Buku merupakan jendela dunia. Berkat membaca buku Anda dapat memperoleh berbagai macam informasi dari berbagai macam aspek ilmu pengetahuan. Ada banyak sekali jenis buku karangan penulis-penulis hebat dunia yang bisa Kamu baca. Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai macam genre. Genre buku yang bermacam-macam bertujuan agar para pembaca menjadi tidak bosan dengan pilihan buku yang itu-itu saja. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis buku dengan macam-macam genre yang diinginkan di toko-toko buku atau situs-situs jual beli online yang ada di internet.

Buku-buku yang bagus dan berkualitas adalah buku yang memiliki isi dan kandungan yang menarik dan sangat bermanfaat. Biasanya buku-buku yang bagus dan berkualitas akan memiliki review yang bagus di kalangan pencinta buku. Jika Kamu merasa kebingungan untuk memilih jenis buku apa yang akan dibaca, maka Kamu dapat mencari berbagai sumber referensi buku bagus dan menarik di artikel-artikel yang ditulis oleh jasa penulis artikel di internet. Biasanya artikel tersebut akan berisi sara-saran buku yang bagus dan layak untuk dibaca.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada berbagai macam jenis-jenis genre buku yang bisa Kamu baca. Setiap genrenya pasti memiliki informasi yang memiliki daya tarik yang berbeda-beda. Tentu saja pemilihan genre tersebut disesuaikan dengan selera pribadi masing-masing.

www.pexels.com

Jenis Genre Buku Secara Umum

Secara umum, ada dua jenis genre buku yang dapat Kamu ketahui. Nantinya dua jenis genre buku ini akan dikategorikan lagi menjadi berbagai macam genre-genre lainnya yang lebih spesifik. Berikut ini beberapa jenis genre-genre buku yang bisa Kamu jadikan sebagai salah satu jenis genre favorit Kamu, diantaranya:

  1. Fiksi

Genre buku yang pertama adalah genre buku fiksi. Buku bergenre fiksi merupakan jenis buku yang ditulis berdasarkan hasil pemikiran dan imajinasi para penulisnya. Buku bergenre ini baisanya merupakan sebuah buku yang isinya tidak berdasarkan dengan fakta dan kejadian yang sebenarnya di dunia nyata. Buku-buku yang memiliki genre fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan imajinasi dan pikiran penulisnya. Oleh karena itu, kesesuaian isi dan cerita buku-buku fiksi dengan dunia nyata biasanya diasumsikan berdasarkan pemikirannya pembacanya masing-masing.

Isi di dalam buku bergenre fiksi tidak harus harus dibuat sejalan dengan keadaan di dunia nyata. Banyak juga buku-buku fiksi yang isi atau ceritanya menyimpang atau menjadi mustahil bila terjadi di dunia nyata. Hal ini disebabkan karena semua ide cerita, latar dan kejadian yang diceritakan atau dituliskan semuanya berasal dari imajinasi dan pikiran penulis. Beberapa buku fiksi juga biasanya berisi cerita ulang dari sebuah kejadian yang dibumbui oleh beberapa kejadian hasil dari imajinasi penulisnya. Ada banyak jenis genre yang termasuk ke dalam kategori fiksi diantaranya novel, fiksi sejarah, dan beberapa jenis buku lainnya yang ditulis berdasarkanimajinasi penulisnya.

  1. Non-Fiksi

Genre buku lainnya adalah buku bergenre non-fiksi. Buku bergenre non-fiksi merupakan buku-buku yang ditulis berdasarkan fakta dan kejadian yang sebenar-benarnya. Dalam membuat sebuah buku bergenre non-fiksi diperlukan serangkaian kegiatan dan observasi. Tujuan dilakukannya kegiatan pengamatan dan observasi ini adalah agar semua isi yang terdapat di dalam buku jenis ini dapat dipertanggungjawabkan.

Semua buku yang memiliki genre non-fiksi biasanya pasti memiliki data-data yang dituliskan berdasarkan fakta. Oleh karena itu, isi dari buku-buku non-fiksi biasanya akan dijadikan sebagai salah satu sumber informasi. Bahkan buku-buku yang masuk ke dalam kategori genre non-fiksi biasanya digunakan oleh banyak orang sebagai referensi dari tulisan karya ilmiahnya seperti maklah ataupun skripsi. Ada banyak jenis genre-genre buku yang terdapat di dalam kategori buku non-fiksi. Diantaranya adalah biografi, ensiklopedia, dan masih banyak jenis buku lainnya.

www.pexels.com

Jenis Genre Buku yang Termasuk ke Dalam Kategori Fiksi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa genre buku fiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan imajinasi penulisnya. Penggambaran isi dari buku bergenre fiksi ini pun disesuaikan berdasarkan sudut pandang pribadi pembaca. Ada banyak jenis buku yang termasuk ke dalam kategori buku fiksi yang tentu saja semua isi buku tersebut dibuat berdasarkan imajinasi penulisnya. Beberapa jenis genre buku yang termasuk ke dalam kategori fiksi, antara lain:

  1. Horor

Genre horror merupakan salah satu bagian dari genre buku yang masuk ke dalam kategori buku fiksi. Genre horror baiasanya berisi cerita atau karangan yang terkesan mengerikan. Sehingga membuat para pembaca merasakan cerita yang dibuat seolah-olah mencekam. Buku yang memiliki genre horror juga bisa memberikan sensasi kengerian dan ketakutan di kalangan pembacanya. Buku bergenre horror biasanya menceritakan mengenai kisah-kisah yang berhubungan dengan dunia gaib dan makhluk halus. Namun, ada juga beberapa buk bergenre horror yang menceritakan mengenai kisah-kisah pembunuhan atau pembantaian yang dilakukan secara sadis.

Sebuah buku bisa dikategorikan ke dalam genre horror apabila buku tersebut telah sukses membuat pembacanya merasa ngeri, ketakutan bahkan merasa diteror. Walaupun buku tersebut menceritakan tentang hantu atau makhluk gaib lainnya tetapi tidak menimbulkan kesan ngeri bagi pembaca, maka buku tersebut belum layak dikatakan sebagai buku bergenre horror.

  1. Fantasi

Genre buku berikutnya yang dapat dikategorikan ke dalam kelompok buku bergenre fiksi adalah buku yang memiliki genre fantasi. Genre fantasi adalah genre yang bercerita mengenai unsur-unsur magis atau supranatural. Buku yang memiliki genre fantasiĀ  biasanya menceritakan mengenai hal-hal yang tak mungkin terjadi di dunia nyata. Semua karakter yang ada di dalam buku bergenre fantasi biasanya akan hidup di pikiran penulis dan pembacanya. Hal ini terjadi karena cerita yang dibuat berdasarkan dengan imajinasi dan fantasi penulis. Dibutuhkan imajinasi yang kuat dan kreativitas yang sangat tinggi untuk menciptakan sebuah cerita yang memiliki unsur fantasi dan memiliki jalan cerita yang logis. Walaupun memiliki latar atau pemeran yang tidak terdapat di dunia nyata atau hanya berupa fantasi, namun alur cerita yang dijelaskan tetaplah harus rasional dan logis.

  1. Sci-Fi

Genre ini merupakan genre science fiksi yang berisi mengenai cerita tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum ada di dunia nyata. Biasanya buku bergenre ini akan menceritakan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat canggih yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia nyata. Sama seperti buku yang membahas mengenai dunia fantasi, untuk membuat buku ini sangatlah dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan kreatifitas yang tinggi juga. Pada buku bergenre sci-fi ini akan dijelaskan dan digambarkan mengenai penemuan-penemuan dan teknologi yang sangat canggih. Bahkan tak jarang teknologi yang dulunya hanya berupa cerita di dalam buku sci-fi sekarang dipelajari dan dikembangkan sehingga teknologi yang awalnya hanya khayalan, bisa diciptakan dan dikembangkan.

  1. Romance

Salah satu genre buku yang masuk ke dalam kategori genre fiksi lainnya adalah buku yang memiliki genre romance. Buku bergenre romance merupakan salah satu jenis buku yang banyak peminatnya. Umumnya peminat buku ini adalah kalangan remaja yang sedang masa-masanya merasakan indahnya masa jatuh cinta. Cerita yang terdapat di dalam buku yang bergenre romance bukanlah cerita yang selalu membahas mengenai kisah cinta dari awal cerita hingga akhir cerita. Namun, buku bergenre romance ini juga menceritakan mengenai kisah yang sering terjadi di lingkungan sehari-hari seperti kekeluargaan, persahabatan dan masih banyak tema-tema lainnya yang bisa di tambahkan ke dalam cerita-cerita romantis ini.

Sebuah buku yang memiliki genre romantis biasanya memiliki diksi yang sangat khas. Diksi yang digunakan pada buku bergenre ini adalah diksi-diksi yang memuat kaliamt-kalimat puitis dan romantis yang membuat siapa saja merasakan betapa indahnya ketikaseseorang merasakan cinta. Pemilihan diksi yang demikian bertujuan agar para pembanca dapat juga merasakan perasaan cinta yang dirasakan oleh tokoh yang sedang diceritakan.

www.pexels.com
  1. Humor

Genre selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori buku bergenre fiksi adalah humor. Buku yang memiliki genre humor adalah sebuah buku yang isinya akan lebih menekankan kepada unsur humor ataupun komedi. Buku bergenre humor biasanya lebuh banyak dibuat untuk tujuan menghibur para pembacanya. Cerita dan konten yang disajikan pada buku genre ini adalah cerita-cerita yang besifat humor atau jenaka sehingga membuat orang yang membaca buku ini akan menjadi terhibur dan tertawa.

  1. Misteri

Selanjutnya ada buku yang memiliki genre misteri. Sama seperti buku lainnya, buku ini merupakan salah satu buku yangtermasuk ke dalam kategori fiksi. Buku misteri tentunya sangat berbeda dengan buku yang memiliki genre horror. Buku bergenre misteri ini akan membuat para pembaca menjadi penasaran karena aka nada banyak sekali misteri yang ditutupi di setiap bagian ceritanya. nantinya misteri yang ditutupi tersebut akan terbuka dan terbongkar satu persatu hingga misteri tersebut menjadi jelas. Sedangkan buku bergenre horror akan membuat pembaca merasakan kengerian dan ketakutan. Diperlukan penulis yang cerdas untuk membuat buku ini, agar cerita yang ditampilkan akan membuat pembaca menjadi sangat penasaran dan membuatnya menjadi membaca semuanya hingga akhir.

  1. Petualangan

Genre buku selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori buku fiksi adalah buku bergenre petualangan. Buku ini akan berisi mengenai sebuah perjuangan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang. Biasanya konflik yang muncul pada buku yang memiliki genre petualangan adalah konflik yang dapat membuat seseorang berubah menjadi lebih baik.

Demikianlah beberapa genre buku yang masuk ke dalam kategori fiksi. Berbagai jenis genre buku lainnya dapat Kamu temui dalam berbagai artikel yang dibuat oleh jasa penulis artikel yang banyak beredar di internet. Dalam satu buku dapat terdiri dari berbagai macam genre yang digabungkan. penggabungan beberapa genre kemudian di jadikan sebuah cerita bertujuan untuk membuat buku dan apa yang diceritakannya menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

www.pexels.com

Jenis Buku yang Masuk ke Dalam Kategori Non-Fiksi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buku yang termasuk ke dalam kategori non-fiksi adalah buku-buku yang menjelaskan mengenai sesuatu yang berdasarkan fakta atau keadaan yang sebenar-benarnya. Buku yang masuk ke dalam kategori fiksi ini juga merupakan buku yang berisi data-data yang telah dikumpulkan melalui proses penelitian dan observasi, agar data yang disampaikan oleh buku ini benar-benar sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis buku yang masuk ke dalam kategori non-fiksi, diantarnya:

  1. Biografi

Biografi merupakan sebuah jenis buku yang menceritakan mengenai kisah hidup sesorang. Biasanya, tokoh yang diceritakan pada buku biografi ini adalah tokoh-tokoh yang terkenal dan berpengaruh terhadap suatu keadaan, penemuan atau berpengaruh untuk sebuah kaum. Kisah yang diceritakan di dalam biografi merupakan kisah yang lebih kompleks dibandingkan dengan biodata tokoh tersebut. Dalam biografi akan diveritakan mengenai kisah tokoh tersebut sejak kecil, dewasa, hingga pada saat meninggal dunia. Semua sumber informasi yang diceritakan pada buku biografi berasal dari fakta dan data yang sebenar-benarnya. fakta dan data tersebut biasanya didapatkan berdasarkan cerita dari orang-orang yang paling dekat dengan tokoh tersebut.

  1. Ensiklopedia

Jenis buku lainnya yang termasuk ke dalam kategori genre buku non-fiksi adalah buku bergenre ensiklopedia. Buku ensiklopedia merupakan sebuah buku bergenre non-fiksi yang berisi mengenai ringkasan materi mengenai sebuah bidang ilmu pengetahuan tertentu. Ensiklopedia merupakan sebuah jenis buku yang terdiri dari berbagai macam artikel atau tulisan ilmiah yang akan disusun secara urutan menjadi sebuah buku. Umumnya, artikel atau tulisan tersebut akan diurutkan berdasarkan judulnya dengan menggunakan aturan pengurutan alfabet. Artikel dan tulisan yang terdapat pada ensiklopedia biasanya merupakan berisi mengenai informasi ataupun teori-teori yang didapatkan berdasarkan pendapat para ahli di bidangnya yang telah teruji keakuratan dan kebenarannya.

www.pexels.com
  1. Jurnal

Jenis buku selanjutnya yang termasuk ke dalam kategori genre buku non-fiksi adalah jurnal. Jurnal adalah sebuah buku yang berisi kumpulan artikel-artikel atau tulisan ilmiah mengenai suatu bidang ilmu pengetahuan yang topiknya lebih spesifik. Berbeda dengan ensiklopedia, topik ilmu pengetahuan yang dibahas di dalam jurnal adalah topik yang sudah dikategorikan secara lebih spesifik. Namun baik jurnal ataupun ensiklopedia, keduanya sama-sama memiliki data dan informasi yang didapatkan melalui berbagai proses yang lumayan panjang. Untuk mendapatkan informasi dan data secara jelas dan benar, diperlukan banyak penelitian dan observasi sampai data dan informasi yang dijelaskan benar-benar memiliki nilai keakuratan dan kebenaran yang tinggi.

  1. Kamus

Kamus merupakan salah satu jenis buku yang masuk ke dalam kategori non-fiksi. kamus merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan kata-kata yang berjumlah ribuan bahkan milyaran yang akan dijelaskan berdasarkan maknanya. Kata-kata yang terdapat pada kamus umumnya akan diurutkan secara teratur sesuai dengan urutan abjad. pengurutan ini tentunya sangat berguna untuk memudahkan para pembaca menemukan kata yang ingin dicari maknanya.

  1. Filsafat

Jenis buku terakhir yang termasuk ke dalam jenis buku bergenre non-fiksi adalah buku filsafat. Berbeda dengan buku lainnya, buku filsafat ini adalah buku yang membahas mengenai masalah-masalah umum yang berisi persoalan akal pikiran, nilai moral, bahasa, ilmu pengetahuan, dan eksistensi. Buku filsafat ini biasanya berisi pendapat para ahli yang akan mengupas dan menjelaskan secara tuntas mengenai hampir semua aspek kehidupan dan ilmu pengetahuan. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa ilmu filsafat merupakan dewanya ilmu pengetahuan karena cabang ilmu filsafat ini akan membahas mengenai semua hal yang berhubungan dengan kehidupan dan kegiatan manusia.

www.pexels.com

Demikianlah beberapa jenis genre buku yang bisa Kamu jadikan referensi untuk bahan bacaanmu di rumah. Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis genre buku tersebut di perpustakaan, toko buku ataupun situs jual beli online yang ada di internet. Semoga beberapa penjelas tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang masih bingung mengenai genre-genre buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *