Keluarga atau orang tua sebagaimana yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah tempat yang paling baik untuk melakukan pendidikan individual maupun sosial. Sebagaimana yang telah diketahui lingkungan keluarga menjadi tempat pendidikan pertama bagi seorang anak. Mereka mengenal dunia lewat kedua orang tuanya dimulai dari belajar berbicara atau berkomunikasi, cara berjalan dan lain sebagainya. Orang tua menjadi sebuah panutan bagi seorang anaknya seperti contoh apabila orang tuanya bukan orang yang taat beragama pasti anaknya juga akan menjadi seperti orang tuanya, cara memperlakukan orang lain baik atau buruk yang dilakuan orang tua juga akan mempengaruhi anak ketika sudah dewasa nanti dalam meperlakukan teman-temannya. Anak merupakan peniru yang baik dari kedua orang tunya sehingga berhati-hatilah dalam bersikap dan bertingkah lakulah yang baik agar anak dapat mencontoh hal-hal yang positif.

Orang tua atau keluarga memiliki fungsi untuk membuat anaknya hidup secara aman, nyaman dan terpenuhi segala kebutuhannya dalam mengembangkan kemampuannya sebagai bekal untuk kehidupan sosial kedepannya.  Anak ketika baru lahir dalam keadaan yang amat lemah dari segi fisik maupun mentalnya sehingga perlindungan dari keluarga atau kedua orang tuanya sangat diperlukan. Anak sebelum tumbuh besar dan mandiri orang tualah yang bertanggung jawab dan menyiapkannya secara spiritual mental dan fisik supaya tumbuh menjadi pribadi yang baik sehingga orang tua kiranya pantaslah disebut sebagai sumber kehidupan.

Kunci keberhasilan dari seorang anak juga terdapat dari kedua orang tuanya. Hubungan yang baik atau komunikasi yang baik yang dilakukan oleh orang tua dan anak akan meningkatkan rasa percaya diri anak di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sehingga anak akan mendapatkan prestasi-prestasi yang gemilang. Selain itu, dengan terjalinnya komunikasi yang baik dan kasih sayang yang cukup dari kedua orang tua akan membuat anak terhindar dari depresi dan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecanduan minuman keras, pergaulan bebas dan obat-obatan terlarang yang dapat merusak masa depannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *