Menemukan sebuah hobi bukanlah suatu hal yang mudah. Bisa dikatakan, menemukan sebuah hobi sama saja dengan menemukan sebuah jati diri. Namun sebenarnya untuk menemukan sebuah hobi cukup mudah untuk dilakukan. Hobi sendiri adalah suatu hal yang disenangi. Hobi ini biasanya berupa kegiatan atau aktivitas yang kita senangi. Saat ini, ada banyak hobi yang sedang tren di kalangan ibu rumah tangga.

Salah satu hobi tersebut adalah mengkoleksi dan merawat tanaman hias di rumah. Untuk ibu rumah tangga, tentu hal ini sangat menyenangkan. Sembari mengisi waktu luang dan mengatasi kebosanan, merawat tanaman hias bisa menjadi hal yang paling tepat dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Perlu diketahui, untuk merawat tanaman hias, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli tanaman hias yang akan dirawat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk merawat tanaman hias di rumah.

  1. Memilih jenis tanaman hias

Hal pertama saat akan merawat tanaman hias adalah membeli tanaman hiasnya. Namun, kita tidak boleh asal membeli. Pilihlah kelompok tanaman hias yang memang disukai. Ada beberapa kelompok atau jenis tanaman hias, misalnya tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman hias akar, tanaman hias bunga, dan tanaman hias batang. Pilihlah sesuai dengan kesukaan dan jangan lupa untuk memilih tanaman hias yang sehat.

  1. Mempersiapkan kebutuhan tanaman hias

Setelah kita membeli tanaman hias, jangan lupa untuk membeli perlengkapan yang akan mendukung kelangsungan hidup tanaman hias yang kita beli. Perlengkapan tersebut seperti, pupuk, pot, alat penyiram tanaman, dan jangan lupa untuk membeli gunting pemotong tanaman untuk perawatan yang maksimal. Selain itu, jangan lupa untuk menempatkan tanaman hias di tempat yang tepat. Tidak kekurangan dan tidak kelebihan sinar matahari.

Bagaimana? Mudah dan menarik untuk menjalankan hobi baru bukan? Cobalah untuk mencari tempat penjualan tanaman hias yang terpercaya agar tidak tertipu dengan harga dan mendapat tanaman hias dengan kualitas yang baik.

ww.pexels.com

Kelompok Tanaman Hias Untuk Dirawat di Rumah

Setelah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menanam tanaman hias, maka selanjutnya adalah mengetahui kelompok tanaman hias apa saja yang bisa untuk menjalankan hobi merawat tanaman hias kita. Berikut adalah perincian tentang kelompok atau jenis-jenis tanaman hiasnya.

  1. Tanaman hias daun

Jenis tanaman hias yang pertama adalah tanaman hias daun. Tanaman hias yang satu ini adalah tanaman hias yang memiliki keindahan pada bagian daunnya. Daun dari jenis tanaman hias yang satu ini akan menjadi pusat perhatian karena bentuknya yang indah. Contoh dariĀ  tanaman hias yang satu ini adalah kuping gajah, aglaonema, suplir, paku tanduk rusa, keladi red star, palem kuning, zamia, calathea, saka asparagus plumosus, spider plant, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Tentunya kita bisa memilih sesuai dengan selera kita masing-masing.

  1. Tanaman hias Bunga

Jenis tanaman hias yang kedua adalah tanaman hias bunga. Tanaman hias yang satu ini akan sangat mencolok keindahan bunganya. Tanaman hias yang satu ini menjadi favorit setiap pecinta tanaman hias. Tanaman hias bunga juga bisa menjadi hiasan dalam rumah atau meja ruang tamu karena bisa dirawat di dalam pot kecil ataupun yang besar. Tanaman hias yang satu ini menjadi pelengkap keindahan pemandangan dalam maupun luar rumah. Warnanya yang beragam akan menambah kesegaran dan kesejukan yang ada di dalam rumah. Contoh dari tanaman hias bunga ini adalah bunga mawar, bunga kamboja, bunga anggrek, bunga kembang sepatu, bunga melati, bunga alamanda, bunga kemuning dan masih banyak lagi bunga yang bisa kita pilih..

ww.pexels.com
  1. Tanaman hias akar

Seperti halnya tanaman hias bunga atau daun, tanaman hias akar juga mencolok pada bagian akarnya. Akarnya akan lebih mencolok dari bagian tumbuhan yang lain. Misalnya saja tanaman hias artacarpus altilis, canarium, ficus elastica, ficus benyamina dan nama lain tanaman hias akar bisa ditemukan dengan cara online atau langsung datang ke penjual tanaman hias.

  1. Tanaman hias buah

Selanjutnya adalah tanaman hias buah. Tanaman hias yang satu ini jelas akan mencolok pada bagian buahnya. Ada banyak tanaman hias buah yang biasanya dirawat para pecinta tanaman hias. Contohnya saja nanas merah. lemon, jeruk nagami, buah naga, nanas medusa,dan bisa juga buah-buah yang lainnya. Kelebihan dari jenis tanaman hias yang satu ini adalah buahnya juga bisa dikonsumsi saat sedang musim berbuah. Tentunya jika dirawat dengan baik, buahnya akan memiliki rasa yang lezat.

  1. Tanaman hias batang

Tanaman hias yang satu ini akan sangat menarik perhatian para pecinta tanaman hias pada bagian batangnya. Misalnya saja bentuk batangnya yang unik atau bisa juga ukuran batangnya yang besar sehingga akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Contoh dari jenis tanaman hias batang ini adalah kaktus, kamboja, bambu kuning, palem bambu atau bisa juga bambu air.

Setelah mengetahui jenis-jenis atau kelompok tanaman hias dengan lebih merinci, tentu menjadi tidak sabar untuk segera membeli dan merawatnya di rumah. Pilih jenis tanaman hias sesuai dengan selera dan rawatlah dengan baik tanaman hias yang sudah dibeli.

ww.pexels.com

Mengetahui Tempat Hidup Jenis-Jenis Tanaman Hias

Setelah mengetahui jenis-jenis dan kelompok tanaman hias, tanaman hias juga dibedakan lagi menurut tempat hidupnya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tanaman hias menurut tempat hidupnya.

  1. Tanaman hias biasa

Tanaman hias biasa ini adalah jenis tanaman hias yang biasa kita temui. Media tanamnya biasanya berupa tanah atau pekarangan dan bisa juga dengan pot yang diisi tanah. Tanaman hias biasa ini paling mudah dirawat dan bisa diletakkan di mana saja. Contoh dari tanaman hias ini adalah palem atau bonsai. Selain itu, bunga mawar, bunga kamboja, dan beberapa bunga lainnya termasuk dalam jenis tanaman hias biasa ini.

  1. Tanaman hias air

Sesuai dengan namanya, tanaman hias air adalah tanaman hias yang hidupnya di air. Tanaman hias ini sering disebut juga dengan tanaman hidrofit. Tanaman hias air ini bisa hidup di dalam air seluruh bagiannya dan ada juga yang hanya sebagian yang terbenam air. Tanaman hias air ini sangat cocok sebagai penghias di kolam air rumah. Misalnya saja kolam air rumah bisa ditanam selada air, calla lilly, lotus dan tanaman hias air lainnya.

ww.pexels.com
  1. Tanaman hias gantung

Tanaman hias yang satu ini mirip dengan tanaman hias biasa karena media tanamnya bisa menggunakan pot. Tetapi penempatan pot tersebut di udara alias dengan cara digantung. Tanaman hias gantung yang populer contohnya saja tanaman hias bunga anggrek.

Nah itulah beberapa informasi tentang kelompok tanaman hias berdasarkan jenisnya dan tempat hidupnya. Ingat, jika ingin merawat tanaman hias, rawatlah dengan ketekunan dan kesabaran agar tumbuh bagus dan tidak kekurangan nutrisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *