Berburu kuliner menjadi sebuah keharusan yang dilakukan untuk para pecinta travelling. Berkeliling kota dan menemukan makanan baru tentunya membuat perjalanan jauh lebih menantang. Sekalipun makanan yang disantap bukanlah makanan utama. Namun rasanya tetap saja lebih istimewa ketika menyantap makanan yang bukan dari daerah  sendiri.

Pengalaman menyantap makanan yang bukan makanan yang sering ditemui menjadi acara yang akan menambah pengalaman. Terutama untuk traveller yang gemar melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menyantab makanan dari luar negeri yang memiliki rasa nikmat luar biasa. Jenis makanan dan juga menu makanan yang bisa dinikmati juga bervariasi. Itulah alasannya mengapa berkeliling dan juga menyantap makanan khas menjadi wajib dilakukan untuk para traveller.

pexels.com

Asal Muasal Sebutan Makanan Ringan

Sebutan makanan ringan memang sudah sangat familiar. Namun tahukah anda mengapa sebutan ini menjadi sangat familiar. Berikut alasannya:

  • Sebutan lainnya adalah camilan. Disebut demikian karena memang bukan merupakan makanan utama. Makanan ini fungsinya hanya sebagai pengganjal rasa lapar sesaat saja dan bukan menuntaskan rasa lapar. Biasanya disantap ketika sedang bersantai. Dengan kata lain, makanan ini disantap bukan pada saat jam makanan utama. Itulah sebabnya disebut sebagai makanan camilan. Meskipun sebagai makanan pendamping, namun rasanya tidak boleh diabaikan saja. Biasanya orang menyantap camilan hanya untuk mengisi waktu saja serta mengisi perut saja sementara belum waktunya makanan utama.
  • Camilan sama sekali tidak memberikan pasokan tenaga ataupun nilai gizi apapun untuk orang yang memakannya. Akan tetapi memakan jenis camilan hanya untuk menikmati rasanya saja. Sehingga wajar jika para pecinta camilan mengkonsumsinya karena memang rasanya yang nikmat. Jadi kebanyakan para pecinta kuliner mencari camilan yang benar-benar memiliki rasa yang lezat. Faktor rasa ini menjadi penentu apakah camilan tersebut pantas untuk dinikmati untuk mengisi waktu dan juga mengganjal perut yang lapar namun bukan pada saat jam makanan utama. Camilan-camilan inilah yang dijual dan memuaskan petualangan rasa yang diinginkan oleh pecinta kuliner.
  • Para pembuat camilan, biasanya akan mengkreasikan beberapa jenis bahan makanan untuk membuat sebuah makanan camilan yang memiliki rasa nikmat. Meskipun dalam mengolahnya para pembuat camilan sama sekali mengabaikan bagaimana nilai gizinya namun lebih mengutamakan rasa lezat dari camilan yang dibuatnya. Memang camilan dibuat bukan untuk memenuhi kebutuhan gizi dari yang mengkonsumsinya. Biasanya pada saat membuatnya para pembuat camilan akan memberikan beberapa tambahan bahan yang membuat rasa camilan menjadi lebih enak. Bahan tambahan itu pada camilan sama sekali tidak memiliki khasiat apapun untuk tubuh ketika mengkonsumsinya. Hanya biasanya menambahkan cita rasa pada makanan supaya lebih layak untuk dimakan serta dinikmati.
  • Bagi penikmat camilan, biasanya akan makan sambil melakukan beberapa aktivitas maupun hanya ketika bersantai saja. Itulah alasannya mengapa camilan bukan menjadi makanan yang menjadi pasokan energi utama. Umumnya makanan berat memberikan sejumlah energi tertentu untuk tubuh. Akan tetapi camilan sama sekali tidak memberikannya. Sebab biasanya pengolahan camilan benar-benar dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian orang supaya membeli dan mengkonsumsinya. Biasanya para pengolah camilan akan membuat camilan dengan beraneka warna dan juga beraneka bentuk supaya menarik orang lain untuk membelinya. Penambahan warna dan juga membentuknya lebih menarik menjadi kunci utama mengapa camilan disukai banyak orang.
  • Camilan biasanya dibuat juga dengan memperhatikan tekstur. Tekstur dari makanan yang dibuat biasanya dibuat lebih renyah. Seperti misalnya keripik. Keripik lebih enak jika memiliki tekstur yang renyah. Tekstur yang renyah tersebut untuk menarik orang supaya lebih nikmat memakannya. Keripik jika teksturnya tidak renyah, maka tidak bisa disebut sebagai keripik. Jadi biasanya keripik dibuat dengan cara mengiris tipis bahan yang akan dibuat keripik kemudian menggorengnya hingga kering dan renyah. Tekstur masing-masing camilan yang dibuat cenderung berbeda satu sama lain. Ada yang dibuat sengaja lembut dan ada pula yang dibuat sengaja renyah. Biasanya karena digoreng hingga kering, gizi yang ada di dalam bahan keripik akan hilang sampai kadar yang cukup banyak.
pexels.com

Camilan Khas Indonesia Yang Harus Dimakan

Di berbagai  negara di dunia memiliki beberapa jenis makanan ringan yang memiliki rasa yang sangat enak. Demikian juga di Indonesia. Di Indonesia memiliki beberapa jenis camilan khas yang tidak boleh dilupakan untuk terus dilestarikan supaya tidak hilang dimakan zaman. Ini dia daftar camilan khas Indonesia yang wajib dilestarikan keberadaannya:

  • Camilan yang satu ini memiliki perpaduan rasa gurih dan rasa manis yang khas. Citarasa campuran antara tepung ketan yang diisi dengan gula merah kemudian ditaburi dengan kelapa yang sudah dikukus serta diberi bumbu, memberikan citarasa campuran antara manis gurih yang nikmat dan juga sekaligus mengenyangkan. Mengapa mengenyangkan? Karena makanan ini terbuat dari tepung ketan yang memiliki kandungan kalori cukup tinggi. Ditambah dengan gula merah yang memberikan energi tambahan. Selain itu pada kelapa yang mengenyangkan. Meskipun tergolong camilan yang sedikit berat, akan tetapi klepon termasuk makanan asli Indonesia yang nikmat.
  • Sekilas ketika dilihat bentuknya mirip dengan pastel. Namun secara keseluruhan ketika digigit dan dirasakan, ada perbedaan antara panada dengan pastel. Jika pastel dibuat dengan tekstur kulit yang renyah, panada pada bagian luarnya memiliki tekstur yang lembut seperti roti. Keduanya memiliki kesamaan. Yakni memiliki rasa gurih. Biasanya mengkonsumsi panada saat masih panas lebih nikmat. Apalagi jika ditambah dengan gigitan cabai yang membuat camilan ini lebih menggunggah selera. Perbedaan berikutnya terletak pada isiannya. Jika pastel memiliki isian berupa sayuran dan juga potongan telur, akan tetapi pada panada memiliki isian adonan ikan yang sudah dipotong kecil dan diberi bumbu dengan dimasak terlebih dahulu. Panada berasal dari kota Manado.
  • Termasuk ke dalam golongan jajanan pasar yang melegenda membuat seseorang terinspirasi untuk membuat lagu dengan judul gethuk. Gethuk merupakan makanan sederhana yang terbuat dari singkong yang ditumbuk kemudian dikukus dan diberi bumbu berupa gula merah dan juga kelapa yang sudah dikukus. Proses pembuatannya yang mudah membuat hampir setiap daerah dan pasar di jawa pasti ada yang menjual gethuk. Jenis gethuk pada setiap daerah berbeda. Ada beberapa macam gethuk pada masing-masing daerah dengan bentuk dan juga citarasa berbeda. Akan tetapi pada dasarnya memiliki bahan dasar yang sama yakni singkong. Singkong diolah menjadi gethuk karena di Indonesia tergolong banyak memiliki tanaman singkong. Bahkan tanaman ini tergolong melimpah di Indonesia.

Meskipun bisa dikatakan bahwa camilan merupakan makanan yang tidak mengenyangkan, akan tetapi, kebanyakan camilan di Indonesia memberikan rasa kenyang yang cukup hingga jam makan makanan utama. Dari segi rasa yang nikmat disertai dengan penampakan camilan khas Indonesia  memang sangat kaya akan rasa.

pexels.com

Camilan Dari Luar Negeri Yang Nikmat

Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki banyak jenis makanan ringan yang memiliki rasa menggugah selera.  Akan tetapi di luar negeri ada juga menu camilan yang layak untuk dicoba ketika berkunjung. Apa sajakah camilan nikmat dari luar negeri yang harus dicoba:

  • Sebutan chizza sebenarnya berasal dari chicken pizza. Yah benar, makanan ini merupakan pizza yang terbuat dari ayam. Rasa ayam yang dibalur tepung kemudian di goreng hingga kering. Setelah itu, ayam tepung tersebut diberikan bumbu khas pizza dan juga topping tambahan yang tentu membuat rasanya semakin lezat. Ayam goreng tepung yang krispi dipadukan dengan topping pizza seperti keju mozarella di tambahkan dengan beberapa topping lain seperti sosis dan saus memberikan rasa chizza semakin nikmat. Jangan salah, makanan ini hanya ada di Jepang. Jadi jangan lupa untuk mencobanya ketika mampir ke Jepang.
  • Biskuit coklat es krim sandwich. Jika yang biasa terbayang dipikiran dari kata sandwich adalah sebuah roti isi  dengan isian penuh gizi, namun camilan satu ini terbuat dari biskuit coklat yang kemudian ditengahnya diberikan es krim vanila yang dingin dan menyegarkan kemudian di tumpuk lagi dengan biskuit coklat renyah. Perpaduan antara rasa coklat yang manis gurih, ditambah dengan dinginnya es krim vanila yang dingin membuat setiap gigitan camilan ini menjadi membuat ketagihan. Rasa renyah manis dari biskuit berpadu dengan es krim dingin yang lumer di mulut. Sensasi rasanya benar-benar menyegarkan tenggorokan. Terlebih jika disantap ketika sedang cuaca panas.
  • Keripik kentang rasa macaroni dan keju. Biasanya keripik kentang yang hanya diberi rasa gurih saja, namun ada juga varian baru yaitu rasa macaroni dan keju chedar. Perpaduan rasa gurih makaroni dipadukan dengan keju chedar yang creammy membuat sensasi rasa keripik kentang menjadi sedikit berbeda dari biasanya. Jika di negaranya macaroni and cheesse biasa disantap biasa saja sebagai makanan utama, namun keajaiban teknologi mampu membuat varian baru dari keripik kentang dengan varian rasa macaroni keju.
  • Es krim rasa noughat. Es krim biasa saja rasanya sudah luar biasa. Perpaduan antara rasa noughat dengan es krim yang creamy tentu saja membuat es krim tersebut menjadi lebih istimewa. Rasa coklat yang manis gurih dipadukan dengan gurihnya potongan kacang serta lembutnya es krim membuat es krim rasa noughat ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Es krim ini dibanderol dengan harga sekitar 10 dolar AS saja per porsi. Enak disantap sebagai makanan penutup yang membuat makan menjadi lebih menyenangkan serta lebih nikmat. Kenikmatan es krim rasa noughat inilah yang membuatnya sangat dinantikan banyak orang.
  • Keripik kentang super pedas. Kendati keripik kentang dengan varian rasa pedas sudah biasa ditemukan, namun snack yang satu ini memiliki sensasi rasa pedas yang benar-benar menggigit. Snack asal negara Jepang ini memang tergolong istimewa. Sebab taburan bubuk cabai yang ditambahkan serta rasa keripik kentangnya yang juga sudah pedas membuat pecinta rasa pedas akan berburu snack yang satu ini. Semakin merasa pedas, semakin merasa ketagihan untuk terus makan lagi dan makan terus. Namun jika tidak kuat dengan rasa pedas dan panas yang diciptakan oleh snack yang satu ini jangan pernah coba-coba untuk memakannya. Sebab jumlah bubuk cabai yang ditambahkan bisa masuk ke dalam kategori sangat banyak.
pexels.com

Peluang Bisnis Untuk Penggemar Camilan

Berbisnis dengan memanfaatkan makanan ringan sebagai barang dagangan memang tergolong mudah. Sebab camilan memang banyak disukai orang. Bukan hanya orang dewasa saja, namun juga anak-anak suka dengan makan camilan. Ada beberapa jenis camilan yang bisa dicoba jika ingin memulai bisnis camilan. Ini dia daftar camilannya:

  • Bakpao berbentuk buah. Bakpao mungkin sudah sangat familiar. Namun jika diberikan variasi seperti dengan berbentuk yang lebih unik. Seperti berbentuk buah dengan aneka warna bisa menarik perhatian banyak orang untuk membelinya. Bukan hanya berbentuk buah, isian bakpao juga bisa divariasikan sesuai dengan bentuk buah yang dibuat. Bisa juga dibuat dengan berbagai karakter misalnya berbentuk karakter tokoh terkenal dengan isian sesuai dengan karakter tersebut. Sehingga orang yang memakannya tidak akan bosan dengan bakpao yang memiliki rasa itu-itu saja. Peluang dari bakpao unik ini masih sangat terbuka sebagai bisnis camilan terbaru yang nikmat sekaligus unik.
  • Belalang goreng. Mendengar kata belalang memang sangat imut. Namun jika digoreng dan dijadikan camilan rasanya banyak orang yang ketakutan untuk mencoba memakannya. Sebenarnya camilan belalang goreng ini sudah ada di kaki lima di seputaran kota Jogjakarta. Mungkin membayangkan belalang yang masih hidup ketika beterbangan saja rasanya sulit digambarkan. Apalagi harus menggorengnya dan memakannya sebagai camilan. Sebenarnya belalang sangat banyak beterbangan. Namun tantangan ketika menggeluti bisnis ini adalah bagaimana caranya untuk menangkap belalang hidup-hidup dalam jumlah banyak kemudian menggorengnya hingga renyah kering tanpa merusak bentuk tubuhnya. Bagi yang suka rasanya manis dan reyah gurih.
  • Pecinta negara Jepang pasti mengenal camilan yang satu ini. Bentuknya yang mirip dengan permen ditambah dengan rasanya yang manis membuatnya sangat cocok dan biasa disajikan pada saat acara minum teh. Wagashi yang terbuat dari beras kemudian gandum, kedelai dan juga gula merah merupakan makanan yang khas dan wajib ada di saat acara minum teh. Bentuknya yang bervariasi membuat para pembuatnya bisa memvariasikan bentuknya sesuai dengan selera. Sedangkan untuk warnanya bisa dikreasikan juga sehingga lebih menarik untuk disantap. Itulah alasannya mengapa camilan ini termasuk salah satu camilan yang berpotensi bisnis yang cukup menjanjikan.
  • Coklat dengan kemasan unik. Camilan coklat sudah biasa. Namun apa jadinya jika coklat batang diberikan kemasan yang unik dengan berbagai atribut unik. Tentu akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Belum lagi jika coklat dipadukan dengan berbagai kreasi rasa sehingga menjadikan rasa coklat lebih beragam dan lebih menantang untuk dicicipi.

Bagi pecinta kuliner, dan juga sekaligus pebisnis yang berani menantang arus akan berani membuat sebuah inovasi makanan yang unik. Citarasa unik yang dihasilkan oleh makanan tersebut membuat camilan yang dibuat menjadi mudah diterima. Namun memang jika memasarkan sesuatu yang tidak lazim membutuhkan perjuangan yang tidak bisa dikatakan sederhana. Akan tetapi jika berani berexperiment, maka hal itu bukan merupakan hal yang menakutkan lagi. Bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Tidak jarang memang waktu yang diperlukan relatif lebih lama untuk mengenalkan jenis camilan baru yang belum pernah ada. Memasarkan produk dengan sasaran pecinta kulier memang lebih menyenangkan. Sebab menantang para produsen makanan untuk membuat makanan unik namun rasanya tetap lezat.

pexels.com

Camilan Dalam Kemasan

Mengkonsumsi makanan ringan kemasan menjadi pilihan saat sedang travelling. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa bahan tambahan makanan yang biasanya ada di dalam camilan kemasan tersebut. Ini dia daftarnya:

  • Monosodium glutamat atau yang lebih dikenal sebagai MSG. Tentu sudah tidak heran lagi jika disebut MSG. Biasanya camilan dalam kemasan menggunakan tambahan MSG untuk membuat rasa camilan tersebut lebih gurih. Rasa gurih yang diciptakan oleh MSG diperoleh dari hasil pengolahan tebu yang difermentasi sehingga menimbulkan rasa gurih. Meskipun terbuat dari tebu, namun ternyata MSG jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.
  • Zat ini banyak ditambahkan ke dalam camilan kemasan untuk memberikan rasa manis. Biasanya para pengusaha menggunakan zat ini untuk mengurangi penggunaan gula. Tujuannya jelas untuk mengurangi biaya produksi yang membengkak akibat penggunaan gula dalam jumlah banyak untuk menciptakan rasa manis yang kuat. Aspartam dalam dunia industri makanan bukan hal baru lagi. Dalam dosis tertentu aspartam masih aman untuk dikonsumsi. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, bahkan berlebihan akan menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan jangka panjang. Jadi meskipun aman, biasanya pengusaha memiliki takaran yang harus dipatuhi untuk memastikan bahwa aspartam yang ditambahkan kadarnya menjadi tidak berlebihan ketika masuk ke dalam tubuh.
  • Pewarna makanan. Camilan dalam kemasan terkadang ada yang menggunakan pewarna makanan. Meskipun penggunaan pewarna makanan sudah umum bukan hanya untuk camlan dalam kemasan saja, namun untuk makanan tradisional juga ada yang menggunakan pewarna makanan. Kendati aman untuk digunakan, namun ada batasan untuk kadar penambahannya di dalam makanan. Jika terlalu berlebihan, maka pewarna makanan yang seharusnya aman bisa berubah menjadi racun berbahaya untuk kesehatan. Sehingga biasanya ada aturan main untuk penambahan pewarna makanan yang harus dipatuhi oleh pengusaha camilan yang aakan dipasarkan. Terutama jika camilan tersebut dikonsumsi oleh anak-anak.
  • Pengawet makanan. Meskipun beberapa proses produksi merupakan cara untuk mengawetkan makanan, namun tidak jarang pengusaha camilan menambahkannya untuk menambah usia produk agar tidak cepat rusak. Pengawet makanan yang sering digunakan adalah natrium benzoat. Jenis ini sangat umum digunakan oleh para pelaku industri dengan berbagai alasan. Penggunaanya di dalam makanan yang berlebihan akan menyebabkan kanker serta membuat gangguan pada kelenjar tiroid. Para pengusaha camilan harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh FDA tentang penggunaan natrium benzoat di dalam makanan. Jangan sampai ketika masuk ke dalam tubuh kadarnya berlebihan dari yang dibutuhkan oleh tubuh secara keseluruhan.

Meskipun dikatakan dalam kategori yang tidak berbahaya serta lazim digunakan oleh para pemilik bisnis makanan kemasan, namun aturan main tetap ditegakkan. Tujuannya adalah untuk melindungi konsumen dari resiko kesehatan yang akan diterima ketika tambahan makanan tersebut sangat over dosis. Sekalipun camilan tersebut diklaim aman dan sehat, akan lebih bijaksana memang memperhatikan apa saja yang terkandung di dalamnya. Supaya tidak berlebihan. Terutama untuk kadar bahan tambahan makanan yang ada di dalam kemasan. Bagi pengusaha supaya mempermudah menyelesaikan pekerjaan pengemasan, biasanya para pengusaha akan menginvestasikan dananya untuk membeli mesin pengemas otomatis yang membuat proses pengemasan menjadi lebih mudah serta lebih cepat selesai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *