdiri pabrik – pabrik besar yang mengotori lingkungan. Pabrik – pabrik tersebut menyebabkan polusi udara yang makin lama makin meningkat polusi tersebut membuat banyak perubahan pada kualitas udara yang dihirup oleh masyarakat. Berbagai penyakit bersarang karena polusi udara tersebut. Hal tersebut tentu sangat menghawatirkan jika terus dibiarkan terjadi.

Selain polusi karena asap pabrik. Polusi karena kendaraan bermotor juga menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai. Debu – debu dan asap kendaraan bermotor menjadi salah satu pemicu penyakit yang sangat umum terjadi di masyarakat. Penyakit – penyakit tersebut antara lain adalah batuk, flu, penyakit saluran pernafasan dan banyak penyakit lain yang menghantui masyarakat akibat polusi tersebut. Batuk adalah salah satu penyakit umum yang sering kali dihadapi oleh masyarakat. Batuk dapat diobati dengan obat – obat biasa yang terdapat di apotik ataupun warung – warung di sekitar rumah . Akan tetapi penggunaan obat kimia yang berlebihan juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh si pemakai.

Untuk mengatasi dampak buruk penggunaan obat batuk kimia, masyarakat dapat menggunakan obat – obat herbal yang telah terbukti ampuh untuk menghilangkan batuk. Obat herbal tersebut di dapat dari tumbuhan – tumbuhan alami yang diekstrak hingga mampu mengobati batuk. Salah satu tanaman herbal yang ampuh meredakan batuk adalah daun saga. Daun saga memiliki kandungan senyawa aktif yang mampu meredakan batuk.  Cara pemakaian nya adalah rebus ebberapa tangkai daun saga segar. Rebus menggunakan kurang lebih 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih dinginkan air tersebut dan minum 2 kali sehari selama masa batuk belum sembuh. Selain meredakan batuk daun saga ini juga dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit lain seperti obat untuk meredakan sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *