bibit buah

 

Durian adalah salah satu buah favorit di Indonesia. Buah yang satu ini akan membuat siapa saja menjadi ketagihan untuk memakannya. Buah durian yang berkualitas tentunya dihasilkan dari bibit buah durian yang berkualitas. Untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih bibit dari buah durian yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa ciri dari bibit durian yang berkualitas.

  1. Bibit terbebas dari penyakit. Anda bisa melihat fisik dari bibit durian. Jika fisiknya terlihat bersih, kuat dan sehat, maka bibit tersebut adalah bibit unggul.
  2. Umur bibit yang sudah siap. Umur bibit durian yang sudah siap adalah 6 bulan.
  3. Bibit durian yang unggul bisa dilihat dari cabang pohonnya. Jika pohon durian memiliki banyak cabang, maka bibit tersebut adalah bibit unggul.

Itulah beberapa ciri dari bibit durian yang unggul. Jika anda memiliki lahan yang luas, maka anda bisa mencoba menanam bibit durian di area rumah anda.

Cara Menanam Bibit Buah Durian Yang Tepat

Jika anda ingin menanam buah di lahan rumah anda, maka anda harus memperhatikan beberapa hal berikut. Hal berikut ini dapat membantu anda meningkatkan hasil buah yang berkualitas.

  1. Pilih bibit unggul
  2. Perhatikan struktur kesuburan tanah
  3. Pilih pupuk yang tepat. Akan lebih baik jika anda menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang.
  4. Penyiraman larutan insektisida untuk mencegah datangnya hama penyakit.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda akan menanam buah. Anda harus selalu melakukan perawatan rutin agar tanaman buah anda bisa berkembang dan segera berbuah.

Tips Menanam Tanaman Buah

Jika anda ingin menanam tanaman buah, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan lahan yang akan anda gunakan sebagai tempat untuk menanam. Jika jenis tanamannya besar, maka anda membutuhkan lahan yang luas. Selain itu, anda harus memperhatikan perawatan tanaman secara berkala. Misalnya saja penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan. Terkadang, beberapa tanaman membutuhkan pemangkasan untuk meminimalisir penyebaran penyakit tanaman. Anda tidak boleh ceroboh dalam menanam tanaman buah karena buah yang dihasilkan bisa menjadi tidak berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *