Seiring perkembangan zaman, kehidupan manusia semakin dipermudah dengan adanya internet. Kebanyakan, internet digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Melihat keadaan ini, tentunya ada ketertarikan untuk memiliki website pribadi. Karena memilikinya akan mendatangkan banyak keuntungan. Penasaran dengan cara membuat website? Sebenarnya tersedia banyak hal untuk membantu dalam pembuatan website. Contohnya, buku bacaan ataupun kursus komputer.

 

Sayangnya, walaupun banyak sarana yang dapat digunakan, tidak banyak orang yang ingin mempelajarinya. Hingga akhirnya, pembuatan website diserahkan pada jasa pembuatan website Jakarta atau tempat lainnya. Padahal, pembuatan website dapat dilakukan mandiri tanpa bantuan orang lain. Serta tidak membutuhkan dana yang besar. Mungkin kini pertanyaan berikutnya yang muncul adalah bagaimana cara melakukan pembuatan website kekinian tersebut? Mudahkah atau sebaliknya?

pxhere.com

Langkah Mudah dalam Membuat Website Kekinian dan Unik

Sebagai seorang pemula, tidak banyak hal yang harus Anda lakukan dalam pembuatan sebuah website. Untuk lebih jelasnya, bacalah informasi cara membuat website ini hingga usai dan praktikan setelahnya,

  1. Pilihlah Platform Website Builder

Saat ini semakin banyak website builder yang muncul di pasaran. Namun sebagai pemula, disarankan untuk menggunakan layanan dari wrodpress. WordPress merupakan platform yang digunakan sejak lama dan memiliki banyak pengguna. Tidak ada biaya untuk menggunakan wordpress, serta penggunaannya lebih mudah dibandingkan platform lainnya.

  1. Pemilihan Nama Domain dan Penyedia Layanan Hosting

Setelah selesai dengan platform, waktunya menyiapkan nama domain. Nama domain tidak bisa didapatkan secara gratis, karenanya disarankan untuk memilih penyedia yang memberikan harga murah. Beberapa penyedia domain dan hosting yang dapat dipilih seperti web host ataupun rumah web. Atau dapat disesuaikan dengan web host lain yang tersedia di dekat Anda.

  1. Install dan Mengatur WordPress

Berikutnya Anda harus melanjutkan pada langkah selanjutnya. Langkah pertama adalah instalisasi wordpress yang dbutuhkan. Setelahnya, atur sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Usahakan semuanya rapi agar website siap dilaunching dan dinikmati oleh para pembaca. Dalam proses installing, diharapkan untuk berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

pxhere.com
  1. Pemilihan Template

Pemilihan template yang tepat akan memberikan kesan tersendiri pada website. Kesan pertama yang diberikan pada pengunjung adalah kesan yang unik dan menarik. Untungnya, wordpress menyediakan beragam layout yang bisa didapatkan dengan gratis. Untuk merubahnya pun cukup mudah, Anda cukup masuk ke dashboard dan lakukan perubahan yang dibutuhkan.

  1. Custom Template

Setelah melakukan pemilihan template, bukan berarti tugas Anda telah usai. Karena template yang sudah dipilih harus dicustomisasi kembali. Kostumisasi biasanya berupa menambahkan halaman baru, memasukan font, pemilihan palet dan yang lainnya. Penggunaan template yang unik, akan membangun identitas website menjadi lebih unik dan mudah dikenali pembaca.

  1. Install Plugin yang Dibutuhkan

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi plugin. Plugin digunakan untuk menambahkan berbagai fitur ke website. Sehingga Anda tidak perlu melakukan coding pada saat memasukkan konten. Cara mendapatkan plugin pun cukup mudah, cukup cek plugin directory dan masuk pada plugins. Setelahnya tekan menu add new sidebar dashboard dan selesai.

  1. Pengemasan yang Tepat dan Mobile Friendly

Masih berbicara tentang website, waktunya melakukan pengemasan akhir. Pengemasan akhir berguna untuk membuat websit lebih mudah dikunjungi dengan tablet ataupun smartphone. Jika tidak, biasanya website akan jarang mendapatkan pengunjung. Karenanya, kini banyak yang memanfaatkan website yang dapat diakses melalui perangkat seperti tablet ataupun android.

pxhere.com
  1. Pembuatan Konten yang Konsisten

Website adalah media yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah barang atau jasa. Karenanya konten yang dimilikki dalam website sangat minim dibandingkan blog. Untuk itu, Anda harus membuat konten website lebih menarik dan mudah dipahami. Selain itu, pemilik website harus berpAndai-pAndai untuk memasukkan gambar tentang produk.

  1. Pengembangan Website

Jika dirasa sudah sukses dengan website yang dibuat, tidak ada salahnya untuk mencoba menggembangkan website. Contohnya, Anda dapat memasukkan konten baru atau menambahkan menu pada homepage. Atau pemilik website dapat meningkatkan jangkauan ke web sehingga lebih mudah diakses oleh para pembaca. Ini akan mendatangkan pengunjung.

  1. Melakukan Pemeliharaan Website secara Berkala

Tidak hanya melakukan pengembangan, Anda harus selalu menjaga kebaruan dari website. Caranya adalah memastikan apakah informasi yang diberikan adalah informasi terbaru. Atau dapat dengan memastikan bahwa informasi yang diberikan cukup menarik pembaca atau sebaliknya. Walaupun dirasa sudah cukup baik, pemeliharaan website tetap harus dilakukan.

pxhere.com
  1. Pemilihan Admin yang Terpercaya

Jika sudah memiliki website yang baik dan banyak pengunjung, waktunya Anda memiliki admin. Admin bertugas untuk memantau apakah website berjalan dengan baik dan sebaliknya. namun, bukan berarti pemilik tidak memiliki tanggung jawab. Karena pemiliklah yang harus terus memberikan ide tentang konten-konten terbaru yang harus ada dalam website tersebut.

 

Pembelajaran tentang pembuatan website, akan sia-sia jika Anda tidak langsung mencoba menjalankannya. Karenanya disarankan untuk segera membuat website setelah membaca informasi ini. Jika terdapat kendala, tidak perlu khawatir karena banyak sarana yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Namun jika terlalu sulit, gunakanlah bantuan jasa pembuatan website Jakarta.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *