Setiap pasangan tentu ingin bisa menjalankan rumah tangga dengan sebaik mungkin. Untuk bisa menjalankan rumah tangga tersebut tentu dibutuhkan pemahan antara kedua pasangan. Baik sebagai seorang sumai atau isteri tentu harus tahu hak dan kewajibannya masing – masing. Melalui kedua hal tersebut setiap pasangan tentu akan lebih mudah dalam menjalankan rumah tangga sesuai dengan aturan yang ada. Di dalam Islam sendiri sudah ditetapkan mengenai hak dan kewajiban untuk sumai maupun isteri. Mempunyai rumah tangga yang nyaman dan tentram tentu tidak akan membuat hubungan antara pasangan tetap harmonis dan menghindarkan dari berbagai hal tidak baik. Anda juga bisa mencari informasi mengenai hal pulangkerumah.id untuk bisa menjalankan rumah tangga menjadi lebih baik.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai hak dan kewajiban seorang suami. Tentu saja suami adalah kepala keluarga sehingga sangat penting untuk mengetahui hak dan kewajibannya yang ditunjukan kepada keluarga. Memahami akan kedua hal ini juga mampu membuat diri anda sebagai seorang suami yang bertanggung jawab dan bisa membina keluarga yang lebih baik lagi. Langsung saja ini dia beberapa hak dan kewajiban suami dalam Islam.

pxhere.com

Hak Suami Dalam Islam

Sebelumnya mari kita bahas mengenai hak suami yang ada di dalam Islam. Hak sendiri adalah sebuah hal yang harus di dapatkan seorang suami di dalam rumah tangga. Seorang suami mempunyai hak untuk mendapatkan berbagai hal yang sudah ditentukan di dalam ajaran Islam. Lalu apa saja hak yang dimiliki oleh seorang suami terhadap isteri? Ini dia penjelasannya :

  1. Seorang isteri harus bisa menjaga kehormataannya dan juga memelihara kemuliaannya dalam mengurusi harta, anak, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan rumah.
  2. Seorang isteri harusnya berhias dan memperindah diri untuk ditunjukan kepada suami. Selalu menunjukan senyuman dan tidak menunjukan muka masam kepada suami. Jangan sampai seorang isteri menunjukan keadaan yang tidak suka atas suaminya.
  3. Seorang isteri harus selalu berada di dalam rumah, kecuali keluar atas izin dari suaminya.
  4. Seorang isteri dilarang untuk membawa masuk orang lain ke dalam rumah kecuali atas izin dari suami.
  5. Isteri harus selalu menjaga harta dari suaminya dan tidak menginfaqkan kecuali semua itu atas izin dari sang suami.
  6. Seorang isteri di tidak diperbolehkan untuk puasa sunnah ketika suami berada di rumah. Namun isteri bisa puasa sunnah jika sang suami memberikan izin.
  7. Seorang isteri tidak boleh menungkit pasal harta yang dimilikinya kepada keluarga maupun suaminya.
  8. Seorang isteri tidak boleh membebani seorang suami, menerima apa adanya yang telah diberikan suami sesuai dengan kemampuannya.
  9. Seorang isteri juga harus mendidik anak dengan sangat baik. Jangan marah kepada anak maupun mencaci anak – anak.
  10. Seorang isteri tidak boleh menolak jika suami mengajak melakukan hubungan badan atau intim.
pxhere.com

Kewajiban Seorang Suami Dalam Islam

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai hak yang dimiliki suami atas isteri, jangan sampai lupa bahwa seorang suami juga mempunyai kewajiban. Kewajiban ini adalah hal yang harus dipenuhi ataupun dilakukan oleh seorang suami baik kepada isteri, anak, maupun keluarganya. Tidak hanya menuntut hak yang dimilikinya saja, melainkan kewajiban ini sangat wajib untuk ditunaikan. Mengenal hak dan kewajiban suami dalam Islam ini bisa membuat anda lebih paham untuk bertindak kepada pasangan anda. Berikut ini ada beberapa kewajiban yang harus ditunaikan seorang suami terhadap isteri:

  1. Membayar mahar atau memberikan mas kawin ini menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seorang suami ketika akan menjalankan sebuah hubungan rumah tangga.
  2. Seorang suami juga harus memberikan nafkah kepada isterinya. Suami harus bisa memberikan nafkah seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang layak bagi keluarganya.
  3. Menggauli isteri dengan baik, tidak mengeluarkan kalimat yang mampu membuat hati seorang isteri menjadi sakit. Memberikan rasa kasih sayang dan nyaman setiap kali bersama isteri.
  4. Jika mempunyai isteri lebih dari satu maka kewajiban seorang suami harus bisa berlaku adil untuk semua isterinya. Tidak ada yang lebih di istimewakan diantaranya.
  5. Tidak membuka aib yang dimiliki isterinya. Menjadi seorang suami harus pandai menjaga aib dari keluarganya sendiri tanpa diketahui orang lain.
  6. Jika seorang isteri durhaka kepada sang suami maka sudah menjadi kewajibannya suami untuk mendidik isteri tersebut menjadi lebih baik.

Kewajiban seorang suami tersebut tentu harus ditunaikan demi mempunyai rumah tangga yang harmonis. Antara hak dan kewajiban suami dalam Islam tersebut harus seimbang, sebagai seorang suami anda tidak boleh hanya menuntut hak yang dimiliki namun tunaikan semua kewajiban yang harus dilaksanakan sehingga mampu menciptakan keluarga yang lebih harmonis, nyaman, dan terhindar dari berbagai hal yang tidak baik. Setiap pasangan tentu harus mengetahui hak dan kewajibannya masing – masing sehingga dalam menjalankan rumah tangga bisa berjalan sesuai dengan ajarannya. Dari ulasan kali ini semoga anda lebih paham mengenai hak dan juga kewajiban yang dimiliki seorang sumai kepada isterinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *