Pilot adalah salah satu impian atau cita-cita yang diimpikan oleh anak-anak. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa pilot sangat keren, mampu terbang tinggi dan mengemudi pesawat terbang. Apakah saat anda dewasa impian pilot masih ada ? jika ia maka anda bisa mewujudkannya sekarang juga. Salah satu cara untuk mewujudkan impian anda menjadi pilot adalah dengan masuk sekolah penerbangan. Untuk bisa masuk ke sekolah ini harus membutuhkan perjuangan yang besar. Anda harus mampu bersaing dengan anak lain untuk bisa masuk ke sekolah khusus penerbangan.

Untuk masuk ke sekolah pilot cukup sulit, selain bersaing dengan banyak pelamar, anda juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Seorang pilot memiliki tanggung jawab yang sangat besar,berkaitan dengan penumpang, sehingga membutuhkan syarat-syarat tertentu untuk bisa masuk. Anda bisa belajar dan masuk sekolah khusus penerbangan di dalam negeri maupun luar negeri, dengan menempuh pendidikan maka pilot compatible tinggi dan dipercaya mampu menerbangkan maskapai penerbangan. Untuk bisa masuk ke sekolah ini dipastikan bahwa anda sehat jasmani dan rohani, bebas dari rokok, tidak cacat mata, tidak berkacamata, tidak buta warna, tidak berkawat gigi, belum pernah menikah dan tidak akan menikah selama pendidikan, dan mampu memenuhi aturan sekolah.

pexels.com

Syarat-syarat Masuk Sekolah penerbangan

Untuk bisa menjadi pilot anda harus menempuh pendidikan sekolah pilot, dan untuk bisa masuk kesekolah pilot harus menempuh pendidikan SMA terlebih dahulu atau sekolah formal lainnya. Khusus sekolah penerbangan negeri syarat untuk masuk kesekolah adalah harus berasal dari SMA dengan jurusan IPA. Memiliki tinggi minimal 165 cm untuk putri dan 170cm untuk putra, namun jika tinggi masih kurang sedikit bisa ditoleransi karena masih dalam tahap pertumbuhan. Memiliki kemampuan bahasa Inggris, karena pekerjaan pilot menuntut untuk berbicara dengan bahasa Inggris saat di dalam pesawat. Sehingga kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Syarat lainnya adalah tidak memiliki riwayat penyakit kronis, dan biasanya tes kesehatan ini ditentukan oleh instansi milik Departemen perhubungan Balai Kesehatan Penerbang. Untuk tes kesehatan berupa tes fisik, jantung, EEG, dan tes mata. Adapun calon pilot wanita juga memiliki ciri khusus yang harus diperhatikan, di antaranya adalah memiliki kemampuan bahasa yang bagus, memiliki kesehatan yang baik, jurusan IPA dan memiliki tinggi minimal 165 cm untuk wanita dan untuk laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 170 cm untuk bisa masuk ke sekolah pilot. Berikut ini adalah syarat khusus yang harus anda penuhi untuk menjadi seorang pilot :

  • Menguasai teori penerbangan

Untuk bisa menjadi pilot seseorang harus menguasai teori penerbangan, dengan begitu maka penerbangan bisa dilakukan dengan aman dan tanpa adanya gangguan. Untuk menjadi pilot yang handal juga dibutuhkan jam terbang yang tinggi. Selain itu seorang pilot juga harus paham tentang prinsip aerodinamika, hydroplaning, kinerja dan juga system operasi pesawat.

  • Menguasai system pesawat

Penting dan wajib bagi pilot menguasai system pesawat, dengan mengetahui konsep fisika maka pilot akan memahami cara kerja pesawat. Ketika anda belajar pastikan untuk mengetahui secara detail system pesawat, sehingga setelah anda lulus maka anda akan mudah mendapatkan pekerjaan.

  • Pahami navigasi

Keahlian yang harus ada pada pilot adalah memahami navigasi. Dengan mengetahui tentang navigasi maka pilot tidak akan tersesat, selain itu penerbangan juga menggunakan grafik dan peta. Dengan mengetahui grafik dan peta maka pilot juga bisa mengetahui keadaan cuaca yang ada disekitarnya saat melakukan penerbangan.

  • Paham tentang meteorology

Sangat penting bagi pilot untuk paham tentang ilmu meteorology, bahkan ilmu satu ini menjadi syarat wajib bagi calon pilot wanita maupun laki-laki yang ingin menjadi pilot.

  • Memiliki wawasan fisiologi

Penting juga untuk mengenal masalah fisik yang bisa mempengaruhi diri sendiri dan penumpang. Maka tidak hanya lulusan kedokteran saja yang tahu tentang fisiologi, akan tetapi seorang pilot juga harus paham tentang fisiologi.

  • Mengetahui peraturan dan lalu lintas udara

Ini juga menjadi hal yang wajib dimiliki oleh seorang pilot. Penting untuk diketahui bahwa aktifitas di atas atau dilangit sangat sibuk. Jumlah pesawat terbang yang berada di langit cukup ramai, sehingga sangat penting bagi pilot untuk mengetahui dan mampu membaca lalulintas udara. Selain itu kuasai juga ;peraturan lalu lintas di udara.

pexels.com

Daftar Sekolah Terbaik Untuk Pilot

Menjadi pilot adalah impian banyak orang, untuk bisa masuk dibutuhkan perjuangan yang besar. Berikut ini adalah daftar sekolah terbaik yang ada di Indonesia khusus pilot. Dengan memilih sekolah berkualitas bagus maka anda akan mendapatkan proses belajar yang lebih bagus, selain itu dengan memilih sekolah yang bagus maka bisa menjadi point untuk prospek masa depan.

  • Bali Internasional Fligh Academy

Dikenal juga dengan nama BIFA. Sekolah ini berlokasi di kawasan Air Strip desa Sumberkima, kecamatan Gerokgak, Bulelang. Sekolah ini didirikan di atas luas lahan 7000 m2 dan memiliki fasilitas lengkap di dalamnya, juga berstandar internasional dan menjadi sekolah terbaik di Asia. Pendiri dari sekollah ini adalah orang dari luar negeri. Untuk bisa masuk kesekolah ini anda harus berjuang mengalahkan peminat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Persaingan masuk ke sekolah ini sangat ketat.

  • Akademi Eagle Air

Adalah salah satu sekolah khusus penerbangan bagi calon pilot yang bertanggung jawab, mahir, berkompetisi sesuai dengan bidangnya dan professional. Di sekolah ini calon pilot akan ditempa untuk memperbaharui teori dan juga praktik. Sekolah ini cukup unggul karena dilengkapi oleh instruktur yang tanggung dan menjadi guru yang baik bagi calon pilot. Sekolah ini sudah melahirkan pilot-pilot keren dan professional yang sudah bekerja di berbagai maskapai penerbangan. Di sekolah ini anda harus menjalani masa pendidikan selama 8 bulan.

  • Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug

Merupakan sekolah khusus penerbangan yang dikelola oleh pemerintah. Sekolah ini berlokasi di Curug, Legok, kabupaten tangerang. Untuk bisa masuk kedalam sekolah ini tidak mudah, proses seleksi sangat ketat dan hanya menerima 20 siswa yang benar-benar berkualitas. Di dalam sekolah ini terdapat 4 jurusan, di antaranya ada teknik terbang, penerbangan, keselamatan terbang dan managemen penerbangan.

  • Nusa Flying Internasional

Adalah salah satu sekolah khusus penerbangan yang berada di daerah Jakarta. Sekolah ini merupakan sekolah yang didirikan oleh Lion Air. Untuk kantor pusat sekolah ini berada di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, untuk latihannya berada di Bandara Budiarto Curug dan Raden Inten Lampung. Pilot yang lulus dari sekolah ini sering direkrut menjadi pilot pesawat Lion.

  • Aero Llyer Institute

Merupakan sekolah khusus penerbangan swasta dibawah naungan maskapai Batavia Air. Sekolah ini terbilang masih baru maka tidak heran fasilitas di dalamnya masih terbatas. Namun Aero menjadi salah satu sekolah yang bisa dijadikan pilihan terbaik. Untuk system pembayaran disesuaikan dengan jenis lisensi penerbang yang diambil oleh siswa.

  • Akademi Pilot Bandung

bagi anda yang tinggal di Bandung tidak perlu khawatir kota anda tidak memiliki sekolah khusus penerbangan. Sekolah Akademi pilot di Bandung menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang menyiapkan bibit unggul sebagai pilot pesawat. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2008. Sekolah ini juga menyediakan berbagai wahana transportasi, keterampilan, pengetahuan, dan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia penerbangan modern.

  • Sekolah Percontohan Proflight

Sekolah penerbangan satu ini didirikan pada tahun 2010. Berada di dua lokasi dan salah satunya berada di Jakarta. Di sekolah ini terdapat program PPL,CPR, IR dan dikembangkan dalam kompetensi yang baik.

  • Sekolah Terbang Alfa

Merupakan sekolah yang cukup ternama di Negara ini, sekolah ini berada di Jakarta Timur khususnya berada di bandara Halim Perdanakusuma. Sudah berdiri sejak tahun 2007 dan memiliki 4 titik tempat latihan.

  • Sekolah Percontohan Dirgantara

Adalah sekolah percontohan yang ada di Jawa Timur. Sekolah khusus penerbangan ini berada di Kota Sidoarjo. Sekolah ini menjadi sekolah popular yang ada di Jawa Timur, apalagi sekolah ini juga memiliki bandara untuk tempat pelatihan sendiri.

  • Akademi Penerbangan Flybest

Merupakan sekolah khusus penerbangan yang ada di Sumatera, tepatnya di Provinsi Batam, Riau, Sekolah ini adalah salah satu sekolah berkualitas khusus penerbangan yang ada di Sumatera. Bahkan memiliki fasilitas berupa 4 unit pesawat dan 4 instruktur asing yang professional.

  • Sekolah Terbang Deraya

Sekolah terbaik lainnya khusus penerbangan yang ada di Indonesia adalah sekolah Terbang Deraya. Sekolah ini berada di Jakarta Timur yang sudah didirikan sejak tahun 1972. Untuk anda yang ingin memilih sekolah pilot yang bagus maka Sekolah Terbang Deraya bisa dijadikan pilihan utama.

Untuk anda yang memiliki impian sebagai pilot maka bisa memilih salah satu sekolah di atas untuk mewujudkan impian anda. Dengan masuk kesekolah ini maka anda akan mendapatkan pengetahuan yang akan menuntun anda menjadi pilot yang professional. Jika anda bingung memilih sekolah yang bagus, ada beberapa tips yang harus anda ketahui.

pexels.com

Tips Memilih Sekolah Pilot yang Terbaik

Untuk menjadi seorang pilot yang baik maka anda harus memilih sekolah yang terbaik juga. Untuk memilih sekolah yang baik perlu juga melihat prospek karier kedepannya, sehingga sebaiknya pilih kampus yang mampu menghasilkan pilot yang professional digemari oleh maskapai penerbangan manapun. Dengan memilih sekolah yang bagus maka menjadi nilai tambah anda diterima di maskapai penerbangan dengan mudah. Berikut ini adalah tips yang harus anda ketahui dan pertimbangkan dengan baik untuk mendapatkan sekolah terbaik.

  • Sejarah Sekolah

Langkah pertama untuk mendapatkan sekolah penerbangan yang bagus adalah dengan melihat sejarah dari sekolah tersebut. Sekolah yang bagus berkaitan dengan mutu sekolah, sekolah yang memiliki sejarah yang baik dalam dunia penerbangan juga akan menghasilkan pilot yang professional dan bertanggung jawab.

  • Jangka waktu dan biaya

Semua orang pasti paham bahwa sekolah pilot atau penerbangan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, biaya yang dikeluarkan lebih besar dibanding dengan biaya sekolah lainnya. Hal ini disebabkan karena proses balajar pilot membutuhkan fasilitas dan pelatihan yang rutin. Bahkan biaya yang dikeluarkan hingga beratus-ratus juta rupiah, bahkan ada juga yang membutuhkan biaya hingga 1 m. Untuk anda yang ingin sekolah penerbangan maka harus tahu dan siap dengan biaya yang akan dikeluarkan. Dan untuk jangka waktu sekolah berbeda-beda antar akademi atau sekolahnya, hal ini tergantung dari program apa yang di ambil. Program tersebut di antaranya ada PPL, CPL, IR, MER dan lain sebagainya. Ada yang membutuhkan waktu cukup 8 bulan saja dan ada juga yang membutuhkan waktu hingga 2 tahun.

  • Fasilitas dan Tunjangan

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah pilot yang bagus adalah melihat fasilitas dan tunjangan yang ada di dalamnya. Untuk fasilitas sangat penting keberadaannya karena mempengaruhi jalannya pendidikan yang baik, semakin lengkap fasilitas yang ada di sekolah maka semakin bagus mutu dari sekolah tersebut. Untuk fasilitas yang dibutuhkan di antaranya ada pesawat latih, simulator penerbangan dan ruang kelas yang nyaman. Untuk penunjang juga harus diperhatikan, penunjang fasilitas yang lengkap akan menjadikan  output yang bagus, siswa akan lebih nyaman belajar di sekolah. Untuk fasilitas penunjang yang harus ada di antaranya asrama, klafetaria, dan lain sebagainya.

  • Memiliki Instruktur yang mumpuni

Pilih juga sekolah yang menawarkan instruktur yang bagus dan mumpuni. Instruktur yang bagus tidak hanya disiplin waktu saja, tetapi instruktur yang bagus adalah yang mampu menghasilkan siswa atau calon pilot yang bertanggung jawab dan cakap dalam pekerjaannya. Untuk mengetahui instruktur yang bagus anda bisa melihat biodata pengajar dan juga pengalaman menjadi pilot.

  • Gambaran Alumni

Salah satu pertimbangan yang harus anda lakukan adalah memilih sekolah yang menjamin prospek kedepan bagus. Ada banyak sekolah khusus penerbangan yang ada di Indonesia, sebaiknya pilih sekolah yang sudah terbukti memiliki banyak alumni yang menjadi pilot professional di berbagai maskapai penerbangan. Pilih juga sekolah yang bekerja sama dengan maspakai penerbangan yang anda kagumi. Dengan memilih sekolah yang terbukti memiliki alumni yang bagus maka prospek kedepannya anda juga akan bagus.

  • Memiliki reputasi yang bagus

Pastikan juga memilih sekolah yang memiliki reputasi yang bagus, menghasilkan pilot luar biasa yang bekerja di berbagai maskapai penerbangan.

  • Perhatikan biaya sekolah

Untuk biaya sekolah pilot memang sangat mahal, anda bisa saja habis hingga 1 miliar, namun jika anda tidak mau menghabiskan banyak uang maka carilah sekolah khusus penerbangan yang memberikan promo atau diskon yang menarik. Selain itu perhatikan juga biaya untuk paket PPL, biaya CPL atau commercial Pilot Liscense, dan IR atau Instrument Rating. Ada juga biaya untuk MER atau Multi Engine Rating.

  • Cari info penyandang dana sekolah yang akan dituju

Anda juga harus tahu kondisi manajemen yang ada pada sekolah tersebut, karena bisa saja ada sekolah tertentu yang mempunyai keuangan yang tidak sehat. Jika sekolah bangkrut maka anda yang akan dirugikan. Anda tidak bisa melanjutkan pendidikan sedangkan biaya yang dikeluarkan sebelumnya cukup banyak.

  • Pilih sekolah yang bagus

Pilih sekolah yang bagus di dalamnya memiliki tempat latihan sendiri, memiliki simulator terbang dan instruktur yang professional.

  • Ketahui jam terbang yang diberikan oleh siswa pada sekolah pilot tertentu

Semakin mendapatkan jam terbang yang banyak maka semakin mahir juga calon pilot untuk bisa menerbangkan pesawat. Oleh sebab itu carilah sekolah yang melakukan simulasi dan jam terbang yang tinggi.

Dengan adanya tips di atas maka anda bisa mendapatkan sekolah penerbangan terbaik yang akan menunjang karir anda sebagai pilot. Ketika sudah menjadi pilot maka bagi pemula akan mendapatkan gaji sebesar Rp 20 juta. untuk Kopilot sebesar Rp 30 juta dan untuk kapten sebesar Rp 45 juta. Gaji tersebut belum termasuk gaji honor lainnya seperti honor terbang perjam Rp 150.000. Menjadi pilot memang impian setiap orang, dengan menjadi pilot maka kita memilliki kesempatan besar untuk menjelajahi penjuru dunia dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya. Dengan menjadi pilot maka kita juga akan dituntut menjadi pribadi yang lebih supel untuk berkomunikasi dengan orang baru. Dan yang paling penting penghasilan seorang pilot sangat besar, maka tidak heran jika banyak pilot yang hidup dengan kemewahan. Menjadi pilot memang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pekerja lainnya, namun bekerja menjadi pilot juga mengharuskan anda untuk bisa menghadapi segala masalah yang terjadi saat penerbangan. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik yang harus anda ketahui tentang pilot.

pexels.com
  • Pilot akan setres jika kekurangan bahan bakar

Kehabisan bahan bakar saat berada di transportasi darat adalah hal yang biasa, namun berbeda cerita untuk transportasi di udara. Kehabisan bahan bakar memang kadang bisa saja terjadi pada pesawat, hal ini bisa disebabkan oleh cuaca yang buruk sehingga pesawat tidak bisa mengisi bahan bakar sedangkan perjalanan masih jauh. Dan ternyata masalah ini sering terjadi dan membuat sebagian besar pilot mengalami setres dan frustasi. Dan akhirnya pilot mendarat di bandara alternative.

  • Pilot dilarang keras memberitahu kepada penumpang jika ada hal buruk yang terjadi pada pesawat.

Dalam keadaan apapun, pilot harus menyelesaikan masalah dan dilarang keras memberitahukan kepada penumpang masalah yang terjadi pada pesawat. Hal ini dilakukan agar penuumpang tidak panic yang mana hanya akan memberikan rasa takut kepada penumpang. Penumpang hanya diberitahu tentang hal-hal yang dibutuhkan seperti pemasangan sabuk atau hal lainnya yang tidak membuat panic.

  • Pilot berbohong tentang lama perjalanan

Biasanya pilot akan berbohong tentang lama perjalanan. Saat dilakukan pengumuman biasanya pilot akan menambahkan durasi dari kenyataannya. Misal saja durasi penerbangan tinggal 1 jam 45 menit, maka pihak pilot akan mengumumkan durasi penerbangan 2 jam. Tujuan dari ini adalah agar pesawat bisa datang lebih tepat waktu.

  • Pada landasan pendek pendaratan tidak akan mulus

Saat landing maupun take off dibutuhkan landasan yang luas dan panjang, maka tidak heran jika lapangan pesawat terbang sangat luas. Namun ada keadaan tertentu landasan pesawat terbang tidak luas, maka pendaratan yang dilakukan tidak akan mulus, walaupun dilakukan oleh pilot yang ahli.

  • Penerbangan delay disebabkan oleh pilot

Banyak penumpang pesawat yang beranggapan bahwa pesawat terjadi delay disebabkan oleh cuaca dan pesawat lainnya yang telat datang. Namun ternyata delay juga bisa disebabkan oleh pilot. Tidak jarang delay terjadi karena pilot makan diluar bandara karena pihak maskapai tidak memberikan fasilitas makan.

  • Jam kerja pilot yang super sibuk

Menjadi pilot memang menghasilkan penghasilan yang sangat besar, namun siapa sangka jika jam kerja pilot sangat melelahkan. Bahkan terdapat peraturan bahwa kerja pilot diperbolehkan hingga 16 jam non stop.

Dan masih banyak lagi info lainnya seputar sekolah penerbangan yang bisa anda ketahui. Untuk info lengkapnya anda bisa datang ke inibagus.com, selain membahas dunia penerbangan juga membahas beragam info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *