Di era globalisasi ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Tak hanya pelaku bisnis kelas atas yang dibuat resah atas menjamurnya kompetitor, pebisnis kelas menengah bahkan kelas bawah pun tak luput dari fenomena ini. Ancaman penurunan omzet hingga kebangkrutan selalu membayangi hari-hari mereka. Apakah anda salah satu dari mereka? Jika memang benar, anda tak perlu khawatir lagi, sebab di sini anda akan disuguhi bagaimana cara bersaing dalam dunia bisnis di jaman edan ini dengan strategi pemasaran online.

Sekilas Tentang Strategi Pemasaran Online

Ini adalah strategi yang memanfaatkan ranah virtual dan digital serta koneksi internet, atau kata lainnya adalah dunia maya. Anda tentu saja tetap harus melaksanakan kegiatan bisnis secara real di dunia nyata seperti bertatap muka dan melakukan transaksi dengan supplier, calon pembeli, dan orang-orang yang terkait dengan bisnis anda, namun dengan menambahkan strategi online ini, niscaya keefektifan bisnis anda akan meningkat lebih dari 2x lipat. Mengapa bisa begitu? Sebab di dunia maya ruang gerak dan jangkauan anda menjadi nyaris tidak terbatas. Anda bisa dengan mudah terhubung ke calon partner bisnis yangn berada jauh di belahan dunia lain, misal di Amerika bahkan di Afrika melalui aplikasi tatap muka virtual yang terhubung internet, seperti skype, hangouts, yahoo messenger dan lain-lain. Semakin banyak koneksi, semakin banyak pula peluang, bukankah seperti itu?

pexels.com

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan dalam Pemasaran Online

Nah lalu apa saja langkah-langkah yang harus anda jalankan untuk mengaplikasikan strategi tersebut? Berikut ini penulis akan jelaskan satu per satu. Silakan simak baik-baik!

  • Buatlah Website yang berisi toko virtual

Pernah merasakan betapa mudah dan praktisnya berbelanja melalui toko virtual atau online? Anda tinggal duduk manis sambil meminum secangkir kopi atau secawan vodka di depan pc, laptop, atau smartphone anda. Selanjutnya tinggal jentikkan jari anda untuk memilih barang yang anda inginkan dengan harga yang cocok, transfer pembayaran melalui atm atau e-banking, dan tinggal tunggu barang anda diantar sampai ke rumah. Toko online/virtual itulah yang anda segera harus punya! Bagaimana caranya? Anda tinggal membeli domain hosting yang tersedia di internet. Untuk pemula, sebaiknya anda menggunakan wordpress, namun pilihan kembali kepada anda. Konten atau website ini di halaman depan sebaiknya berisi tentang informasi dasar dari bisnis anda, seperti produk apa yang anda jual, alamat kantor, keunggulan dibanding pesaing anda, dll. Kemudian buatlah desain web toko online yang sederhana dan user friendly. Untuk referensinya anda bisa lihat di online shop terkenal yang mudah dijumpai. Jika anda tidak punya skill desain web, anda bisa memperkerjakan orang untuk mengurusnya. Dan yang paling penting, lakukanlah update dan maintenance secara rutin. Update jika ada varian produk baru, perubahan harga, dan perubahan-perubahan lain agar website anda selalu up to date. Lakukan pula maintenance secara berkala agar website anda tidak sering mengalami error.

  • Manfaatkan media sosial

Buatlah akun bisnis di berbagai platform media sosial yang cukup populer seperti FB, Instagram, Twitter, atau Youtube. Hal ini akan membuka kesempatan bagi orang-orang untuk semakin mengenal produk anda, sebab saat ini hampir semua orang menggunakan gadgetnya untuk bermedsos ria. Siapa sangka ada seseorang sedang bermain FB kemudian melihat iklan dari akun bisnis anda lalu tertarik untuk membeli suatu produk? Lalu bagaimana jika bukan hanya satu, namun sepuluh, seratus, bahkan seribu orang? Semakin besar kemungkinan bertambahnya customer anda bukan? Inilah yang dinamakan menjalin interaksi dengan calon konsumen melalui medsos. Salah satu keunggulan medsos adalah anda bisa memamerkan produk anda melalui foto atau bahkan video dengan biaya yang sangat hemat dibanding memasang iklan di reklame, media cetak dan televisi. Anda hanya butuh sekian kuota internet untuk mengupload foto dan video produk anda dalam jumlah banyak. Bandingkan dengan biaya yang bisa mencapai jutaan rupiah jika anda memasang reklame di jalan per produknya!

  • Gunakan Foto Digital yang Menarik

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, foto digital yang anda pajang dalam website menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Hal ini tidak lepas dari ungkapan “gambar berbicara lebih lantang daripada kata-kata”. Tentu sering anda lihat bukan, untuk mengiklankan sebuah produk yang sepele, misal makanan ringan, perusahaan harus menyewa fotografer professional untuk memotret produknya. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah agar digital imaging nya mengena di hati orang yang melihatnya. Mari ambil contoh lain. Sebuah iklan minuman botol di instagram, akan lebih menarik jika gambar minumannya berlatar belakang pegunungan atau air terjun yang mengesankan kesejukan, dibanding hanya difoto saat tergeletak di meja, bukan begitu? Tidak selesai sampai disitu, bahkan foto digital tadi harus melalui proses editing dengan corel, photoshop, dan sebagainya agar makin terlihat wah. Inilah mengapa fotografi digital menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran online.

pexels.com
  • Gunakan Tekhnik Endorse

Ini dia tekhnik pemasaran online yang sedang ngetrend dan tampaknya akan berlangsung dalam waktu lama. Tekhnik endorse atau gabungan dari testimoni dan dramatisasi produk memang cara yang cukup ampuh, apalagi netizen khususnya di Indonesia tergolong orang-orang yang cukup latah. Agar tingkat kesuksesan endorse nya lebih tinggi, biasanya perusahaan menyewa jasa artis, orang terkenal, atau selebgram. Si artis tersebut lalu berfoto dengan memegang produk dan menceritakan manfaat dan keistimewaan produk tersebut dalam caption atau tulisan yang menarik dan bahkan kadang-kadang terlihat berlebihan. Atau bisa juga si artis tersebut berakting dalam video berdurasi pendek, lebih singkat dari iklan di televisi dengan tujuan yang sama yaitu memamerkan keistimewaan produk tadi. Untuk menggunakan jasa endorse artis memang terkadang anda selaku pemilik perusahaan harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Makin terkenal artis / tokoh maka makin mahal pula tarifnya. Sebagai contoh seorang pemain bola paling terkenal dari Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo, membanderol dirinya 400 ribu hingga 1 juta poundsterling untuk endorse video dengan durasi singkat. Sedangkan untuk artis lokal Indonesia papan atas, tarifnya bervariasi dari 5 hingga 20 juta rupiah untuk konten yang sama. Jika anda tidak sanggup untuk menyewa artis atau tokoh terkenal, anda bisa menggantinya dengan rekan, keluarga, atau bahkan anda sendiri. Yang penting adalah penampilan dari sang endorser tersebut harus menarik agar produk anda diminati masyarakat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tekhnik endorsement ini mampu mendorong penjualan produk hingga 5 sampai 10 persen

  • Blogging

Lho, sudah ada website, mengapa perlu mebuat blog lagi? Jadi begini, website utama anda yang berisi toko online menitikberatkan pada proses jual beli, sedangkan blog lebih untuk bercerita tentang produk anda melalui berbagai tekhnik. Misalnya, anda memasarkan produk balsem otot. Kemudian di dalam blog, anda menceritakan pengalaman anda menonton pertandingan sepakbola di stadion, bertemu sang atlet idola, dan ternyata atlet tersebut menggunakan produk anda saat mengalami masalah otot.

  • Tekhnik Email Marketing

Cara ini bisa dibilang cukup usang, namun masih ampuh. Email marketing adalah mengirimkan email secara berkala kepada customer/calon customer yang isinya tentu saja produk-produk perusahaan beserta detailnya (kegunaan, keistimewaan, harga, ditambah kata-kata rayuan). Diharapkan si empunya email akan mendapat notifikasi, membaca email tersebut, lalu tertarik untuk melakukan pembelian. Biasanya email marketing makin gencar dikirimkan kepada pembeli atau calon pembeli dalam kurun waktu berikut ini : periode diskon, dekat tanggal terima gaji, hingga momen hari besar/hari raya. Kelemahan dari tekhnik marketing ini adalah anda harus “menjebak” pengunjung website agar menuliskan emailnya, misal melalui survey, subscribe, dan lain-lain. Selain itu, tempo pengiriman email juga sebaiknya jangan terlalu sering. Alih-alih tertarik membeli produk anda, si calon pembeli malah merasa terganggu karena dikirimi email setiap hari. Akibatnya email tersebut akan ditandai sebagai spam, masuk tong sampah, atau lebih parahnya mereka akan berpaling muka sama sekali dari produk anda.

  • Aplikasikan SEO

SEO atau yang dikenal sebagai Search Engine Optimization atau bahasa Indonesianya Optimisasi mesin pencari juga tidak bisa dilepaskan dari dunia marketing digital. SEO merupakan kumpulan tekhnik atau proses dengan cara yang sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan atau trafik sebuah situs tertentu, dimana situs tersebut diakses melalui portal pencari (google, bing, yahoosearch, dll). Mesin pencari seperti google dan kawan-kawan mempunyai algoritme dan mekanisme tertentu, nah hal itulah yang dimanfaatkan agar situs / web anda masuk ke dalam jajaran teratas atau halaman pertama sehingga makin banyak orang yang mengakses. Sederhananya seperti ini, anda menjual produk susu kerbau, lalu anda membuat website yang berisi produk anda tersebut. Dengan penerapan SEO yang baik, ketika orang-orang menginput kata kunci “susu kerbau” pada mesin pencari, maka situs anda akan tampil di jajaran atas / halaman pertama. Hal ini akan meningkatkan peluang orang-orang untuk mengunjungi situs anda karena implikasinya situs anda adalah situs yang paling populer. Sebaliknya tanpa menerapkan SEO, situs anda akan berada di halaman belakang hasil pencarian, dimana orang-orang akan malas untuk membukanya. Peluang untuk mendapatkan pengunjung pun bisa dikatakan sangat kecil. Penerapan SEO bisa dengan menggunakan kata kunci tertentu pada artikel atau konten yang ada di web anda. Biasanya dalam 1 artikel berjumlah 500 kata dengan beberapa paragraf, paling tidak ada 3 kata kunci yang tersebar di seluruh paragraf. Jarak antara kata kunci satu dengan yang lain juga sebaiknya tidak terlalu berdekatan. Kemudian manfaatkan juga image optimization atau melampirkan gambar yang sesuai dengan isi konten. Hal ini merupakan salah satu trik agar situs anda tetap dalam daftar teratas ketika netizen mencari melalui image search. Penggunaan hyperlink atau tautan juga sangat penting dalam penerapan SEO, karena biasanya satu konten berhubungan dengan konten yang lain. Dengan menerapkan SEO, situs anda bisa berada di halaman pertama pencarian portal apapun tanpa harus membayar kepada portal tersebut. Asyik kan? Yang harus anda perhatikan adalah pesaing lain pun biasanya akan menerapkan tekhnik SEO, maka dari itu anda juga harus terus mengupdate konten anda agar tidak tenggelam di hasil pencarian.

pexels.com
  • Beriklan di website lain dan medsos

Strategi pemasaran online yang berikutnya adalah beriklan di website lain atau medsos. Sama halnya dengan memasang iklan di media cetak, reklame, dan televisi, anda juga harus membayar untuk melakukan hal ini, namun biayanya tidak terlalu banyak. Metode ini sangat simpel. Anda tinggal mengkontak si pemilik website, kemudian menyepakati harga pemasangan iklan. Nantinya produk anda akan tampil di website tersebut dalam bentuk digital banner atau potongan video. Contoh gampangnya adalah ketika anda membuka situs yang berisi suatu artikel, kemudian anda melihat sebaris kotak kecil berupa gambar bergerak atau video di bagian bawah halaman dan isinya iklan yang bisa jadi tidak ada hubungannya dengan artikel tersebut, nah itulah yang dinamakan mengiklan di website lain. Medsos seperti FB dan instagram juga menyediakan layanan pemasangan iklan. Jika anda memakai jasa tersebut, nantinya page atau produk anda akan dimunculkan secara paksa ke beranda para netizen, sehingga mereka mau tidak mau akan melihatnya. Pastinya anda pernah mengalaminya kan , sedang asik scrolling di instagram tiba-tiba ada postingan berupa iklan padahal anda tidak pernah me-like atau bahkan mengunjunginya? Nah begitulah cara kerjanya.

  • Google Ads

Sama seperti cara sebelumnya, namun di sini penyedia jasanya adalah google. Mekanisme kerjanya hampir mirip SEO yaitu menampilkan website anda di halaman teratas, namun itu akan terjadi tanpa anda mengaplikasikan SEO sekalipun. Mengapa? Ya karena anda sudah membayar. Anda tidak perlu repot repot mengatur kata kunci, gaya tulisan, menyisipkan gambar, dan lain sebagainya. Ketika para netizen menginput kata-kata apapun di mesin pencari, asalkan berhubungan dengan website anda, maka website andalah yang berada di bagian teratas. Kelemahan dari cara ini adalah seberapa lamanya website anda berada di halaman atas berbanding lurus dengan seberapa besar biaya yang bisa anda keluarkan. Tentu saja cara ini tidak recommended untuk Usaha kelas menengah ke bawah yang minim modal, kecuali mau bermodal nekad.

  • Mengadakan diskon secara berkala di toko online anda

Ini berhubungan erat dengan cara yang paling awal tadi, yaitu pembuatan toko online. Setelah membuat toko online, anda juga harus memikirkan tentang diskon. Putuskanlah barang apa saja yang akan di diskon, berapa jumlah potongan harganya, serta seberapa lama periode diskon itu berlaku. Untuk memudahkannya, anda bisa mengimplementasikan kode diskon atau kode promo Niagahoster. Mekanismenya anda membuat semacam rangkaian kode , kemudian calon pembeli online yang memasukkan kode tersebut akan mendapat potongan harga. Biasanya waktu yang tepat untuk mengadakan diskon adalah : 1. Sekitar hari raya/hari besar. 2.Tanggal tua 3. Ketika ada satu atau beberapa produk yang kurang peminat.  Cara ini sudah cukup populer di sebagian besar toko online terkenal dan bahkan penulis yakin anda juga pernah menikmati fitur ini. Selain potongan harga, promo dalam bentuk lain seperti beli 1 dapat 2 , gratis merchandise untuk pembelian barang tertentu, dan cara-cara sejenis juga bukan ide yang buruk.

  • Mengadakan Undian Berhadiah Online

Siapa yang tak mau hadiah? Iming-iming hadiah adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling ampuh untuk menarik customer. Masih segar dalam ingatan beberapa dekade lalu, setiap pasar swalayan pasti memberi kupon undian kepada siapapun yang berbelanja di tempat tersebut. Kemudian customer mengisi data diri di kupon yang mereka dapat, lalu memasukkannya ke dalam kotak undian sambil harap-harap cemas menunggu pengumuman. Tekhnik ini tentu saja bisa diterapkan dalam sistem online. Ada beberapa cara untuk mekanisme undian ini.Yang pertama adalah metode pengunjug ke sekian. Misal pengunjung website ke 1000 mendapatkan 1 buah setrika, pengunjung ke 5000 mendapatkan 1 buah handphone, dll. Untuk mengaplikasikan cara ini anda harus memasang program yang basicnya visitor counter di website atau toko online anda. Yang berikutnya adalah dengan membuat kupon virtual lalu pengunjung website atau toko online diminta untuk mengisi data diri. Selanjutnya tinggal mengundi kupon virtual tersebut untuk menentukan siapa pemenangnya.

pexels.com

Pemasaran Online vs Pemasaran Konvensional

Dua duanya tetap harus anda lakukan dalam menjalankan bisnis di era modern ini, tapi pastilah ada plus minus pemasaran online jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mari bahas dari sisi plus nya dahulu. Yang pertama tentu saja jangkauan yang lebih luas. Seperti sudah dibahas di atas tadi, dengan adanya internet kita bisa menembus batas ruang dan waktu. Kita bisa terhubung dengan calon klien yang ada di belahan bumi lain, yang hampir tidak mungkin kita tempuh dengan cara konvensional. Kemudian faktor plus yang kedua adalah penghematan biaya. Untuk mengenalkan atau menunjukkan apa yang kita jual kepada masyarakat, kita tinggal membuat website,blog, dan akun-akun medsos.

Biayanya tentu saja jauh lebih murah ketimbang membuat iklan di media cetak, televisi, atau memasang papan reklame di pinggir jalan. Keuntungan selanjutnya adalah menghemat waktu, tenaga, dan tempat. Dengan memajang barang / jasa di toko virtual yang ada di website anda, anda tidak perlu repot-repot membeli etalase atau menyiapkan tempat yang atraktif untuk display barang anda. Semuanya sudah tertata sedemikian rupa di toko virtual. Jika ada pembeli, anda akan mendapat notifikasi kemudian tinggal mengirimkan barang itu ke pembeli melalui jasa pengiriman. Walau begitu, strategi pemasaran online tidak selalu unggul dibanding metode konvensional. Tetap saja ada sisi minusnya. Yang paling sering terjadi adalah pembeli tidak bisa melihat kondisi real barang dagangan karena dipajang secara virtual.

Ini ibarat membeli kucing dalam karung. Akibatnya sering terjadi ketidak cocokan ketika barang tersebut sudah sampai ke tangan pembeli, entah itu ada cacat, ukuran yang tidak cocok, warna yang tidak cocok, kemasan rusak, dsb. Jika sudah terjadi hal-hal demikian biasanya pembeli akan melakukan retur dan anda sebagai penjual mau tidak mau pun harus menyiapkan barang baru untuk menggantinya. Minus yang kedua adalah kita harus siap menghadapi pertanyaan dari calon customer kapan pun.

Dengan internet, bukan hanya kita yang dapat terhubung ke siapa saja, namun customer juga. Jangan heran jika ada customer yang bertanya melalui online chat, skype, atau media lain pada dini hari. Mungkin itu adalah customer dari negara lain. Nah, itulah tadi seluk beluk tentang pemasaran online. Dengan cara yang tepat dan keuletan, strategi ini sudah terbukti bisa meningkatkan kualitas bisnis anda secara signifikan. Namun itu semua pun tentu akan sia-sia jika anda asal mengaplikasikannya tanpa berbekal ilmu yang cukup. Sekali lagi intinya adalah keseimbangan antara ilmu, usaha, dan doa. Selamat berbisnis dan raihlah kesuksesan yang sudah di depan mata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *