Dokter spesialis jantung merupakan seorang dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pempuluh darah. Latar belakang pendidikan dokter ini adalah dokter umum yang sudah berhasil menyelesaikan pendidikan spesialis jantung dan pembuluh darah. Para dokter spesialis jantung dan dokter spesialis penyakit dalam sering kali melakukan kerjasama dalam menangani pasien yang mengalami masalah jantung dan pembuluh darah.

Jenis penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis jantung

Dokter jantung ini memiliki pengetahuan yang dalam dalam mencegah, diagnosis dan pengobatan berbagai penyakit dalam mulai dari serangan jantung hingga tekanan darah tinggi. Penyakit yang ditangani dokter spesialis jantung meliputi :

  1. Penyakit jantung koroner
  2. Penyakit katup jantung
  3. Penyakit infark miokard
  4. Penyakit pembuluh darah
  5. Penyakit jantung bawaan
  6. Penyakit aorta
  7. Penyakit tumor jantung
  8. Gagal jantung
  9. Henti jantung
  10. Serangan jantung
pxhere.com

Mengenal siklus peredaran darah pada jantung

Jantung merupakan organ yang terbagi menjadi empat ruang. Terdapat dua ruang yang terletak di bagian atas yaitu serambi kanan dan serambi kiri. Kalau dua ruang yang ada dibawah yaitu bilik kanan dan bilik kiri. Antara ruangan kanan dan kiri ini dipisahkan oleh dinding otot yang berfungsi untuk mencegah tercampurnya darah yang membawa oksigen dengan darah yang minim oksigennya.

Fungsi utama organ jantung ini yaitu untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Setelah oksigen disalurkan keseluruh tubuh, darah yang miskin oksigen kembali ke jantung melalui atrium kanan dan diteruskan ke ventrikel kanan melalui katup tricuspid. Ketika darah sudah memenuhi ventrikel kanan maka katup tricuspid akan menutup untuk mencegah darah kembali ke atrium kanan.

Ketika ventrikel kanan berkontraksi maka darah miskin oksigen akan keluar dari jantung dan akan menuju paru-paru guna untuk diisi dengan oksigen. Darah yang kaya akan oksigen akan dibawa langsung ke atrium kiri melalui vena pulmonal. Ketika atrium kiri berkontraksi maka darah akan diteruskan ke vertikal kiri melalui katup mitral.

Ketika ventrikel kiri sudah penuh dengan darah maka katup mitral akan menutup agar darah tidak kembali ke atrium kiri. Kemudian ventrium kiri akan berkontraksi dan darah yang kaya oksigen siap dialirkan keseluruh tubuh. Siklus peredaran darah tersebut akan terus berulang-ulang.

pxhere.com

Mengenal jenis penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan tersebut bermacam-macam. Mulai gangguan yang terjadi pada pembuluh darah jantung, irama jantung, gangguan bawaan sejak lahir. Istilah tentang penyakit jantung ini sangat beragam, diantaranya adalah :

  1. Penyakit jantung bawaan – kelainan pada jantung mulai sejak kecil
  2. Penyakit jantung koroner – terjadi penyempitan pembuluh darah pada jantung
  3. Infeksi jantung – infeksi jantung ini terjadi karena adanya virus, bakteri atau parasit.
  4. Penyakit katup jantung – terdapat gangguan yang terjadi di salah satu atau empat katup jantung
  5. Kardiomiopati – penyakit yang menyerang pada otot jantung
pxhere.com

Tindakan yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis jantung

Dokter spesialis jantung ketika melakukan diagnosis maka hal pertama yang dilakukan yaitu menelusuri riwayat kesehatan pasiennya dan gejala apa saja yang dirasakan. Baru kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik jantung pasien untuk mengetahui apakah ada gangguan jantung atau tidak. Setelah itu demi memastikan kebenaran diagnosis maka dokter menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan tambahan seperti : Tes darah, USG jantung, dan EKG (elektrokardiografi)

Setelah mengetahui hasilnya maka dokter spesialis jantung akan menentukan dan menyusun langkah penanganan untuk mengobati penyakit yang dialami oleh pasien. Tujuan pengobatan ini dilakukan untuk menstabilkan kondisi pasien, mengendalikan gejala penyakit dalam jangka panjang dan upaya penyembuhan apabila memungkinkan. Selain itu dokter akan meminta pasien untuk mengurangi stres, rajin berolahraga dan menjalani diet sehat.

pxhere.com

Kapan anda harus memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung ?

Kita ketahui bersama kalau penyakit jantung merupakan sebuah penyakit yang mematikan. Maka dari itu disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung apabila mengalami gejala berikut ini :

  1. Detak jantung tidak beraturan
  2. Nyeri pada dada yang menjalar ke punggung, tenggorokan hingga lengan
  3. Pusing dan lemas
  4. Berkeringat
  5. Cepat lelah dan sesah di dada setelah melakukan aktivitas fisik

Apabila anda merasakan beberapa gejala diatas maka segeralah untuk mengunjungi dokter jantung. Apabila tidak segera ditangani maka serangan jantung beresiko tinggi dan dapat menimbulkan kematian.

Selain itu bagi anda seorang pelajar yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang dokter sepsialis jantung yang professional maka silahkan kuliah di fakultas kedokteran. Namun kita ketahui bersama kalau mau masuk fakultas kedokteran  harus mampu melewati passing grade yang telah ditentukan oleh pihak fakultas. Mengingat akan banyak pesaing dari berbagai wilayah Indonesia yang ikut seleksi menjadi calon mahasiswa.

Untuk mengatasi tahapan tersebut anda tidak perlu putus asa, karena saat ini sudah banyak dibuka lembaga bimbel kedokteran untuk mempersiapkan diri lebih matang mengikuti seleksi masuk fakultas kedokteran yang anda inginkan. Demikianlah pembahasan mengenai dokter spesialis jantung. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda semua.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *