Umumnya seorang desainer grafis dituntut untuk memiliki alat kerja yang mumpuni sehingga pekerjaannya dalam berjalan dengan lancar tanpa banyak kendala. Walaupun alat kerja seorang desainer grafis tidak terlalu banyak, namun harganya cukup mahal. Alat kerja yang dimaksud adalah laptop. Laptop dengan spesifikasi yang mumpuni namun memiliki harga yang terjangkau tidaklah mudah. Memang ada beberapa merek laptop yang bisa menjadi salah satu pilihan seperti laptop HP, namun sebagian besar memang memiliki harga yang cukup mahal. Bagi desainer grafis, laptop adalah alat kerja yang sangat penting karena laptop merupakan alat untuk menuangkan ide dan juga imajinasi mereka menjadi nyata. Lalu seperti apakah laptop yang dibutuhkan seorang desainer grafis?

Perbedaan laptop untuk desain grafis dengan laptop biasa tidak ditunjukan dari segi fisiknya, namun lebih ke spesifikasi dapur pacu yang dimilikinya. Untuk mendukung aktivitas seorang desainer, laptop yang digunakan haruslah memadai dalam segi grafis atau visual dan kecepatan. Tentu tidak salah jika spesifikasi tersebut adalah spesifikasi yang kamu butuhkan untuk kebutuhan desainmu. Namun karena hal itu pula tidak jarang laptop untuk desain grafis bisa berharga lebih mahal dibandingkan dengan laptop biasa.

Spesifikasi Laptop Untuk Desainer Grafis

Laptop yang digunakan oleh desainer grafis berbeda dengan laptop biasa yang digunakan untuk mengerjakan tugas administrasi. Hal tersebut karena laptop desainer grafis harus memiliki spesifikasi khusus agar laptop dapat bekerja dengan lancar, tidak lemot dan tidak hang saat digunakan. Lebih baik lagi ketika sebuah laptop memiliki spesifikasi dalam bidang kecepatan, visual dan grafis yang oke. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi laptop HP dan jenis laptop lainnya yang dibutuhkan desainer grafis:

pxhere.com
  • Sistem Operasi

Yang harus diperhatikan pertama adalah sistem operasinya, karena sistem ini menjalankan berbagai program penting dalam laptop seperti BIOS dan software lainnya. Apabila anda menggunakan laptop selain Apple, setidaknya anda menggunakan sistem operasi Windows 7 atau 8.

  • Prosesor

Bisa dibilang prosesor merupakan otak sebuah laptop, prosesor dibutuhkan untuk menjalankan perintah seperti untuk membuka software/ aplikasi. Ada beberapa jenis prosesor yang bisa dipilih, pertama adalah Intel Core dan yang kedua adalah AMD. Apabila memilih Intel Core, setidaknya pilihlah Intel Core i3 agar laptop dapat berjalan dengan lancar.

  • RAM

Semakin besar kapasitas RAM sebuah laptop, maka semakin ngacir pula laptop tersebut. Untuk desainer grafis, sebaiknya menggunakan laptop dengan RAM sebesar 4 GB, namun lebih besar kapasitas RAM nya maka semakin baik. Penggunaan RAM sendiri dipengaruhi oleh basis sistemnya, 32 bit atau 64 bit, kalau anda menggunakan 32 bit maka gunakan minimal RAM 3 GB sedangkan untuk sistem 64 bit minimal menggunakan RAM 8 GB.

pxhere.com

Rekomendasi Laptop Untuk Desainer Grafis

Dari penjelasan singkat di atas mengenai spesifikasi minimal yang harus dimiliki oleh laptop grafis desainer, apakah anda penasaran merek laptop HP dan merek lainnya yang bisa digunakan oleh desainer grafis dengan harga di bawah 10 juta rupiah? Berikut adalah beberapa spesifikasi laptop untuk desainer grafis berbagai seri dari Leskompi:

  • Inspiration 3467

Dengan harga 5 jutaan, anda sudah bisa mendapatkan laptop yang berkualitas. Laptop ini menggunakan RAM 4 GB, grafis AMD Radeon dan juga prosesor i3. Dengan kapasitas penyimpanan 1 TB, anda tidak membutuhkan harddisk external lagi.

  • IdeaPad 320 AMD A9-942

Dengan harga 4 jutaan, anda bisa mendapatkan laptop seri ini dengan layar 14 inchi. Untuk spesifikasinya tidak perlu dipertanyakan lagi karena menggunakan RAM 4 GB, prosesor AMD 19-9420 dan juga memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB.

  • VivoBook Max X441UV-WX092

Berbeda dengan dua laptop di atas, laptop yang satu ini dibandrol dengan harga 5 jutaan sudah menggunakan kartu grafis dari NVIDIA GeForce, kemudian menggunakan prosesor Intel Core i3, RAM sebesar 4 GB dan kapasitas penyimpanan memori 1 TB dengan layar 14 inchi. Walaupun harganya lebih mahal sedikit dari dua laptop di atas, namun laptop ini sudah menggunakan Windows 10.

pxhere.com
  • Aspire E5-523G-96NN

Apabila membicarakan laptop dengan harga terjangkau, rasanya tidak mungkin lepas dari Acer. Laptop yang satu ini dibandrol dengan harga 5 jutaan. Laptop merek ini untuk desain grafis ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, sebut saja prosesor AMD A9-9410 yang disematkan dalam laptop ini, kemudian dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB, penyimpanan memori internal sebesar 500GB. Kalau anda ingin mendapatkan spesifikasi yang lebih bagus lagi, anda bisa mencoba seriĀ  R5-523G-96NN yang menggunakan AMD Radeon R5 dan AMD Radeon R5 M430 dengan dedicated memory sebesar 2560 MB.

  • HP 14-BS003TX 1XE00PA

Laptop kali ini dibandrol dengan harga 5 jutaan. Pada seri ini disematkan prosesor Intel Core i3 6006U, kemudian RAM sebesar 4 GB, memori internal sebesar 500 GB dan juga kartu grafis AMD Radeon R520 2 GB. Walaupun harganya tidak mahal, namun laptop ini memiliki spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh desainer grafis. Walaupun kapasitas penyimpanan internalnya tidak terlalu besar, anda masih bisa menggunakan harddisk external.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *