Bagian penting dalam kehidupan manusia adalah lingkungan sehat. Tidak salah jika kewajiban untuk menjaga kesehatan lingkungan ditekankan untuk semua orang. Lingkungan yang bersih merupakan salah satu modal hidup utama untuk manusia. Memang manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi pada berbagai jenis lingkungan namun kualitas hidup yang tidak terjamin membuat masalah kehidupan menjadi lebih banyak. Kehidupan yang nyaman dan menyenangkan bisa dicapai melalui tindakan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Kebersihan pada akhirnya akan mengantarkan seseorang pada kesehatan. Tindakan untuk menjaga lingkungan sendiri memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan secara pribadi dan mengubah kehidupan orang di sekitar lingkungan yang dijaga dengan baik itu.

pexels.com

Membangun Lingkungan Sehat

Lingkungan bersih memastikan seluruh bagian dari lingkungan tersebut menjadi indah untuk dipandang. Manusia pada dasarnya memiliki dorongan untuk menghindari segala hal yang kotor dan menyukai segala bentuk keteraturan. Tapi jika memilih untuk menghindar saja, kotoran tidak akan hilang dengan sendirinya. Tindakan harus diambil untuk menyelesaikan masalah kebersihan bentuk tindakan bisa diatur dengan menggunakan sebuah panduan yang diawali dengan membuat keteraturan. Tindakan seperti ini meliputi.

  • Peringatan untuk tidak membuang sampah sembarangan
  • Menyediakan tempat khusus untuk membuang sampah.
  • Peringatan untuk menyortir sampah sebelum dibuang.
  • Melakukan tindakan kebersihan secara berkala
  • Memastikan saluran air lancar dan mengalir
  • Menekankan kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan keteraturan dengan tegas.

Bentuk tindakan yang disebutkan diatas meliputi menjaga keteraturan, mengambil tindakan untuk membersihkan dan menyiapkan sanksi untuk perusak keteraturan. Tiga jenis tindakan ini sangat penting dan memiliki tujuan yang berbeda.

 

Menjaga keteraturan merupakan tindakan yang secara khusus ditujukan untuk memastikan semua hal berada pada tempatnya. Lingkungan yang kotor dan sampah yang berserakan merupakan bukti kurangnya keteraturan pada lingkungan. Keteraturan tidak hanya merupakan tindakan pencegahan namun juga penanggulangan kerusakan lingkungan. Ini berarti menjaga saja tidak cukup. Kebersihan tidak akan dicapai ketika alat atau atribut yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan tidak tersedia. Seseorang harus membuat keteraturan dengan menempatkan alat kebersihan dan tempat sampah yang memadai di lingkungan mereka. Tanpa kelengkapan ini keinginan untuk mencapai keteraturan hanya wacana kosong yang tidak berarti. Menjaga dan melengkapi merupakan esensi dari usaha untuk membuat dan menjaga keteraturan dalam sebuah lingkungan.

pexels.com

Penanggulangan adalah langkah yang besar untuk membuat kebersihan. Keteraturan yang telah disiapkan dengan dasar kelengkapan tidak akan membuahkan hasil tanpa adanya tindakan penanggulangan untuk kebersihan lingkungan. Tindakan penanggulangan ini sebenarnya tidak perlu dilakukan secara berkelompok. Satu orang yang memiliki kesadaran lingkungan sehat cukup untuk menggerakkan banyak orang menjadi memperhatikan lingkungan. Ini artinya tindakan untuk membersihkan lingkungan bisa dilakukan langsung saat ini. Mulailah dari hal yang sederhana seperti memindahkan sampah dari jalanan ke tempat sampah yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan beberapa hal yang lebih berat sesuai dengan ketersediaan waktu. Mengajak orang untuk membersihkan lingkungan adalah kondisi ideal tapi agak sulit terjadi di masa kini.

 

Menetapkan sanksi untuk perusak keteraturan adalah sesuatu yang telah diawali dari rumah masing-masing. Setiap anggota keluarga yang meludah atau membuang sampah sembarang di dalam rumah tentu akan mendapatkan teguran. Hal yang sama berlaku untuk semua orang di rumah masing-masing. Mengaplikasikan hal ini untuk lingkungan sekitar terdengar seperti hal besar karena manusia masa kini tidak menyukai konfrontasi. Tapi jika tidak ada yang menegur perusak keteraturan maka keteraturan tidak akan pernah terjadi. Mengambil masalah lingkungan sebagai masalah pribadi bukanlah sesuatu yang salah karena lingkungan ada untuk dinikmati bersama sehingga lingkungan adalah milik bersama. Meminta orang lain untuk menjaganya tentu bukanlah hal yang salah. Bahkan memaksakan kehendak atas orang lain karena alasan ini masih dapat dikatakan wajar.

pexels.com

Membuat Lingkungan yang Sehat

Membuat lingkungan yang sehat menurut Thegorbalsla, pada dasarnya hanya membutuhkan tenaga. Kelengkapan yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan memang membutuhkan biaya sampai tingkatan tertentu tapi kreatifitas selalu mampu memperkecil biaya yang dibutuhkan dan mempermudah membentuk lingkungan yang sehat. Faktor penentu lingkungan sehat terdiri dari.

  • Adanya tempat sampah yang memadai
  • Adanya peralatan untuk membersihkan dan merawat lingkungan.
  • Adanya peringatan untuk tidak membuang sampah di tempat tertentu
  • Adanya tempat penjagaan di beberapa titik strategis pembuangan sampah seperti sungai atau saluran pembuangan air.
  • Adanya jadwal pembersihan rutin untuk berbagai titik dalam lingkungan.
  • Memperbanyak tumbuhan di dalam lingkungan

Selain yang telah disebutkan terdapat juga usaha lain untuk menyempurnakan lingkungan tempat tinggal misalnya memperbaiki beberapa fasilitas umum seperti lapangan atau balai desa.

 

Idealnya masyarakat harus aktif dalam menjaga lingkungan. Membuang sampah pada saluran air atau tempat yang tidak seharusnya merupakan tindakan yang bertujuan mencelakai diri sendiri dan orang lain di sekitar tempat tersebut. Pelaku menginginkan semua orang di lingkungan tersebut terkena banjir atau wabah penyakit. Ini adalah bentuk kejahatan terencana dan ketika terjadi kematian maka itu adalah pembunuhan terencana karena pelaku memang berencana membuang sampah di tempat tersebut sejak keluar dari rumah. Jika anda melihat hal ini dan diam saja berarti anda telah membantu pelaku kejahatan. Ini adalah sudut pandang yang tepat untuk menekankan pentingnya lingkungan sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *