Kesuksesan seorang anak dapat dilihat dari cara orang tua mendidik anak-anaknya. Di jaman modern yang serba canggih ini, peran orang tua sangat penting untuk memberikan bimbingan dan asuhan kepada anak agar mereka dapat berkembang dengan semestinya. Untuk memberikan metode parenting anak, Anda tidak boleh menerapkan metode parenting dengan berlebih. Anak-anak yang hidup di jaman modern memiliki pemikiran yang kritis dan tidak suka akan paksaan yang berasal dari orang lain. Agar anak Anda memiliki perilaku yang baik, metode parenting yang tepat menjadi cara paling ampuh yang dapat Anda andalkan. Jika diperhatikan dengan seksama, semua metode parenting yang ditujuan untuk anak merupakan hal yang baik. Asalkan penerapan metode parenting tersebut sesuai dengan usia dan kondisi psikologis anak, semua jenis metode parenting dapat Anda terapkan.

pexels.com

Metode Parenting Anak Modern

Perilaku anak yang hidup di jaman dahulu dengan jaman modern memiliki perbedaan yang cukup jelas. Anak-anak modern lebih pandai menilai hal-hal yang berada di dekatnya dan sangat cakap untuk menangkap hal-hal yang baru. Agar anak-anak dapat mengembangkan pengetahuan dan informasi baru yang mereka dapatkan, Anda harus bersikap sebagai pengawas. Tidak hanya bertindak sebagai seorang pengawas, Anda dapat pula menjadi sosok yang memberikan metode parenting kepada anak agar moral yang baik dapat dimiliki oleh anak Anda. Berikut ini merupakan metode parenting anak yang sesuai untuk diterapkan di jaman modern saat ini:

  1. Memberikan kesempatan bagi anak untuk mengenal lingkungan luar

Metode parenting untuk anak modern yang pertama adalah dengan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengenal lingkungan luar. Untuk mewujudkan metode ini, Anda dapat membawa anak ke luar rumah sesering mungkin. Tidak perlu mengajak anak ke tempat yang mahal untuk menerapkan metode parenting. Cukup dengan mengajak anak keluar di sekitar rumah, Anda secara tidak langsung dapat memberikan pembelajaran untuk anak. Dengan membawa anak keluar rumah, anak tersebut akan bersosialisasi terhadap orang lain sehingga dapat mengenal orang-orang sekitar.

  1. Jangan membebani akan dengan les tambahan

Setiap orang tua tentunya berkeinginan untuk memiliki anak yang berprestasi. Sebagian orang tua memberikan les tambahan untuk anak agar anak tersebut memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada anak lainnya. Memberikan les kepada anak sebenarnya bukan hal wajib yang harus Anda lakukan. Les tambahan tidak hanya akan membebani anak tetapi dapat pula membuat anak stress karena terlalu banyak aktifitas yang harus mereka jalani setiap harinya.

pexels.com
  1. Jangan takut akan kotor

Hidup di jaman modern saat ini, anak-anak justru harus didekatkan dengan kotor-kotoran. Bermain lumpur dan mandi hujan menjadi aktifitas anak yang baik dilakukan guna meningkatkan kekebalan tubuh. Selain dapat memberikan dampak bagi sistem imunitas, bermain kotor-kotoran akan memberikan hiburan tersendiri bagi anak yang hidup di jaman modern.

  1. Sesekali abaikan tradisi

Tradisi menjadi kebiasaan dan kepercayaan masyarakat yang mendarah daging dan tidak akan pernah ditinggalkan. Meskipun begitu, metode parenting anak modern justru mengharuskan Anda untuk sesekali mengabaikan tradisi tersebut. Tradisi mendidik anak yang biasa dilakukan oleh orang lain tidak harus untuk Anda ikuti. Anda dapat menerapkan metode parenting masa kini yang sesuai dengan kebutuhan anak.

  1. Memberi pujian

Pujian bagi seorang anak merupakan hadiah yang membahagiakan. Anak-anak merasa dihargai dengan pujian yang diberikan oleh orang tua akan tindakan yang mereka lakukan. Di dalam metode parenting, memberikan pujian menjadi salah satu kegiatan yang layak untuk dilakukan daripada memberikan kritik secara terus-menerus akan perbuatan yang dilakan oleh anak.

  1. Berani menerima resiko
  2. Membaca doa kelahiran anak agar anak selalu berada dalam lindungan-Nya
pexels.com

Kesalahan Orang Tua di Dalam Mendidik Anak

Di dalam memberikan pendidikan kepada anak, tidak semua orang tua mampu mewujudkan metode parenting dengan baik. Ada saja kesalahan yang dilakukan oleh orang tua ketika mendidik anak-anaknya. Anak-anak yang sulit dikendalikan menjadi awal dari kesalahan dalam menerapkan metode parenting pada anak. Orang tua biasanya akan merasa kesal dan tak sabar ketika berhadapan dengan anak yang sulit diatur. Akibatnya, para orang tua akan merasa frustasi dan melakukan banyak kesalahan ketika mendidik buah hati. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh orang tua ketika menerapkan metode parenting anak:

  1. Tidak konsisten

Sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi bahwa banyak para orang tua yang memilih bekerja ketimbang mengurus anak sendiri. Para orang tua lebih memilih jasa pengasuh anak untuk menjaga dan memberikan bimbingan kepada anak yang mereka miliki. Kedekatan antara anak dan pengasuh membuat metode parenting yang akan Anda terapkan akan sulit dilakukan. Anda sebaiknya mengusahakan untuk selalu dekat dengan anak sehingga mengetahui segala jenis kebutuhan yang mereka perlukan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui tindakan apa yang tepat untuk memberikan pendidikan untuk anak Anda.

  1. Terlalu banyak memberikan bantuan kepada anak

Para orang tua akan mencurahkan kasih sayang yang tak terbatas kepada anak-anaknya. Ketika memberikan metode parenting kepada anak, para orang tua tidak perlu memberikan perhatian penuh kepada anak. Biarkan anak untuk menjadi mandiri dan melakukan hal yang mereka inginkan tanpa bantuan dari orang lain. Jika orang tua terus-terusan memberikan bantuan kepada anak, anak tersebut akan selalu bergantung pada orang tua.

  1. Fokus pada hal yang buruk

Emosi para orang tua akan mudah terpancing ketika anak melakukan hal yang buruk. Karena kesalahan yang dilakukan oleh anak, orang tua yang fokus akan keburukan akan mengabaikan hal-hal positif yang dilakukan oleh anak.

  1. Terlalu banyak bicara

Berbicara kepada anak akan memberikan pemahaman akan suatu hal. Berbicara yang terlalu banyak akan salah dilakukan ketika anak sedang memberontak atau berada dalam keadaan marah. Untuk memberikan arahan kepada anak, para orang tua tidak harus mengatakan banyak hal. Hanya perlu memberikan kontak mata sebagai peringatan kepada anak merupakan hal tepat yang dapat dilakukan.

pexels.com
  1. Lupa mengajak bermain

Metode parenting anak modern dapat dilakukan dengan cara bermain. Meskipun menjadi metode parenting yang tepat, masih banyak orang tua yang mengindahkan bermain dan lebih memilih program pendidikan di dalam menerapkan metode parenting.

Di dalam menerapkan metode parenting kepada anak, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang terdengar kasar di telinga anak. Metode parenting di jaman modern saat ini lebih memperhatikan perasaan anak sehingga anak merasa nyaman dengan metode parenting yang Anda berikan. Tidak hanya menggunakan kata-kata yang tak menyakitkan, Anda juga harus melihat bagaimana kondisi perasaan anak ketika diberikan arahan ketika mereka melakukan hal yang salah. Kalimat mendidik yang halus merupakan kalimat paling tepat yang dapat Anda gunakan demi mengontrol amarah buah hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *