Pemahaman setiap individu tidak akan sama antara satu orang dengan satu lainnya. Semua orang berhak memahami ilmu atau informasi berdasarkan kemampuan dan sudut pandang pribadi mereka selama yang mereka pahami tidak bertentangan dengan konsep pengertian dasar ilmu atau informasi yang diterima. Di Indonesia kita diberikan kebebasan untuk memahami dan bebas memberikan pendapat tentang sesuatu selama pendapat kita tidak merugian orang lain atau memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat. Banyak orang yang mungkin telah memahami konsep ini dan ini bisa kita lihat dari bagaimana perilaku netijen Indonesia meskipun semakin kesini konsep kebebasan berpendapat ini mulai tidak terkontrol dan bahkan sering menimbulkan banyak kasus yang serius. Netijen dan masyarakat kebanyakan selalu merasa jika apa yang mereka pikirkan adalah pendapat yang paling benar dan mulai tidak menghargai privasi dan pendapat dari orang lain.

Jika kita ambil kasus kita bisa lihat bagimana perbedaan pendapat dan pandangan masyarakat terkait fenomena pembunuhan calon pendeta di OKI yang sedang hangat diperbincangkan beberapa hari yang lalu. Ada masyarakat yang berpendapat jika apa yang terjadi ini karena sebab akibat dimana perasaan sakit hati akibat penghinaan mampu memberikan keinginan untuk membunuh dan ada yang berpandangan jika apa yang dilakukan pelaku adalah tindakan yang biadap dan membuat pelaku tidak pantas diberikan hak untuk hidup. Kita tidak dapat menganggpa pendapat tersebut salah atau benar tapi yang harus kita lakukan hanya menghargai dan tidak memaksakan pendapat. Hal tersebut juga dapat kita lihat dari bagaimana para ahli dalam mendefinikan ilmu manajemen.

pxhere.com

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dan Fakta Dibaliknya

Ada banyak pengertian manajemen menurut para ahli. Lebih tepatnya ada puluhan pendapat ahli yang berbeda tentang manajemen. Para ahli ini memberikan pengertian yang berbeda dan mereka juga tidak memaksakan pendapat pada sesama ahli. Yang dilakukan para ahli hanya memberikan pandangan mereka kepada pembaca ilmu manajemen dan menyerahkan keputusan pada pembaca untuk sependapat dengan mereka atau tidak.

Kita juga harus memahami fakta dimana para ahli bukan hanya sekedar memberikan pemikiran mereka mengenai pengertian managemen tapi para ahli ini juga melakukan banyak riset dan mengumpulkan banyak data baik dari buku atau dari lapangan untuk mendukung pendapat mereka. Bisa kita bilang jika pengertian managemen menurut para ahli bukan pendapat mentah yang diberikan asal-asalan tanpa melihat data yang ada di lapangan. Orang yang disebut ahli pasti adalah orang yang selangkah lebih paham tentan dunia managemen dan bahkan tahu bagaimana menggunakan ilmu managemen ini secara langsung. Pendapat ini akan dibuat dengan mengambil data yang matang dari berbagai sumber, menyatukan data yang didapat dan mengambil kesimpulan yang kemudian akan dijadikan sebagai dasar untuk merumuskan pengertian managemen yang mereka percayai. Dibutuhkan waktu yang panjang bagi seorang ahli untuk merumuskan sebuah pengertian managemen.

pxhere.com

Poin Untuk Menjelaskan Pengertian Managemen Menurut Para Ahli

Banyak orang yang mungkin belum tahu jika para ahli juga membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang sebelum menemukan dan memberikan pendapat mereka tentang pengertian managemen. Untuk itu pengertian manajemen menurut para ahli adalah pengertian yang dapat kita jadikan pegangan atau dasar untuk mulai belajar dan memahami apa dan bagaimana ilmu managemen itu. Secara umum ada poin yang membedakan pendapat para ahli yang satu dengan ahli yang lainnya tentang ilmu managemen. Poin-poin pembeda yang bisa kita simpulkan setelah memahami beberapa pendapat para ahli tentang pengertian managemen adalah:

  1. Arti harfiah dari kata “managemen”. Banyak ahli yang memberikan pengertian tentang managemen didasarkan dari pengertian umum kata managemen. Ahli yang memberikan pengertian managemen berdasarkan poin ini akan memberikan penjelasan jika managemen tidak jauh dengan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, persiapan dan pembagian kerja. Beberapa kata tersebut akan menjadi bagian dari pengertian managemen menuruh beberapa ahli yang menggunakan poin ini.
  2. Fungsi utama managemen. Poin ini juga sering dijadikan para ahli dalam menjelaskan pengertian managemen. Para ahli yang menggunakan poin ini akan membuat penjelasan tentang fungsi managemen yang sesungguhnya. Tidak banyak ahli yang menggunakan poin ini tapi Henry Fayol adalah salah satu ahli yang menjelaskan pengertian managemen dari fungsi yang dimiliki oleh managemen sendiri.
  3. Melihat bagaimana managemen digunakan di lapangan. Semua ilmu akan bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia termasuk managemen dan para ahli juga menggunakan ini untuk memberikan penjelasan tentang managemen. Ahli yang menggunakan poin ini akan lebih banyak menjelaskan managemen yang berhubungan dengan bisnis, perusahaan, karyawan dan sumber daya manusia. Bisa di bilang poin ini bisa lebih aplikatif karena banyak diambil dari data-data yang ada di lapangan.
pxhere.com

Sebelum pemain belajar tentang fungsi manajemen terlebih dahulu pemain harus memahami pengertian manajemen menurut para ahli. Sebelum kita bisa belajar lebih jauh tentang ilmu managemen maka pemain harus mengambil langkah awal dengan memahami dasar pemahaman tentang pengertian ilmu managemen. Dari pemahaman ini kita akan memiliki bekal lebih baik jika ingin belajar lebih dalam tentang ilmu managemen dan bagaimana pengaplikasian ilmu ini bagi manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *