Ada beragam jenis ikan hias yang dijual di pasaran, beberapa diantaranya adalah ikan hias dengan warna yang menarik mata. Ikan-ikan yang dimaksud disini bukan seperti ikan mas atau gold fish, melainkan jenis ikan hias lainnya yang cukup jarang dipelihara oleh orang-orang namun sebenarnya ikan ini sangat cantik.

Jenis Ikan Untuk Dipelihara

Ikan apa sajakah yang begitu cantik sehingga bisa mempercantik ruangan anda yang sepi?

  • Rainbow fish

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna seperti pelangi. Rainbow fish adalah keluarga dari Melanotaeniidae yang bisa ditemukan di Australia dan Indonesia seperti di Papua dan juga Sulawesi. Bisa dibilang rainbow fish merupakan ikan asli papua yang terkenal dan memiliki harga yang cukup mahal.

  • Neon tetra

Ikan ini mampu memancarkan cahaya seperti namanya. Karena mampu memancarkan cahaya, ikan ini akan terlihat sangat indah ketika dipelihara dalam akuarium. Ikan dengan nama ilmia Paracheirodon innesi merupakan ikan yang berasal dari Amazon. Ciri ikan ini adalah tubuhnya kecil dengan warna dominan merah di bagian bawah dan biru mengkilat yang melintang di sepanjang tubuhnya. Agar akuarium anda lebih indah, lebih baik anda memelihara ikan neon tetra dalam jumlah banyak, selain itu juga karena ikan ini termasuk jenis ikan yang hidup secara bergerombol.

  • Black ghost

Ikan dengan nama ilmiah Apteronotus albifrons ini merupakan ikan yang berasal dari Amazon, Amerika Serikat sama seperti ikan neon tetra. Ciri khas dari ikan black ghost adalah ia memiliki gelambir pada tubuhnya dengan hampir keseluruhan warna tubuhnya berwarna hitam kecuali ekor. Jadi rasanya tidak mengherankan apabila ikan ini disebut sebagai black ghost. Ikan ini termasuk ikan yang aktif di malam hari.

  • Sumatra Barb

Nama lain ikan ini adalah Tiger barb dengan nama ilmiah Puntigrus tetrazone. Sesuai namanya, Sumatra barb adalah ikan yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari Sumatra dan Kalimantan. Ikan ini memiliki corak yang indah pada tubuhnya, yaitu adanya 4 garis hitam yang membujur seperti loreng harimau dengan warna orange di ujung siripnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *