Keselamatan dalam berkendara harus diperhatikan dengan baik agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika berkendara sepeda motor, helm dan jaket merupakan kelengkapan berkendara yang patut untuk dilengkapi dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keselamatan dan mengurangi resiko mengalami cidera jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berbeda ketika kita berkendara dalam jarak yang dekat, berkendaran menempuh perjalanan jauh dapat dilakukan dengan aman jika kita mengenakan jaket touring. Jaket yang digunakan untuk touring ini mampu memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan para penggunanya. Ada banyak manfaat atau dampak baik yang akan kita peroleh selama menggunakan jaket. Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat memgenakan jaket pada saat touring, simak ulasannya di bawah ini.

pxhere.com

Manfaat Mengenakan Jaket Touring

Seperti penjelasan sebelumnya, jaket touring mampu memberikan manfaat yang baik bagi para pengguna ketika berkendara. Selama mengenakan jaket ini, keselamatan berkendara dapat dijamin dan kegiatan touring dapat dilakukan dengan bebas. Salah satu manfaat yang akan kita peroleh ketika mengenakan jaket pada saat touring adalah menjaga tubuh dari sengatan sinar matahari. Cuaca yang panas merupakan kondisi yang akan kita hadapi ketika touring di siang hari. Agar sinar matahari tidak langsing menerpa kulit, kita sebaiknya menggunakan jaket selama melakukan touring. Tidak hanya terhindar dari sengatan sinar matahari, berikut beberapa manfaat lainnya yang akan kita dapatkan jika mengenakan jaket ketika touring:

  1. Tubuh akan terhindar dari suhu yang dingin

Selain menghindari suhu yang panas, mengenakan jaket ketika touring juga akan menghindari tubuh dari cuaca yang dingin. Cuaca yang dingin dapat kita temukan pada malam hari. Agar tubuh selalu berada dalam keadaan yang hangat di malam hari, kita sebaiknya mengenakan jaket yang sesuai.

  1. Menahan angin

Ketika melakukan touring, berkendara dengan kecepatan tinggi merupakan hal yang biasa. Mengendarai motor dengan kecepatan yang tinggi akan membuat tubuh berbenturan langsung dengan angin. Jika tubuh tidak kuat, tubuh dapat dengan mudah terserang masuk angin. Hal ini tentunya dapat dihindari selama kita menggunakan jaket ketika berkendara.

pxhere.com
  1. Melindungi tubuh dari kecelakaan

Jaket untuk touring dibuat dengan bahan yang berbeda jika dibandingkan dengan jaket biasanya. Jaket untuk touring dilengkapi dengan pelindung berbahan karet sehingga pengguna akan terhindar dari benturan. Jika terjadi kecelakaan, tubuh yang terlindung dari jaket akan merasakan dampak yang tidak terlalu parah akibat keberadaan pelindung jaket.

  1. Menghindari polusi udara

Manfaat lainnya dari jaket adalah melindungi tubuh dari polusi udara. Jika tubuh sering terkena polusi udara, kulit akan nampak kusam dan kotor. Kotoran akibat polusi udara tidak akan menempel langsung ke kulit selama mengenakan jaket ketika berkendara.

pxhere.com

Tips Memilih Jaket Touring yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang akan kita dapatkan selama mengenakan jaket ketika touring, kita tentunya tidak boleh mengacuhkan keberadaan jaket motor. Manfaat dari jaket untuk touring dapat kita rasakan selama kita tepat dalam memilih jaket yang akan dibeli. Jika kita tajam dalam melihat beragam jenis jaket yang dijual, kita dapat menemukan banyaknya penjual jaket. Jika kita memiliki pengetahuan seputar tips dalam memilih jaket touring dengan baik dan benar, kita tentunya akan merasakan manfaat yang dihadirkan oleh jaket tersebut. Di bawah ini merupakan tips-tips yang dapat kita gunakan pada saat memilih jaket untuk touring:

  1. Pilih bahan jaket yang tepat

Ketika akan membeli jaket untuk touring, kita harus memperhatikan bahan pembuat jaket dengan baik. Pastikan jika jaket yang dipilih dibuat dari bahan yang cepat menyerap keringat dan tidak akan membuat gerah para pengguna. Tidak hanya itu, pastikan pula jika bahan pembuat jaket tahan akan air dan hujan sehingga tidak mudah rusak ketika digunakan. Jaket kulit pria merupakan jenis jaket yang direkomendasikan karena tahan terhadap angin dan hujan.

  1. Jaket harus dilengkapi dengan spine dan chest protector

Spine dan chest protector merupakan pelindung yang diterapkan pada bagian dada dan punggung. Tidak hanya dapat melindung tubuh dari hantaman angin, keberadaan pelindung ini dapat menjaga tubuh dari hantaman benda keras jika terjatuh dari motor. Postur tubuh akan terjaga dengan baik selama jaket dilengkapi dengan pelindung.

pxhere.com
  1. Pilih jaket berdasarkan dengan ukuran tubuh yang sesuai

Kenyamanan selama melakukan touring dapat terjadi jika jaket yang dikenakan memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh. Jika jaket yang dikenakan tidak tepat ukurannya, kita tidak akan merasakan kenyamanan selama berkendara. Tidak hanya kenyamanan yang berkurang, tampilan kita selama berkendara juga akan berkurang jika ukuran jaket terlalu besar atau terlalu kecil.

  1. Pilih jaket dengan model yang simple

Karena touring dilakukan dalam waktu yang cukup lama, kenyamanan berkendaran harus kita perhatikan dengan seksama. Jaket dengan model yang simple merupakan jenis jaket yang tepat digunakan ketika melakukan touring. Jangan pilih jaket dengan tali dalam jumlah banyak karena dapat membahayakan diri ketika melakukan touring dan mengurangi kenyamanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *