Bagi anda orang Islam tentu anda sudah tidak asing dengan nama surat Al-Ikhlas ini. Surat ini termasuk ke dalam surat-surat pendek dalam al-quran. Surat ini tepatnya dulu diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW di kota Makkah. Oleh karenanya surat ini termasuk ke dalam surat makiyah. Al-ikhlas hanya terdiri dari 4 ayat atau 4 kalimat saja. Karena termasuk surat pendek maka tak heran jika kita menemukan ada banyak sekali orang bahkan anak kecil yang sudah hafal surat ini di luar kepala.

Meskipun termasuk surat pendek akan tetapi surat ini dikenal memiliki makna yang sangat mendalam dan memiliki keajaiban bagi siapa saja yang membacanya. Biasanya surat ini juga dijuluki sebagai surat kulhu. Hal ini karena kata awal pada surat ini berbunyi kulhu. Nah untuk anda yang ingin lebih dalam mempelajari surat al-ikhlas ini maka berikut di bawah ini bisa anda simak beberapa penjelasannya.

pexels.com

Makna Dari Surat AL-Ikhlas

Al-ikhlas yang hanya terdiri dari 4 kalimat atau ayat ini perlu anda pahami maknanya sebagai orang yang baik. Hal ini karena anda tidak hanya perlu menghafalnya saja akan tetapi anda juga harus bisa mengamalkan isi dari surat ini. Nah di bawah ini akan dibahas makna surat ini dari masing-masing kalimat yang terkandung di dalamnya :

  1. Kalimat pertama. Kalimat pertama atau ayat pertama pada surat ini Nabi Muhammad diperintahkan untuk senantiasa mengakui dan mengatakan bahwa hanya Allah lah yang maha esa. Esa memiliki arti satu. Yang artinya hanya ada satu Tuhan yang patut disembah yakni Allah SWT.
  2. Pada kalimat kedua dalam surat ini memiliki makna bahwa Muhammad mendapatkan penjelasan bahwa Allah tuhan Yang Maha Esa merupakan tempat semua manusia meminta dan berdoa atas segala sesuatu yang ada dihidupnya.
  3. Pada kalimat ketiga, dijelaskan dengan sangat terang bahwasannya Allah bukan makhluk yang mempunyai anak dan bukan pula merupakan anak dari siapapun. Tentu dari sini kita sudah bisa menarik dengan jelas makna tauhid bahwa Allah ada bukan karena dilahirkan dan Allah juga tidak bisa melahirkan layaknya manusia. Sebagai seorang muslim yang baik seharusnya sudah paham akan hal ini sebagai dasar ia beriman kepada Allah.
  4. Pada kalimat keempat disebutkan dan dijelaskan dengan sangat terang bahwasannya tidak satupun makhluk di dunia ini yang bisa menyamai dan setara dengan Allah. Kita semua di mata Allah adalah sangat kecil dan Allah sang maha besar berkuasa atas segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Tidak ada satu tuhan pun yang bisa menyamainya. Artinya memang hanya Allahlah Tuhan bagi seluruh umat manusia di dunia ini. Tidak ada Tuhan lainnya lagi.

Mengetahui makna dari surat al-ikhlas tersebut tentu anda sudah tahu bahwasannya surat tersebut sangatlah berkaitan dengan tauhid. Seorang manusia yang tidak percaya bahwasannya Allah itu esa maka ia tidak punya iman dan ia tidak pantas disebut sebagai seorang muslim. Allah menurunkan surat ini bukan tanpa alasan kepada nabi Muhammad SAW. Ada banyak sekali umat yang membangkang kala itu dan menyembah berhala. Hal tersebut akhirnya menjadi dasar turunnya surat ini. Nabi Muhammad SAW lantas menyampaikan wahyu tersebut kepada seluruh umatnya. Hanya saja karena watak seseorang yang berbeda-beda maka ada yang berhasil mengikuti ajaran nabi Muhammad SAW da nada pula yang tidak.

pexels.com

Keajaiban Dibalik Al-Ikhlas

Seorang mukmin yang membaca surat yang ada dalam al-quran tentu akan mendapatkan pahala yang baik di sisi-Nya. Termasuk jika seseorang tersebut membaca surat al-ikhlas. Nah ternyata banyak yang tidak tahu bahwa surat ini memiliki keajaiban yang luar biasa jika sering dibaca oleh seseorang. Bagi anda yang sudah penasaran dengan keajaiban apa saja dibalik kebiasaan membaca surat ini maka berikut ini bisa anda simak penjelasannya :

  1. Membaca surat ini pada saat anda dalam keadaan sakit hingga anda meninggal saat itu juga maka ada janji Allah yang sangat luar biasa yakni hamba tersebut dijamin tidak akan menjadi busuk saat ia berada dalam kuburnya. Saat proses melintasi jembatan shirotul mustaqim pun Allah menjamin hamba tersebut akan diiringi para malaikat untuk bisa melaju dengan cepat melewati jembatan tersebut dan masuk ke dalam surganya Allah. Kita sebagai manusia tentu tidak tahu kapan kita akan dipanggil ke hadapanNya. Oleh karena itu dengan adanya janji Allah ini maka kita sebagai umat yang beriman hendaknya sering-sering membaca surat ini.
  2. Dapat terhindar dari segala keburukan. Hal ini secara langsung pernah diucapkan oleh Rasulullah SAW. Siapapun yang rajin membaca surat ini sebanyak 3 kali pada saat pagi dan sore hari maka ia dijamin oleh Allah akan terhindar dari segala keburukan. Kita tidak pernah tahu apa saja hal dburuk di dunia ini yang dapat menimpa kita sewaktu-waktu. Oleh karenanya Rosulullah memerintahkan kita untuk sering-sering membaca surat ini di pagi dan sore hari sebanyak 3 kali.
  3. Membaca surat ini memiliki hasil yang luar biasa. Seorang yang membaca al-ihklas sama halnya dengan membaca sepertiga al-quran. Sungguh luar biasa bukan? Nah biasanya jika surat ini dilengkapi dengan bacaan surat al-falaq dan an-nas maka pahalanya sama dengan membaca seluruh isi al-quran. Hal ini secara gamblang telah ada pada hadist yang disabdakan oleh nabi Muhammad SAW.
  4. Al-ikhlas mampu menjadi penawar atau penyembuh dari segala penyakit. Baik itu penyakit rohani maupun penyakit jasmani. Hal ini juga telah dijelaskan dalam sebuah hadist yang juga secara langsung disampaikan oleh baginda Nabi.
  5. Orang yang sering membaca al-ikhlas hingga 11 kali dalam sehari maka Allah menjamin sebuah mahligai yang sangat amat indah di SyurgaNya nanti untuk orang tersebut.
  6. Sering membaca al-ikhlas bisa menjadi penjamin diri kita agar selamat dari panas dan pedihnya siksa api neraka. Hal ini dijelaskan pada suatu kisah yang pernah dialami oleh Al-Faqir dalam sebuah kitab yang berjudul Khazinatul Asrar.
pexels.com

Menjadi Orang Yang Beruntung Dengan Rajin Membaca Al-Ikhlas

Orang yang sering membaca surat al-ikhlas maka tentu saja ia akan memperoleh keberuntungan dan memperoleh tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Menghafal al-ikhlas ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Hal ini akan menjadi dasar bagi anak-anak anda untuk gemar menghafal surat yang ada dalam alquran.

Meskipun surat ini termasuk surat yang pendek dan mungkin sangat mudah dihafal namun kandungan makna mengenai tauhid yang begitu dalam mampu membawa banyak sekali keberkahan bagi siapa saja yang telah membacanya. Bahkan Rosulullah pernah menganjurkan untuk membaca surat ini setiap melaksanakan sholat qabliyah subuh. Untuk mencari infomasi lainnya mengenai surat yang satu ini anda bisa membuka hidupsimpel.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *