Saat Anda akan menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah masa SMU, maka salah satu masalah yang menjadi semakin penting adalah menentukan jurusan jurusan kuliah yang layak dipertimbangkan dan mungkin diambil sebagai pilihan. Memilih jurusan ini sangat penting diibaratkan memilih bidang pekerjaan yang akan dijalani di masa depan.

Bagaimana Cara Sederhana untuk Menentukan Jurusan Kuliah?

Umumnya masalah yang dihadapi para calon mahasiswa adalah belum mengetahui jurusan mana yang sesuai atau belum yakin dengan jurusan yang telah dipilih sebelumnya. Seperti yang diketahui bahwa salah memilih jurusan dapat berakibat pada stres selama menempuh perkuliahan.  Nah, berikut ini beberapa tips sederhana untuk memudahkan Anda menentukan jurusan kuliah yang akan dijalani selama 4 tahun mendatang

Pilih Sesuai Minat

Pikiran pertama untuk menentukan jurusan kuliah adalah memilih berdasarkan minat atau bidang yang memang disukai. Dengan demikian, setidaknya Anda sudah mengatasi masalah penentuan jurusan sebab Anda akan dihadapkan pada hal yang memang disukai dan tidak akan menjadi beban keterpaksaan.

Pilih Berdasar Peluang Kerja

Pertimbangan lain juga bisa Anda dasarkan pada peluang kerja yang tinggi. And abisa memilih jurusan yang masih banyak dibutuhkan di lapangan. Anda bisa melihat bagaimana antusiasme perusahaan dalam mencari pekerja sesuai bidang mereka di situs pencarian kerja.

Pilih berdasar Akreditasi Jurusan

Suatu perguruan tinggi pasti akan menerapkan akreditasi terhadap tiap jurusan yang ditawarkan. Akreditasi ini umumnya juga menjadi pertimbangan pihak perusahaan sebelum merekrut tenaga kerjanya. Maka dari itu, pilih jurusan yang memiliki akreditasi yang baik sesuai jurusan yang diminati.

Pilih Berdasar Pengalaman Alumni

Anda juga bisa menentukan pilihan jurusan dari informasi yang diberikan oleh para alumni maupun mahasiswa aktif terkait pengalaman di jurusan yang sedang Anda minati. Tanyakan kepada mereka tentang seluk-beluk jurusan itu.

Pilih Berdasar Kelebihan dan Kekurangan

Saat menentukan jurusan, tak jarang calon mahasiswa membuat beberapa opsi dan tak hanya satu jurusan tertentu saja. Bisa dikatakan, piliha jurusan ini bisa menjadi rencana B seadainya tidak diterima di pilhan jurusan pertama. Namun sebelumnya, Anda bisa membandingan antara jurusan satu dengan lainnya. Ketahui dan pertimbangkan dari masing-masing jurusan yang masuk ke dalam daftar yang Anda buat.

Demikianlah beberapa cara sederhana untuk menentukan jurusan jurusan kuliah sebelum Anda mantap menempuh proses seleksi masuk. Dengan melakukan persiapan yang matang maka Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk dapat diterima di perguruan tinggi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *