Pintu adalah hal terpenting yang harus ada dalam sebuah rumah. Namun, ternyata adapula hal lain yang penting dan harus ada di dalam rumah selain pintu, yakni jendela. Sebagai salah satu hal penting yang harus ada di dalam rumah, jendela memiliki peranan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan, udara yang segar pun bisa didapatkan dengan adanya jendela. Meski memiliki banyak manfaat, terkadang jendela juga menjadi sasaran para maling untuk menjarah harta benda milik pemilik rumah. Terutama, bila rumah tersebut berada di daerah perkotaan, pasti sering kali menjadi sasaran empuk para maling. Oleh karena itu, para pemilik rumah dianjurkan memasang teralis minimalis untuk jendelanya. Hal tersebut bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga keamanan di rumah, agar mencegah maling masuk ke rumah.

Penggunaan teralis sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, pada zaman dahulu, masyarakat sering menggunakan teralis yang berbahan kayu dan biasanya memiliki model yang lurus vertikal atau terkadang juga bermodel horizontal. Seiring perkembangan zaman, teralis dengan bahan kayu tidak lagi menjadi pilihan yang terbaik. Hal itu dikarenakan, teralis dengan bahan kayu mudah sekali untuk dibobol oleh maling. Sehingga saat ini, banyak masyarakat yang lebih memilih memasang teralis minimalis dengan bahan baku besi. Pemilihan teralis besi dikarenakan memiliki model yang lebih modern dan kuat, maksudnya susah bila maling ingin membobol masuk ke dalam rumah. Untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat maupun tips pemilihan teralis jendela yang bagus, aman, dan lebih modern.

pexels.com

Manfaat Penggunaan Teralis Minimalis Modern

Agar jendela rumah tetap aman dari incaran maling, maka teralis menjadi salah satu komponen yang biasanya ditambahkan pada jendela. Teralis sebenarnya sudah digunakan sejak lama. Meski begitu, zaman dahulu teralis masih dianggap biasa saja. Bahkan modelnya hanya vertikal atau horizontal. Hal ini tentu berbeda dengan zaman sekarang, di mana teralis minimalis modern menjadi pilihan masyarakat. Sebenarnya, teralis digunakan untuk mencegah masuknya maling ke dalam rumah. Apalagi saat ini, di Indonesia rawan sekali kejahatan, terutama kejahatan yang dilakukan oleh maling. Selain digunakan untuk mencegah masuknya maling, teralis juga memiliki model modern yang estetis untuk dilihat, sehingga hadirnya teralis memang membantu keindahan rumah.

Biasanya model teralis yang modern menggunakan bahan yang warnanya lebih netral, seperti warna hitam, putih, ataupun silver. Saat ini, banyak sekali rumah yang dibangun dan menggunakan teralis minimalis untuk jendelanya. Tak hanya warnanya yang menggunakan warna netral, namun ternyata motif yang digunakan pun lebih simple dan terkesan tidak rumit. Meskipun begitu, jangan ragu bahwa teralisnya tidak akan terlihat estetis, karena pada kenyataannya teralisnya malah terlihat dengan penampilan yang lebih elegan dan nampak estetis. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, teralis sangat bermanfaat untuk manusia, seperti:

  1. Bermanfaat untuk Keamanan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat dipasangnya teralis adalah karena mencegah maling untuk membobol rumah. Kita pasti telah melihat maupun mendengar bahwa maling sering kali masuk melalui jendela bukan? Bahkan terkadang maling bisa masuk ke jendela yang sudah diteralis. Nah, hal pemasangan teralis merupakan salah satu bentuk pencegahan masuknya maling. Tentunya untuk menghindari maling merusak teralis, maka dipilihlah teralis yang benar-benar kuat, sehingga maling pun akan kesusahan untuk membobolnya. Jadi sudah jelas bukan, bila teralis memiliki manfaat untuk keamanan juga.

pexels.com
  1. Bermanfaat untuk Kesehatan

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menghirup udara yang sehat, dan mengurangi polusi udara. Untuk memeroleh udara yang segar, tentunya sebuah rumah harus memiliki jendela. Coba bayangkan bila sebuah rumah tidak memiliki jendela, maka rumah akan gelap dan lembap. Oh ya, kalian tidak perlu khawatir tentang teralis yang ada di jendela. Teralis di jendela memiliki celah, sehingga udara pun bisa masuk dengan mudah. Selain itu, penggunaan vertical blind juga sangat penting untuk jendela. Mengapa? Karena benda tersebut memiliki model yang menyerupai tirai, yang ukurannya panjang dan berfungsi sebagai penutup jendela. Bahkan, benda tersebut juga memiliki fungsi untuk mengatur pencahayaan yang akan masuk ke dalam ruang.

  1. Bermanfaat untuk Dekorasi

Teralis juga memiliki manfaat sebagai dekorasi rumah. Mengapa? Karena teralis zaman sekarang memiliki model yang bagus dan nampak elegan. Bahkan tak jarang teralis juga memiliki motif-motif tersendiri. Hal itu membuat rumah tambah terlihat bagus.

pexels.com

5 Tips Pemilihan Teralis untuk Jendela

Setelah dijelaskan beberapa manfaat mengenai teralis minimalis, adapula beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan referensi. Pertama, mungkin kalian bisa menyesuaikan beberapa desain teralis dengan desain dari rumah. Hal itu penting untuk diperhatikan, karena keindahan rumah pun dilihat pula dari kesesuaian jendela rumahnya. Bagaimana bisa, rumah yang dibuat dengan gaya klasik dan simple, namun teralis jendelanya terlihat sangat rumit dan modern sekali, serta dipenuhi dengan motif-motif yang banyak. Tentunya hal tersebut membuat rumah memiliki desain yang sangat tidak serasi.

Kedua, mungkin kalian harus menghindari model teralis yang menyerupai jeruji penjara. Bila tetap nekat menggunakan teralis yang menyerupai jeruji penjara, maka malah menampakkan kesan yang menyeramkan. Sehingga rumah terlihat lebih tak enak dipandang. Ketiga, pilihlah teralis yang kuat dan aman. Untuk menghindari adanya maling yang masuk ke dalam rumah, maka teralis yang aman serta kuat sangat dianjurkan untuk dipasang pada jendela. Mengapa harus kuat dan aman? Ya karena teralis yang tidak kuat, akan lebih mudah dibobol oleh maling. Jadi sudah jelas bukan, bahwa teralis juga memiliki manfaat untuk melindungi rumah dari adanya tindakan kejahatan, sehingga sudah seharusnya bila memilih teralis harus yang kuat dan aman.

pexels.com

Keempat, hindari pemasangan baut pada teralis yang bisa dilihat dengan mudah oleh maling. Terkadang kita mendengar atau membaca berita di mana ada maling yang berhasil masuk ke dalam rumah setelah mencongkel teralis. Nampaknya, hal tersebut membuat was-was banyak penghuni rumah. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah masuknya maling yakni pemasangan baut pada teralis harus diletakkan secara sembunyi, atau jauh dari pandangan orang. Agar rumah tetap aman dan maling pun tidak bisa memiliki celah untuk masuk ke rumah. Kelima, perhatikan pula ukuran dari jendela. Sebelum memesan teralis, pastikan ukurannya sesuai dengan jendela rumah. Jangan sampai memilih teralis yang ukurannya lebih kecil atau bahkan lebih besar dari jendela rumah. Untuk lebih mudahnya, mungkin kalian bisa meminta bantuan pada tukang yang biasa membuat teralis.

Keenam, mungkin desain dan motif dari teralis juga perlu untuk diperhatikan. Zaman sekarang sudah banyak ditemukan desain teralis yang lebih modern dan tidak hanya monoton bermodel vertikal atau horizontal saja. Hal ini karena teralis menjadi dekorasi tersendiri yang akan menambah cantik tampilan rumah. Berikut beberapa tips yang mungkin saja bisa kalian gunakan sebagai acuan dalam memilih teralis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *