Mengenai tentang poster lingkungan, tentu saja kita pernah melihat poster lingkungan ditempat-tempat publik seperti alun-alun kota, jalan-jalan protokol, pasar-pasar dan tempat-tempat publik lainnya. poster lingkungan pada umumnya menghimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita agar bersih dan sehat. Hal itu di lakukan karena mengingat begitu pentingnya peran poster tersebut, dalam artikel ini  anda akan memahami apa itu poster lingkungan dan seperti apa contoh poster tersebut yang ada ditempat-tempat umum.

Apa Itu Poster Lingkungan?

Poster lingkungan adalah poster yang berisi tentang seputar lingkungan yang memiliki tujuan memberikan informasi serta mengajak masyarakat luas agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar. Contoh kalimat yang umum terdapat pada poster lingkungan dan sering kita jumpai adalah biasanya bernada persuasif seperti “Mari Bersama Menjaga Kebersihan Lingkungan”, “Lingkungan Bersih Cermin Masyarakat Beretika”.  Setelah tahu maknanya dari pembahasan mengenai poster lingkungan ini, berikutnya di artikel ini juga anda akan mengetahui bagaimana cara untuk membuat poster lingkungan yang menarik. Mari simak penjelasannya.

pixabay.com

Tips Membuat Poster Lingkungan yang Menarik

1 Tentukanlah Topik dan Tujuan

Buat langkah yang paling utama yang harus dilakukan adalah menentukan poster dengan tema apa yang akan kamu tampilkan, apakah nantinya kamu akan membahas mengenai poster lingkungan bertema lingkungan hidup , pencemaran lingkungan dan sebagainya? Yang pasti tentukanlah temanya terlebih dahulu.

Setelah menentukan tema poster apa yang akan dibahas, langkah berikutnya yaitu tentukanlah apa tujuan dari pembuatan poster tsb. Apakah nantinya poster tersebut dipulikasikan untuk promosi? atau sekedar tujuan sosialisasi kepada masyarakat saja. Hal ini tentunya memerlukan riset yang lebih serius dalam memilih gambar, penyampaian katanya, tempat yang strategis untuk meletakkannya, terkhusus bagi poster yang bersifat promosi.

  1. Gunakanlah Kalimat yang Bersifat Persuasif, Singkat, dan Jelas

Perlu di ketahui biasanya para pembaca poster hanya melihat atau membaca sekilas arti atau penjelasan dari tulisan dan gambar dari poster tersebut. Sangat jarang pejalan kaki atau orang-orang yang lewat bahkan kita sendiri tidak akan tahan jika berlama-lama menghabiskan waktunya untuk membaca poster tersebut atau mengomentarinya apalagi jika ditempat-tempat keramaian.

Oleh sebab itu, gunakanlah kalimat yang singkat dengan sifat mengajak atau persuasif. Selain itu gunakanlah kalimat yang enak dibaca sehingga dengan begitu pesan ingin kita sampaikan akan tersampaikan kepada si pembaca poster.

Namun jangan sampai dengan alasan demikian lalu kalimat poster yang digunakan malah ambigu yang membuat para pembaca bingung dan susah memahaminya. Anda harus menggunakan kalimat yang jelas serta dapat mensugesti para pembaca untuk melakukan atau membeli sesuatu yang terdapat pada poster tsb.

pixabay.com
  1. Gunakan Gambar yang Menarik

Poster yang disertai dengan gambar yang menarik adalah salah satu faktor yang membuat poster menarik untuk dibaca orang. Saat ini banyak sekali berbagai macam media luar ruang yang memakai gambar sebagai media utama untuk menarik perhatian khalayak ramai karena gambar yang sifatnya visual dan nyata sehingga lebih mensugesti para pembacanya.

  1. Gunakanlah Media yang Tepat dan Sesuai

Hal yang sangat berpengaruh untuk poster adalah tempat diletakkannya poster atau biasa disebut media, dimana poster tersebut diletakkan semakin banyaknya poster diperhatian dan dibaca oleh banyak orang. Besar kemungkinan poster tersebut akan banyak dibaca dan diperhatikan banyak orang jika menempelkan poster pada dinding atau tembok yang ada dipasang, dibandingkan jika ditempelkan di dinding-dinding perdesaan atau perkampungan.

Demikianlah beberapa tips terkait seperti apa cara membuat poster lingkungan yang menarik, singkat, jelas, dan menarik dibaca banyak orang. Untuk tips terakhir yang paling ampuh yaitu gunakanlah gambar dengan kombinasi warna yang cerah dan mencolok. Hal ini mampu menarik perhatian banyak orang agar melirik poster tersebut. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu untuk membuat poster lingkunan yang menarik dan banyak dibaca banyak orang dan tentunya akan membawa dampak yang sangat besar bagi lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *