Bandung dan segala pesona yang dimilikinya sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya dan seni, semuanya dapat menarik hati bagi para wisatawan. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai salah satu destinasi wisata murah di Kota Bandung yang hits di kalangan wisatawan. Tempat ini setiap harinya selalu ramai dan tidak pernah sepi dari para pengunjung. Bahkan penikmatnya bukan hanya para wisatawan dari luar Bandung, namun masyarakat lokal juga banyak yang berkunjung ke area ini. Area tersebut adalah jalan Asia Afrika Bandung. Meskipun nama ini bukan hanya tersedia di Bandung, namun ketenaran untuk jalan di Bandung ini tidak diragukan lagi.

 

Sekilas Tentang Jalan Asia Afrika Bandung

Jalan Asia Afrika Bandung merupakan jalur satu arah yang menghubungkan antara Alun-alun dengan Majid Raya Bandung. Jalan ini diberi nama demikian karena pada zaman dahulu pernah menjadi saksi biksu dilaksanakannya konferensi yang terkenal, yaitu Asia Afrika. Konferensi ini sangat bersifat historis karena dihadiri oleh banyak delegasi dari berbagai negara di Asia dan Afrika yang mewakili aspirasi dari setengah total populasi manusia di bumi. Maka dari itu, tidak heran lagi jika tempat ini memiliki nilai historis yang tinggi. Jalan ini sering disebut juga dengan titik nol kilomoeter untuk Kota Bandung. Jalan ini merupakan jalan tertua yang terletak di tengah-tengah dari kota.

pixabay.com

Pasca peringatan ke-60 untuk konferensi Asia Afrikan dilaksanakan, tampilan dari jalan ini semakin dipoles sehingga membuatnya semakin cantik. Di sepanjang jalan yang dilewati, terdapat bangku-bangku untuk beristirahat bagi para wisatawan yang lelah berjalan kaki. Selain itu, masih ada hiasan pot-pot bunga dengan bola-bola dunia serta lampu-lampu yang didesain sedemikian rupa sehingga nampak seperti jalanan di Eropa.

 

Jalan Asia Afrika Bandung seperti telah disebutkan sebelumnya memiliki nilai historis yang tinggi terutama untuk awal mula berdirinya Bandung. Jalan ini tidak pernah sepi bahkan hingga malam hari. Ketika malam hari menyapa, maka suasana menjadi semakin ramai. Lampu-lampu yang bergelantungan akan menyala dengan cantik sehingga membuat tempat menjadi berkesan lebih menarik. Kesan romantik juga dapat diperoleh jika mengunjungi jalan ini pada malam hari. Kini, jalan yang satu ini sering digunakan untuk komunitas tertentu melakukan pertunjukkan. Tidak jarang dilakukan cosplay untuk perayaan even tertentu.

pixabay.com

Spot-spot Menarik di Jalan Asia Afrika Bandung

Jika Anda liburan di Bandung, maka tempat yang wajib Anda kunjungi yaitu Jalan Asia Afrika Bandung. Untungnya, Jalan Asia Afrika ini berada persis di tengah perkotaan, jadi bisa diakses dengan sangat mudah. Nah terdapat beberapa spot menarik yang ada di Jalan Asia Afrika ini, apa saja kira-kira? Temukan jawabannya di bawah ini!

  • Tugu Titik Nol Bandung

Salah satu spot menarik yang bisa Anda temukan saat jalan-jalan di Jalan Asia Afrika Bandung yaitu Tugu Titik Nol Bandung. Dinamakan ‘titik nol’ karena tugu ini merupakan penanda dimulainya pembangunan kota Bandung modern oleh Gubernur Jenderal Belanda, Mr. Herman Willem Daendels. Nah persis dibelakang tugu ini, terdapat Monumen Kepala Lokomotif. Kombinasi antara Tugu Titik Nol Bandung dengan Monumen Kepala Lokomotif dapat membuat hasil foto terlihat sangat meyakinkan.

 

  • Museum Konferensi Asia Afrika

Tak afdol rasanya jalan-jalan di Jalan Asia Afrika tapi tidak mampir ke Museum Konferensi Asia Afrika. Ini merupakan museum yang sangat sarat akan nilai historis karena berisikan data-data penting seputar Konferensi Asia Afrika yang melambungkan nama Indonesia di kancah global. Nah saat memasuki Museum KAA ini, Anda juga akan menemukan Gedung Merdeka yang merupakan tempat para delegasi dunia berunding pada saat Konferensi Asia Afrika. Selain melihat berbagai koleksi peninggalan pada saat KAA, Anda ‘pun bisa melakukan banyak hal disini seperti membaca buku, mengunjungi ruang audiovisual, bergabung dengan komunitas, dan lainnya. Nah agar wawasan Anda semakin terbuka lebar, sebaiknya gunakan jasa pemandu ya!

pixabay.com
  • Backwall Asia Afrika

Di kawasan Jalan Asia Afrika Bandung, Anda ‘pun akan menemukan beberapa backwal yang mempertunjukan aksi para cosplayer. Ya betul sekali, cosplayer ini menggunakan kostum yang super unik dengan tingkah laku yang sangat jenaka. Tak hanya kostum dari tokoh-tokoh kartu seperti Hello Kitty, Doraemon, dan lainnya, para cosplayer ini juga tidak canggung untuk menggunakan kostum hantu seperti pocong, kuntilanak, genderewo, hingga valak.

 

  • Masjid Raya Bandung dan Alun-alun Bandung

Nah setelah seharian jalan-jalan di sekitar Jalan Asia Afrika, Anda bisa beristirahat sekaligus sembahyang di Masjid Raya Bandung dan Alun-alun Bandung. Anda bisa duduk-duduk di atas hamparan rumput sintetis yang sangat lembut.

 

Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Kota Bandung wajib sekali untuk mengunjungi jalan fenomenal yang satu ini. Sekarang ini, banyak paket tour Bandung yang menyediakan paket wisata ke jalan Asia Afrika Bandung. Biasanya tempat ini akan satu paket dengn destinasi wisata lain yang berdekatan dengannya seperti Masjid Agung dan Alun-alun Bandung. Segera cari tempat penyedia jasa paket tour terpercaya untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *