Kucing hutan merupakan salah satu hewan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk dipelihara. Seseorang tertarik bukan karena hewan ini manja atau bulunya halus dan panjang. Banyak orang suka dengan kucing ini karena memiliki sifat yang aktif, agresif dan pemberani. Ketika kucing kampung hanya mampu memburu kucing rumah yang hanya memiliki ukuran kecil. Kucing dari hutan ini mampu berburu burung, tikus besar dan bahkan reptil. Bahkan hewan yang tubuhnya lebih besar pun bisa di buru olehnya.

Mengenal Jenis Kucing Hutan

Kalau kita berbicara masalah hewan liar maka banyak sekali jenisnya yang sudah tersebar di seluruh dunia. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai berbagai jenis kucing hutan. Sudah mulai penasaran ? berikut ini penjelasan selengkapnya:

  1. Kucing Blacan atau Bengal

Kucing blacan merupakan salah satu jenis kucing keturunan ketiga dari hasil persilangan kucing asian leopard dengan kucing american shorthair. Kucing ini termasuk kucing dariĀ  hutan yang banyak sekali peminatnya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Kucing ini merupakan hewan yang berasal dari California, Amerika Serikat. Hewan ini memiliki ukuran badan yang lebih berotot, kuat dan panjang. Memiliki tulang tubuh yang lebih tebal dan besar serta memiliki bulu halus dan rapat.

  1. Kucing Emas Asia

Kucing emas Asia ini merupakan salah satu kucing ras hutan yang hidupnya ada di Asia Tenggara. Kucing emas ini memiliki ukuran yang sedang dan termasuk salah satu hewan yang hampir punah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya perburuan dan menghilangnya habitat hidup. Maka dari itu sangat dilarang untuk berburu liar. Kucing ini memiliki sifat yaitu akan aktif ketika sudah masuk malam hari. Kucing emas ini mampu naik pohon dengan cepat dan bisa berburu tikus, burung dan hewan lainnya.

  1. Kucing kuwuk

Kucing congkok atau kucing kuwuk ini merupakan salah satu kucing yang hidup di hutan dengan memiliki ukuran lebih kecil. Kucing kuwuk ini banyak sekali ditemukan di daerah Asia Selatan dan Timur. Keberadaan kucing ini terancam punah karena perburuan yang liar di daerah tersebut.

  1. Kucing hutan Jawa

Kucing ini merupakan salah satu kucing yang banyak sekali ditemukan di pulau Jawa. Walaupun termasuk kucing hutan namun kucing ini tidak hanya hidup di hutan saja. Banyak juga kita temukan kucing yang hidup di area ladang perkebunan masyarakat.

Cara Mudah Merawat Kucing Hutan

Kalau anda memelihara kucing dari hutan maka proses perawatannya pun berbeda dengan kucing kampung. Mengingat kucing ini memiliki sifat yang lebih agresif dan aktif. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara memelihara hewan ini dengan baik dan benar :

  1. Makanan kucing hutan

Untuk masalah makanan anda bisa memberikan makanan kucing yang sudah tersedia di toko hewan. Anda bisa menambahkan makanan seperti daging ayam,daging sapi, dan ikan. Kalau anda ingin memberi makanan daging maka lebih baik anda memasaknya terlebih dahulu. Mengingat makanan daging mentah merupakan makanan alami dari kucing. Kalau minuman jangan sampai anda memberi susu sapi karena akan berbahaya untuk kesehatan kucing. Lebih baik memberikan susu yang sudah ada di toko hewan.

  1. Kandang kucing hutan

Kalau untuk maslaah kandang silahkan carikan kandang yang lebih hangat dan nyaman. Silahkan tempatkan kandang kucing pada lokasi yang aman agar kucing tidak stres dan kesehatannya tetap terjaga. Silahkan memilih bahan yang terbaik dalam pembuatan kandang kucing yaitu yang terbuat dari aluminium.

  1. Memandikan kucing

Walaupun dari hutan, kucing ini juga butuh untuk dimandikan. Perlu kalian ketahui bahwa kucing ini sangat suka dengan berenang. Ketika kucing hanya ada di dalam kandang saja dan tidak pernah mandi maka sungguh kasihan. Sebagai pemilik anda bisa memandikan kucing setiap satu minggu sekali. Dengan cara ini maka kucing anda akan sehat, bersih dan wangi.

Biasanya kucing liar atau dari hutan itu sangat berbahaya untuk dijadikan peliharaan. Kucing dari hutan ini memiliki sifat tang buas dan agresif. Kucing ini bisa memangsa hewan ternak seperti ayam dan lainnya. Maka dari itu ketika anda ingin memelihara kucing ini harus tahu dulu cara menjinakkannya.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyediakan kandang khusus untuk menjinakkan kucing liar. Lengkapi juga dengan tempat makan, minum, mainan dan litter box. Membiasakan kucing selalu ada di sekitar manusia. Silahkan tempatkan kandang kucing pada lokasi yang tidak begitu terang. Anda bisa menyentuhnya dengan lembut sehingga kucing tidak mencakar.

Apabila anda tidak ingin merawat kucing dari hutan secara rutin maka anda bisa memilih Shorthair cats yang mungkin cocok. Mengingat kucing ini memiliki mantel pendek sehingga tidak membutuhkan perawat setiap hari. Berbeda sekali dengan ras kucing dengan bulu panjang.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai jenis ras kucing hutan yang bisa dipelihara. Ketika anda sudah mengetahui berbagai jenis ras kucing, maka anda bisa memilihnya untuk dipelihara. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang jenis kucing dari hutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *