Tak peduli sesering apapun Anda backpacking atau solo traveling, liburan bersama keluarga bakalan jauh lebih kompleks. Khususnya bagi Anda yang ingin liburan ke Jogja bersama keluarga, maka jangan pernah menyepelekan dan menyamakannya dengan liburan ke Jogja sendirian. Banyak hal yang berbeda, misalnya jika Anda ingin mengajak anak Anda yang masih balita, apa saja yang mesti dipersiapkan? Jenis penginapan apa yang paling cocok untuk keluarga? Berapa budget yang mesti dikeluarkan jika mengajak keluarga? Dan lain-lain!

 

Jika Anda tak punya pengalaman berlibur bersama keluarga, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami banyak masalah. Kecuali Anda membaca beberapa tips liburan ke Jogja bersama keluarga berikut ini!

unspash.com
  • Buat Perencaan Liburan Terlebih Dahulu

Jangan mentang-mentang musim liburan sudah tiba, Anda bersama keluarga terlalu bersemangat dan akhirnya liburan ke Jogja tanpa perencanaan terlebih dahulu. Banyak hal yang mesti direncanakan, pertama yaitu cek kondisi finansial Anda. Jika kondisi finansial Anda pas-pasan, sebaiknya cancel saja rencana liburan ke Jogja. Jadi pastikan budget Anda mencukupi ya. Nah setelah itu hitung berapa orang yang akan Anda ajak, misalnya istri dan dua anak Anda, berarti ada tiga orang yang Anda ajak. Hitung kebutuhan Anda dan ketiga orang tersebut, baik dari segi transportasi, akomodasi, konsumsi, tiket, dan lainnya. Anda ‘pun mesti merencanakan akan pergi ke tempat wisata mana saja saat di Jogja.

 

  • Booking Tiket Transportasi dan Akomodasi Sejak Awal dan Via Online

Karena Anda membawa anggota keluarga, maka sebaiknya Anda booking tiket transportasi dan akomodasi sejak awal dan via online. Mengapa? Karena dengan booking tiket transportasi dan akomodasi sejak awal, harganya belum terlalu mahal atau bahkan terkadang sedang dalam masa promo. Selain itu jika Anda tidak melakukan hal ini, maka Anda mesti mengantri di loket untuk membeli tiket atau reservasi hotel. Jika traveling sendirian sich tidak masalah, tapi ‘kan Anda membawa anggota keluarga. Dengan booking lebih awal, maka hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari rasa frustasi selama perjalanan menuju ke Jogja bersama keluarga.

unspash.com
  • Pilih Akomodasi yang Bisa Menampung Banyak Orang

Pemilihan akomodasi atau penginapan ini juga mesti menjadi concern saat liburan ke Jogja bersama keluarga. Daripada menginap di hotel dengan dua ranjang, sebaiknya pilih hotel yang menyediakan dua kamar tidur. Hal ini sangat penting agar kualitas tidur anggota keluarga Anda tetap terjaga. Dengan adanya dua kamar tidur, Anda bisa memisahkan ruangan Anda dengan ruangan anak-anak. Perlu Anda catat, tak semua hotel menyediakan kamar dengan dua kamar tidur, jadi Anda mesti browsing dulu di internet. Jika Anda kesulitan menemukannya, maka ada opsi lain yang bisa Anda pilih yaitu homestay atau dormitory.

 

Homestay merupakan rumah orang lokal yang disewakan, sehingga pada umumnya berisikan beberapa kamar tidur, kamar mandi, dan ruang keluarga. Selain itu Anda bisa memesan satu paket dormitory untuk anggota keluarga Anda. Dormitory merupakan konsep penginapan dimana didalam satu ruangan terdapat beberapa area tempat tidur, biasanya berbentuk tempat tidur tingkat.

 

  • Rental Mobil

Selain akomodasi, transportasi selama berada di Jogja juga penting untuk dipikirkan. Jika Anda liburan bersama anggota keluarga, Anda tidak mungkin menggunakan motor atau bahkan bus karena pasti bakalan sangat ribet. Tentu opsi transportasi yang paling pas yaitu mobil. Tenang saja, Anda tidak perlu membeli mobil baru saat di Jogja (kecuali jika Anda kaya raya), karena banyak rental mobil Jogja yang menyewakan mobil harian. Ya, dengan adanya mobil, Anda bisa mengajak anggota keluarga mengelilingi Jogja dengan nyaman dan aman.

 

Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu sewa mobil lepas kunci atau sewa mobil dengan supir. Jika Anda ingin lebih leluasa dan lebih hemat, sebaiknya pilih rental mobil Jogja yang menawarkan sewa mobil lepas kunci. Tenang saja, kisaran harga sewa mobil di Kota Gudeg masih sangat rasional yaitu mulai dari 200 ribu hingga 400ribuan.

unspash.com
  • Pilih Destinasi Wisata yang Tepat

Saat liburan di Jogja, sangat penting menentukan destinasi wisata yang paling tepat. Pastikan bahwa lokasi wisata cocok dikunjungi oleh anak-anak Anda dan juga Anda bersama sang istri. Jangan sampai memaksakan pergi ke lokasi wisata tertentu, namun tidak cocok untuk anak Anda. Misalnya Anda ingin pergi ke Gunung Kidul yang terkenal dengan treknya yang curam. Maka sudah pasti Anda mesti membatalkan rencana tersebut karena sangat berbahaya untuk anak Anda. Anda mesti mengalihkan lokasi wisata yang aman buat anak-anak Anda dan Anda ‘pun tertarik dengan lokasi wisata tersebut. Namun tenang saja, banyak sekali destinasi wisata di Jogja yang cocok untuk keluarga seperti Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Candi Borobudur, dan lainnya.

 

Bagi Anda yang punya planning liburan ke Jogja bersama keluarga, tolong pahami beberapa poin di atas ya! Liburan bersama keluarga sangat jauh berbeda dengan liburan sendirian. Jadi Anda mesti memikirkan banyak hal sebelum liburan ke Jogja bersama keluarga tercinta Anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *