Burung nuri merupakan hewan yang lumayan digemari oleh masyarakat karena mempunyai bulu-bulu bewarna yang indah, burung yang satu ini memiliki nama lain yaitu Electrus Rotarus. Burung nuri ini dijadikan sebagai burung hias yang ada di rumah. Makanan bagi burung nuri sama dengan burung berparuh bengkok seperti burung parkit yaitu biji-bijian. Harga dari burung ini lumayan beragam, sebagian besar Rp. 650.000 hingga mencapai Rp. 2.500.000 itupun jenis dari burung nuri berbeda.

Jenis-jenis burung nuri

Membahas hal sebelumnya, mengenai informasi burung nuri. Kali ini akan dibahas mengenai jenis-jenis burung nuri, sebagai betikut :

  1. Nuri Bayan

Burung nuri yang satu ini sebagian besar memiliki panjang 43 cm. Salah satu spesies dari burung yang memiliki paruh berbentuk bengkok ini, memiliki keunikan tersendiri yaitu warna bulu yang paling dominan adalah warna merah berarti betina, sedangkan warna yang paling dominan warna hijau berarti pejantan. Burung nuri bayan ini asli dari Indonesia yang juga pandai menirukan suara seperti burung parkit.

  1. Nuri Pelangi

Sudah jelas dari namanya yaitu Nuri Pelangi, warna dari bulu burung ini seperti warna pelangi yang sangat bermacam. Burung nuri ini terancam langka oleh para pemburu karena warna bulu yang dimiliki sangat indah. Burung yang satu ini bisa juga disebut dengan burung Kasturi Pelangi. Burung nuri ini tidak memiliki kicauan suara yang merdu, tetapi komposisi warna bulu dari burung yang satu ini sangat diminati dan terkesan unik.

  1. Nuri Merah

Burung nuri yang satu ini sering dipanggil dengan nama Red Lory. Warna dari burung yang satu ini dominan bewarna merah. Burung yang satu inipun juga terancam punah, dikarenakan burung ini sudah dikenali banyak orang serta banyaknya perburuan yang dilakukan secara illegal.

  1. Nuri Maluku

Burung yang satu ini memiliki panjang tubuh sekitaran 30 cm, dan dominan warna burung tersebut adalah merah. Burung nuri maluku ini terdiri dari 2 subspesies yaitu cyanothorus dan bornea. Makanan bagi burung yang satu ini adalah nektar dan serangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *