Maroko adalah sebuah Negara yang memiliki garis pantai sangat panjang di Samudera Atlantik. Mmiliki wilayah secara geografis terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Negara Maroko memiliki jumlah penduduk 33.800.000 dengan luas 446.550 km. Rabat adalah ibukota, sedangkan Casablanka adalah kota terbesar. Kota lainnya yang cukup terkenal adalah Agadir, Meknes, Oujda, Tangier, Marrkaseh, Kenitra, Nador, dan lainnya. Negara ini memiliki kebudayaan yang berbeda dengan Negara lainnya, memiliki kebudayaan campuran antara kebudayaan Eropa, Arab, dan Berber. Negara ini merupakan Negara Monarki eksekutif dan legisllatif yang luas. Untuk kekuasaan eksekutif dijalankan oleh pemerintah dan dua lembaga perlemen, yaitu Majelis Anggota Dewan dan Majelis Perwakilan Rakyat.  Untuuk agama resmi juga mayoritas adalah islam, dengan bahasa resmi Berber dan arab, ada juga yang menggunakan bahasa Perancis.

pexels.com

Fakta Menarik Maroko

Ada banyak fakta menarik yang harus anda ketahui tentang Maroko, apalagi bagi anda yang ingin berkunjung atau berwisata ke Maroko :

  • Memiliki Universitas tertua di dunia

Negara ini ternyata memiliki kampus tertua yang berdiri pada tahun 859 Masehi oleh Fatima Al Fihri putri dari seorang pedagang yang kaya raya. Namun kampus ini sangat berbeda dengan kampus lainnya, karena tidak mengeluarkan ijazah atas nama institusi. Kampus ini focus terhadap belajar dari mentor secara individual, namun mulai 1947 akhirnya kampus ini mulai menyesuaikan seperti kampus lainnya yang ada di dunia ini.

  • Memiliki musim salju satu-satunya yang ada di Afrika

di musim dingin anda akan mellihat orang-orang di Negara ini yang bermain ski, papan luncur, membuat manusia salsu, kereta luncur dan masih banyak lagi lainnya. Tempat ini tersembunyi di jantung pegunungan Atlas yang harus ditempuh dengan jarak 46 mil dari Marrakesh. Dinamakan dengan nama Oukaimeden, yang mana merupakan tempat bermain ski tertinggi yang ada di Afrika. Anda bisa menemui salju di sini mulai dari bulan Desember hingga April.

  • Kayu terbaik digunakan untuk interior mobil mewah

Di Maroko terhadap pohon yang digunakan untuk interior mobil yang mewah, salah satunya adalah mobil Rollls Royce yang menggunakan pohon Thuya. Pohon ini hanya tumbuh di Negara ini tepatnya di kaki pegunungan Atlas.

pexels.com
  • Tidak memiliki deposit minyak dan gas

Negara ini tidak memiliki deposit minyak dan gas, oleh sebab itu Raja Mohammad VI mengembangkan sumber energy alternative, alternative tersebut serupa kompleks tenaga surya terbesar yang berada di Gurun Sahara.

  • Sumber inspirasi untuk seniman

Ada banyak seniman kelas dunia yang mengunjungi Maroko untuk mendapatkan ide cemerlang, di antaranya adalah William S Burroughs, paul Bowles, Tennessee Williams, Allen Ginsburg, dan masih banyak lagi lainnya. banyak juga orang yang memilih Negara ini sebagai tempat untuk melakukan syuting. Di tahun 1983 bahkan menjadi rumah studio terbesar di dunia. Studio ini memiliki nama Atlas Studios yang pernah membuat film Alexander, Gladiator, James Bond 007, dan acara TV lainnya.

  • Sangat dekat dengan Eropa

Antara Negara ini dengan Eropa hanya dipisahkan oleh Selat Gibraltar dengan jarak 10 mil dari pantai Maroko. dari jauh sudah terlihat mobil-mobil yang bergerak di jalanan Spanyol. Ditambah untuk wilayah Spanyol Ceuta dan Melilla merupakan bagian dari kerajaan Maroko.

  • Memiliki kalender yang lebih tua dibanding penanggalan dari masehi

Penduduk Negara Maroko adalah suku Berber yang memiliki penanggalan yang sangat tua, untuk tahun sekarang ini kalender Negara ini sudah mencapai tahun 2967.

  • Dilarang menolak daging

Di Negara ini hubungan antara daging dan teh sangat penting untuk hubungan antara tamu dan tuan rumah. Jika menolak daging maka dikatakan sebagai tindakan yang kasar dan tidak sopan, dan jika makan dengan menggunakan tangan kiri maka dianggap kotor dan najis. Segala aktifitas harus dilakukan dengan tangan kanan.

pexels.com
  • Larangan membuang roti

Roti adalah makanan pokok Negara ini, roti dilarang untuk dibuang. Jika ada sisa roti maka bisa diberikan kepada hewan peliharaan. Jika tidak memiliki hewan peliharaan maka bisa menukarnya dengan barang lain yang bermanfaat seperti detergen, sabun dan lain sebagainya.

  • Relasi jin dengan wastafel

Di Negara ini juga dilarang membuang air panas di wastafel, mereka menganggap bahwa saluran pembuangan, bak cuci, pemandian umum dan tempat lainnya yang berhubungan dengan air akan sering dikunjungi jin. Dengan mengalirkan air panas di tempat-tempat tersebut maka akan membuat marah jin.

  • Sebagai symbol cinta

Pada umumnya symbol cinta adalah jantung, namun orang-orang dinegara ini menggunakan symbol cinta di bagian hati dan liver.

  • Jangan mengungkapkan kekaguman secara terang-terangan

Bila anda datang ke Negara ini dan mampir di salah satu rumah penduduk, bila anda kagum terhadap isi di dalam rumah sangat dilarang untuk mengungkapkan kekagumannya.

pexels.com

Tips Berkunjung ke Maroko

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Maroko, berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda ketahui, dengan tips ini akan membantu anda berwisata dengan aman dan nyaman di sana.

  • Merupakan Negara yang membebaskan visa untuk paspor Indonesia

Untuk anda yang ingin berlibur ke Negara ini maka tidak perlu membuat visa. Batas jalan-jalan tanpa menggunakan visa ini maksimal 90 hari.

  • Menggunakan bahasa Arab dan Perancis

jika ingin berkunjung maka anda harus belajar dua bahasa resmi, yaitu bahasa Arab dan Perancis untuuk berinteraksi dengan turis. Sediakan juga kamus offline di hp anda untuk mempermudah berkomunikasi.

  • Iklim di Maroko

Maroko memiliki iklim yang sub tropis, sesuai dengan lokasinya, karena Negara ini memiliki geografis yang beragam. Sebelum anda berangkat ke tempat yang dituju, sebaiknya cek suhu terlebih dahulu.

  • Menghormati adat dan norma

Sebenarnya tidak hanya saat datang ke negara ini saja, namun berlaku kesemua tempat yang ada di dunia ini. Pastikan selalu menghormati adat dan norma yang berlaku.

  • Mata uang yang berlaku

Untuk mata uang resmi adalah dirham, namun ada juga tempat umum untuk turis seperti hotel dan restouran yang menerima USD dan Euro. Namun jika anda tidak ingin kesulitan saat berada di Negara ini maka sebaiknya sebelum datang tukarkan uang anda di money charger.

  • Medina

Jika anda datang ke Medina dan tersesat sebaiknya tanya jalan kepada penjual yang ada di wilayah ini, karena ada sering sekali kejadian saat anda tersesat disini maka akan muncul orang yang menawarkan diri untuk membantu namun dibaliknya ia meminta upah.

  • Mint Tea, Couscous dan Tajine

Di Negara ini sangat mudah mendapatkan makanan yang halal, namun jangan lupa untuk mencoba kuliner khas dari Maroko yaitu Tjine, Couscous dan Mint Tea.

Dengan tips di atas maka anda bisa menikmati liburan terkesan di Negara Maroko. Pastikan juga menyiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum datang ketempat ini. Untuk anda yang sibuk dan tidak ada waktu untuk  mengurus keperluan seperti transportasi, akomodasi, dan membutuhkan pemandu maka sebaiknya gunakan jasa tour Maroko. Anda juga akan mendapatkan beragam paket dengan harga yang disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *