Ikan neon dengan nama ilmiah paracheirodon innesi merupakan ikan hias yang tentunya banyak dikenal oleh penikmat aquarium, dimana ikan ini merupakan ikan air tawar yang tergolong dalam keluarga Characidae. Keindahan dari ikan ini mampu menarik perhatian, selain itu ikan ini memiliki banyak sekali keunggulan.

Ikan satu ini memiliki pergerakan yang sangat tenang, selain itu ikan ini juga mampu beradaptasi dengan baik. Karena itulah ikan ini banyak dipilih, dengan kemampuan tersebut maka pemula pun bisa dengan mudah merawat ikan satu ini.

Untuk anda yang mungkin masih bingung cara perawatan neon ini, berikut akan kami jelaskan mengenai perawatannya sehingga anda bisa mendapatkan neon terbaik dengan kesehatan yang terjaga. Ikan ini merupakan ikan yang kalem dan juga pemalu, mereka akan merasa nyaman ketika tinggal di aquarium dengan air sebanyak 80 liter. Anda bisa mengatur suhu air di angka 21 hingga 27 derajat, dengan ukuran pH di angka 6.5 sampai dengan 7.5.

Kami tidak menyarankan anda untuk meletakkan ikan jenis ini di aquarium yang baru, pasalnya ikan ini kurang mampu bertahan dengan perubahan kondisi air serta tempat tinggalnya secara spontan. Anda perlu memastikan air aquariumnya terlebih dahulu, sehingga ikan bisa beradaptasi dengan baik di dalam aquarium anda.

Di alam liar, ikan ini biasa hidup di air yang gelap dengan bagian dasar yang berantakan oleh akar pohon. Untuk anda yang ingin memelihara ikan ini di aquarium, anda bisa mensiasati dengan memberikan tanaman aquatic agar mereka bisa bersembunyi di dalamnya. Dengan begitu ikan akan merasa mudah beradaptasi dan aman, karena mereka akan merasa seperti berada di habitat aslinya.

Untuk pakannya sendiri, ikan neon ini tak terlalu banyak menuntut. Segala jenis makanan bisa dilahapnya dengan baik, namun pastikan ukuran pakannya yang kecil sehingga ikan mudah untuk melahapnya. Apabila anda meletakkan pakan yang besar, ikan ini hanya akan menggigiti bagian tepinya dan membuat pakan berantakan. Tentu hal ini akan membuat akuarium anda kotor, sehingga kesehatan ikan bisa terganggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *