Belakangan ini tren mempunyai rumah kayu memang sedang meroket. Buktinya banyak orang mencari rekomendasi mengenai model, interior hingga aristektur dari rumah tersebut dari berbagai situs khusus perihal rumah seperti casanesia.com.  Hal ini tentunya wajar karena memang rumah dari kayu tersebut  mempunyai banyak kelebihan yang mendatangkan keuntungan besar baik untuk para penghuninya hingga lingkungan sekitar.  Setelah Anda mengetahui berbagai kelebihan tersebut pastinya akan semakin yakin untuk mempunyai rumah tersebut. Nah apabila sudah tertarik untuk mempunyai rumah dari kayu ini tentunya harus mulai mempertimbangkan bahan kayu apa yang harus digunakan.

Kelebihan Rumah Kayu

Tentunya ada banyak sekali kelebihan yang dipunyai oleh rumah dari kayu ini. Anda tidak perlu mengetahui semua kelebihannya karena hanya dengan beberapa kelebihan yang paling memukau sudah pasti bisa meyakinkan. Adapun berbagai kelebihan paling memukau dari rumah dari kayu tersebut adalah sebagai berikut:

pxhere.com
  1. Hemat Energi

Kelebihan pertama yang dipunya rumah dari kayu adalah terbukti hemat energi. Penyebabnya adalah sifat dari kayu yang merupakan insulator alami. Selain itu, kayu  ini juga mampu menjadi isolator yang begitu efektif.  Maka dari itulah bisa disimpulkan bahwa memang rumah dari kayu ini lebih hemat energi dibandingkan  rumah dari bata.

  1. Ekonomis

Perlu Anda ketahui dengan Anda membuat rumah dari kayu ini akan lebih menghemat banyak biaya karena memang sangatlah ekonomis.  Tidak hanya dari segi bahan yang lebih murah saja tetapi juga dari segi tenaga, waktu dan pembangunannya lebih cepat sehingga mampu menghemat banyak uang.  Tentunya dengan kelebihan yang satu ini Anda bisa mempergunakan uang yang berhasil dihemat untuk berbagai keperluan lainnya.

  1. Ramah Lingkungan

Tentunya tidak mengherankan lagi bila rumah dari kayu ini sangatlah ramah lingkungan.  Salah satu alasan paling mendasar dari hal tersebut adalah sifat dari kayu yang mampu menyerap karbondioksida pada lingkungan lalu menyerapnya. Dengan demikian lingkungan menjadi lebih terjaga karena keberadaan dari rumah dari kayu tersebut.

  1. Kuat

Anda tidak perlu meragukan bagaimana kekokohan dari rumah kayu ini karena sudah banyak dibuktikan bahwa rumah tersebut sangatlah kuat.  Meskipun memang kayu ini bobotnya ringan tetapi data tahannya begitu kokoh sehingga bisa menghasilkan rumah yang kuat. Selain itu, kekuatan dari rumah dari kayu ini bertambah lagi dengan fakta mudah dalam perawatannya. Terlebih bila terjadi kerusakan hanya perlu perbaikan secara manual saja.

  1. Mempunyai Nilai estetika Tinggi

Setiap kayu mempunyai serat, warna maupun desain yang berbeda-beda. Tentunya apabila setiap karyu tersebut dirangkai menjadi satu dalam rumah akan membentuk sebuah karya yang mengagumkan.  Rumah dari kayu tersebut tidak hanya bisa ditinggali saja tetapi mempunyai nilai estetika yang tinggi.

  1. Mampu Menyerap Suara dengan Baik

Mampunya  rumah dari kayu ini menyerap suara dengan baik menjadi kelebihan berikutnya yang wajib diketahui.   Berkat dari kelebihan yang satu ini banyak orang yang memang menyukai ketenangan memilihnya sebagai hunian setiap hari.

pxhere.com

Rekomendasi Jenis Kayu untuk Dijadikan Rumah Kayu

Tentunya untuk membuat rumah dari kayu yang berkualitas, jenis kayu yang dipilih tidak boleh sembarangan. Pasalnya bila sembarangan akan sama saja karena keuntungan yang diperoleh sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Untuk itulah Anda harus mengenali lalu memilih salah satu rekomendasi jenis kayu untuk rumah dari kayu tersebut. Berikut adalah rekomendasi berbagai jenis kayu tersebut:

  1. Kayu Jati

Kayu jati memang terkenal dengan kekuatan dan keindahannya sehingga wajar bila menjadi rekomendasi jenis kayu pertama untuk dijadikan rumah dari kayu.  Anda tidak perlu takut rumah Anda dimakan rayap karena kayu jati ini tidak dimakan oleh rayap. Selain itu, keunggulan lainnya dari kayu jati ini yang membuatnya pantas dijadikan bahan untuk rumah adalah mudah untuk dipotong, dioleh, mempunyai warna yang indah, dan tidak berubah bentuk secara mudah walaupun terjadi perubahan cuaca yang ekstrim.

  1. Kayu Kelapa (Gelugu)

Di Indonesia untuk menemukan kayu kelapa atau yang lebih dikenal dengan gelugu ini sangatlah mudah.  Biasanya jenis kayu ini akan digunakan pada kanopi rumah kayu ataupun penyusun pada atap rumah.  Selain itu, kayu ini mempunyai serat lurus dan bertekstur.

pxhere.com
  1. Kayu Kamper

Salah satu jenis kayu yang paling indah seratnya adalah kayu kamper. Kayu ini pantas dijadikan beberapa bagian pada rumah dari kayu seperti kusen pintu, jendela bahkan isi dari rumah tersebut yakni berbagai perabotnya.  Kayu ini tergolong mudah untuk ditemukan di Indonesia sehingga tidak pelu Anda ragu bila ingin menggunakan kayu tersebut sebagai salah satu bahan dasar rumah dari kayu yang hendak dibuat.

  1. Kayu Bengkirai

Tentunya dalam membuat rumah dari kayu, Anda membutuhkan kayu yang tahan dari cuaca. Nah, salah satu yang terkenal akan ketahanannya akan cuaca adalah kayu bengkirai.  Kayu ini juga mempunyai umur yang panjang dan biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan atap rumah dari kayu, decking, listplang dan masi banyak lagi.  Warna dari rekomendasi kayu untuk rumah dari kayu yang satu ini juga sangatlah eksotis yakni kuning yang agak kecoklatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *