Kata demograsi pastinya sudah tidak asing lagi didengar terutama apabila membahas mengenai kependudukan.  Anda bisa mencari terlebih dahulu mengenai berbagai demographic questions apabila ingin mengetahui lebih dalam. Namun sebelum itu, ketahui telebih dahulu pengertian dari demografi tersebut. Pasalnya akan lebih mudah Anda dalam mempelajarinya bila sudah paham akan pengertiannya. Selain itu, penting pula untuk mengetahui komponen apa saja yang ada didalam demografi yang juga mempengaruhi pengertian atau definisnya. Untuk itulah bisa disimpulkan bila Anda harus menyimak informasi mengenai pengertian demografi dan berbagai komponen yang ada didalamnya.

Penjelasan Pengertian Demografi

Untuk memahami pengertian dari demografi Anda harus menyimak penjelasan lengkapnya terlebih dahulu. Pastinya tidak ada yang terlewatkan dari semua informasi yang disampaikn. Adapun penjelasan lengkap mengenai pengertian dari demografi yang harus Anda simak dengan baik adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian dari Demografi secara Etimologis

Secara etomologis, demografi ini berasal dari kata yunani dari kata demos yang artinya adalah rakyat atau penduduk seta kata grafien yang artinya adalah tulisan atau catatan.  Jadi bisa diartikan bahwa secara etimologis pengertian dari demografi adaalah sebuah tulisan atua catatan yang didalamnya menyangkut soal penduduk. Dari sini saja sudah bisa diketahui apabila yang akan dibahas atau ruang lingkup dari demografi ini adalah penduduk.  Istilah ini pertama kalinya dikemukakan dalam buku Elements de Statistuqie Humaine on Demographie Comparree yang ditulis oleh Achille Gullard tahun 1885 silam.

pixabay.com
  1. Pengertian dari Demografi  secara Umum

Bisa simpulkan bahwa pengertian dari demografi secara umum merupakan semua hal yang berkaitan mengenai kependudukan. Misalnya saja gambaran mengenai migrasi, kelahiran kematian, pekerjaan dan masih banyak lagi. Demografi sangatlah berkaitan dengan angka dan jumlah sehingga Anda harus menguasai kedua hal tersebut apabila ingin terjun dalam bidang tersebut secara khusus  tidakhanya mengetahui soal pengertian demografi saja.

 

Komponen Demografi

Seperti yang sudah disebutkan dan dijelaskan dalam pengertian dari demografi, bahwa yang akan dibahas mengenai kependudukan tentunya komponen yang ada didalamnya juga menyangkut soal kependudukan.  Untuk memahami secara lebih baik terutama bila ingin mendefiniskan pengertian dari demografi sesuai pemahaman yang betul maka wajib untuk mengetahui komponen apa saja di demografi tersebut. Adapun komponen yang ada di  demografi  terutama yang bisa diambil dari pengertiannya adalah sebagai berikut:

  1. Natalitas/ Fertilitas (Kelahiran)

Natalitas atau fertilitas alias kelahiran ini menyangkut mengenai kelahiran penduduk dalam sebuah wilayah tertentu. Umumnya fertilitas erat hubungannya dengan jumlah live birth aias bayi yang lahir dan berhasil hidup.  Namun pada beberapa  kesempatan atau perhitungan, fertilitas sering diukur berdasarkan jumlah bayi dari setiap pasangan yang ada di daerah tertentu.

pixabay.com
  1. Mortalitas (Kematian)

Mortalitas atau kematian menjadi komponen dari demografi berikutnya. Komponen yang satu ini erat hubungannya dengan tingkat atau jumlah kematian yang dialami penduduk di sebuah daerah tertentu.  Namun perlu dicatat dengan baik bahwa dalam ilmu demografi tidak semua kejadian tercatat didalamnya.  Kematian yang tidak tercatat dalam ilmu demografi adalah keguguran janin dan juga still birth karena mengacu pada pengertian kematian dari WHO dan PBB.  Pada setiap daerah komponen demografi berupa kematian ini tentunya berbeda satu sama lainnya.  Pasalnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kematian.  Berkat informasi seputar tingkat kematian sebuah daerah, pemerintah bisa membangun kebijakan yang tepat terutama dalam hal membangun sarana dan prasarana kesehatan di sebuah daerah.

  1. Perkawinan

Perlu Anda ketahui bahwa perkawinan menjadi salah satu komponen demografi yang memegang peranan penting. Tentunya mengetahui hal tersebut  sama pentingnya dengan mengetahui pengertian demografi secara mendetail. Alasannya sangatlah jelas karena apabila angka perkawinan tinggi akan berdampak pada tingginya jumlah angka kelahiran pula. Selain itu apabila perceraian juga banyak terjadi akan membawa dampak pada masalah kependudukan yakni berkurangnya tingkat kelahiran sebuah daerah.

pixabay.com
  1. Migrasi

Pengertian dari migrasi sendiri merupakan perpindahan penduduk  antar daerah dalam jangka waktu yang lama mau itu menetap ataupun hanya sementara saja.   Dalam kajian demografi, komponen ini terbagi menjadi dua jenis yakni migrasi yang sifatnya nasional dan migrasi yang bersifat internasional.  Migrasi internasional terjadi apabila perpindahan penduduk ini terjadi antar negara.  Jenis migrasi yang satu ini masih dibedakan lagi menjadi dua yakni  imigrasi untuk poses  masuknya penduduk, sementara emigrasi untuk proses keluarnya penduduk. Pelaku dari imigrasi disebut sebagai imigram dan pelaku dari emigrasi disebut sebagai emigran.  Selanjutnya yang disebut sebagai migrasi nasional adalah perpindahan penduduk yang terjadi dari wilayah satu ke wilayah lainnya yang masih terdapat dalam satu wilayah negara.  Migrasi nasional juga dibagi menjadi dua yakni transmigrasi (perpindahan penduduk dari kota ke desa) dan urbanisasi (perpindahan penduduk dari desa ke kota).

  1. Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial merupakan komponen terakhir dari demografi yang wajib untuk diketahui.  Mobilitas sosial bisa diartikan sebagai pergeseran dari status penduduk sebuah wilayah.  Singkatnya, mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial seseorang  antar lapisan sosial yang terbentuk. Contoh mudahnya adalah seorang petani yang beralih profesi untuk menjadi PNS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *