Daun dandang gendis merupakan tanaman yang banyak dikenal sebagai tanaman pagar, namun tanaman ini kurang popular karena bentuknya yang kurang menarik. Dibalik hal itu, nyatanya tanaman ini memiliki kegunaan yang amat besar dalam hal kesehatan. Dimana tumbuhan ini memiliki potensi sebagai penormal gula darah, dan berikut ini penjelasan mengenai penelitian tersebut.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, tanaman obat ini mampu dijadikan sebagai obat yang berkhasiat apabila telah melalui beberapa proses tertentu. Proses ini meliputi ekstrak, dan anda juga bisa mencampurkan dengan tumbuhan herba lainnya. Namun bila anda ingin menggunakan tumbuhan ini saja, anda juga bisa menerapkannya.

Proses pengekstrakan ini umumnya diawali dengan proses pengeringan, dan anda juga bisa mencampurkan dengan tanaman herbal lain seperti meniran. Fungsinya selain penormal gula darah dalam tubuh, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Setelah proses ekstrak sudah dilakukan, cara menggunakannya pun cukup mudah yakni dengan cara diseduh.

Seduhan itulah yang kemudian dikonsumsi, untuk meningkatkan cita rasa anda bisa menambahkan madu. Namun untuk anda yang ingin mengolahnya sendiri, ada hal yang perlu anda perhatikan sebelum menerapkan proses ini. Apabila anda ingin menyeduhnya sendiri, ada baiknya bila anda membeli bahan herbal yang sudah siap seduh. Apabila anda memiliki tumbuhan itu sendiri, pastikan untuk melayukan dahulu daunnya sehingga anda mendapatkan khasiatnya sepenuhnya.

Apabila anda ingin merebus dan memetiknya di pagi hari, rebuslah ketika daun itu sudah layu di sore maupun malam hari. Pada sebuah penelitian telah terbukti, bahwa dalam tanaman ini memiliki kandungan anti diabetes. Meskipun penelitian yang dilakukan belum terlalu kuat, sampai saat ini masih terus dilakukan penelitian dan potensi sebagai penyembuh diabetes masih sangat besar.

Tentunya fakta ini sangatlah menarik dan menjadi hal baru dalam dunia medis, dan dengan selalu dikembangkannya hal ini maka obat herbal untuk diabetes akan cepat ditemukan. Demikian artikel pada kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan bagikan agar semakin banyak orang yang mengerti akan manfaat daun ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *