Memiliki rumah memang menjadi impian keluarga sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, membangun rumah tentunya membutuhkan berbagai alat dan juga biaya cukup besar. Tidak hanya itu teknik pengerjaan, kualitas serta waktu juga menjadi hal yang sangat penting dalam pengerjaan rumah.

Kemampuan kita sudah dipastikan sangat kurang jika harus menyelesaikan tugas rumah yang banyak tersebut, selain waktu kita yang sangat terbatas karena pekerjaan dan kesibukan anda sendiri sebaiknya dikerjakan ahlinya yakni tukang bangunan. Tidak semua orang bisa membangun rumah sendiri selagi seorang tukang pun tetap membutuhkan bantuan tukang lainnya agar cepat selesai. Selain itu dana untuk membangun rumah dan renovasi juga tidak sedikit, membutuhkan manajemen keuangan yang tepat pada saat anda memiliki niat membangun rumah. Rumah juga sebagai salah satu investasi jangka panjang yang setiap saat bisa anda jual atau untuk kontrakan dengan penghasilan yang tinggi.

Jangankan untuk membangun rumah, membenahi bagian rumah yang rusak saja mayoritas sudah tidak ada waktu bahkan belum cukup keahlian kita dalam memperbaiknya, seperti: memperbaiki pagar, memperbaiki cat tembok yang sudah kusam, memperbaiki atap yang bocor harus dengan tenaga ahli agar hasilnya sempurna.

Berbagai kekurangan tersebut tentunya membutuhkan solusi yang tepat dengan mencari tenaga ahli yang memiliki kinerja bagus, cepat, dan harga terjangkau. Dalam artikel ini kami akan mempermudah anda dalam mendapatkan tenaga ahli sesuai keinginan anda, sebab bukan hal yang mudah untuk era sekarang ini bahkan tidak sedikit yang kecewa dengan kondisi rumah selesai dibangun atau direnovasi. Berangkat dari berbagai sebab tersebut kami  bagikan tips mencari tukang yang bagus:

ww.pexels.com

Rekomendasi Dari Teman dan Saudara

Langkah ini merupakan cara terbaik dan bisa dipercaya untuk anda yang ingin membangun dan renovasi rumah, bahkan ini solusi terbaik untuk mendapatkan tukang yang bagus. Namun anda juga harus hati-hati karena siapa saja bisa menjadi makelar, teman dan saudara akan menghindarkan dari kejadian tersebut agar tidak terkena jebakan makelar yang berujung harga perawatan bangunan rumah anda mahal.

Memperhatikan Kinerja Bangunannya

Sebelum mendatangkan tukang sebaiknya anda melihat dulu hasil kerjanya (bangunan yang sudah jadi) agar anda juga bisa memikirkan kembali untuk mengerjakan rumah anda, sebaiknya hal ini jangan ditunda harus segera anda lakukan, jika hasil dari karyanya kurang memuaskan sebaiknya segera mencari lain jangan karena tergesa-gesa anda mencari tukang seadanya.

ww.pexels.com

Membuat Kontrak Perjanjian

Memang jarang sih yang membuat perjanjian diawal kerja dan terdengar seperti kurang nyaman untuk diucapkan, namun jika pekerja profesional tentunya ini justru akan sangat membantu sekali dan menguntungkan  dua belah pihak. Sering terjadi terkait masalah perjanjian sering tidak tercatat dan akhirnya terjadi problema diakhirnya, selain itu rasa sungkan sebagai faktor yang pertama dan apalagi tukangnya kita kenal. Jika anda menggunakan perjanjian dengan baik dan ada dalam catatan kontrak ketika pekerjaan sudah selesai bisa dikorscek dengan kontrak dan untuk tukang sendiri juga mengerjakan sesuai dengan perjanjian, terkadang karena pemilik rumah minta yang lain.

Dalam penerapannya sebuah perjanjian harus tegas dan adil agar tidak terjadi perubahan dari rencana awal yang sudah anda bicarakan dengan tukang, hal ini juga akan membuat tukang serius dalam bekerja dan semakin profesional dalam memberikan karya terbaik.

Memanejemen Biaya Bangunan dan sertifikat

Langkah ini akan memudahkan anda dalam menyiapkan bahan dan juga menyesuaikan uang yang anda miliki, selain itu untuk menghindari penggelembungan dana. Bahkan ini juga akan memudahkan tukang mengerjakan serta menghasilkan kualitas kinerja yang baik dengan dukungan segala fasilitas terpenuhi.

Pengawasan Pekerjaan

Pengawasan saat bekerja sudah wajib anda lakukan untuk melihat proses dan sebagai evaluasi, ajukan berbagai pertanyaan dalam mengerjakan sebuah bangunan membutuhkan waktu berapa lama dan pengawasan juga akan menambah motivasi kerja tukang jika membutuhkan sesuatu atau pertimbangan dalam membuat bangunan rumah.

ww.pexels.com

Memberikan Pengarahan Dan Teguran

Pada saat pengawasan mendapatkan kinerja yang kurang sesuai dengan keiginan anda sebaiknya segera untuk diarahkan atau dikasih teguran agar tidak berlanjut salah dalam proses membangun, jika sudah terlanjur sudah dipastikan anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membenainya.

Waspadai Kebutuhan Bahan Dengan Harga Mahal

Pemilihan bahan bangunan sebagai syarat untuk hasil dari konsep rumah, banyak salah dalam mencari bahan terkadang memilih yang mahal namun hasil tidak sesuai. Bahan murah takut hasil yang kurang maksimal, nah solusinya bicara dengan tukang dan langsung ajak ke toko bangunan agar pembelian barang juga sesuai kualitas dan harganya. Untuk saran kami sebaiknya mencari bahan langsung pada produsen untuk mendapatkan harga yang lebih murah, seperti toko yang khusus jual bata merah, jual genteng agar anda sendiri juga bisa membandingkan kualitasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan sebenarnya bisa semua dipasrahkan ketukang, namun tidak ada salahnya kita menghindari hal yang tidak diinginkan dari tukang-tukang nakal. Sebaiknya luangkan waktu datang langsung ke toko bangunan memastikan barang yang dibelinya, jika anda salah membeli bahan makan akan menjadi masalah yang besar pada manajemen keuangan tidak hanya itu bangunan juga tidak sesuai  dengan apa yang anda inginkan, tentunya biaya akan membengkak agar lebih detailnya kami melengakapi referensi anda dalam mencari tukang yakni ciri-ciri tukang bangunan yang cepat dan bagus, diantaranya sebagai berikut:

  1. Tanggap

Cari tukang yang Fast Respon pada saat sedang menghubunginya terkait kebutuhan bangunan, sikapnya tersebut menunjukkan tukang yang serius dan profesional dalam bekerja. Lebih mendahulukan pekerjaan yang ditekuninya terutama klien yang ingin konsultasi atau memesan pengerjaan rumah.

  1. Cekatan

Sebaiknya anda mencari tukang yang cekatan artinya tanggap dan paham ketika diajak berbicara, alangkahnya baiknya tukang yang bisa menjelaskan semua yang terkait dengan kontruksi bangunan dan berbagai kebutuhan bahan untuk menjadikan bangunan berkualitas terbaik.

  1. Jujur

Tukang yang memiliki sifat jujur akan banyak yang menggunakan jasanya, pekerjaan yang memang lebih mementingkan kejujuran saat membeli bahan bangunan. Anda juga bisa melakukan tes pada tukang apakah dia jujur atau tidak contohnya sebagai berikut pada saat anda mendatangkan tukang keramik, namun anda juga menginginkan dia mengerjakan pekerjaan lain, sebagai tesnya anda tawarkan pekerjaan membuat tralis dan furniture. Nah ketika menjawab ia sebaiknya anda bertanya berbagai kebutuhan dan spesifikasi pekerjaan tersebut secara teory. Jika sudah menguasai minimal dia memiliki padangan terkait tukang yag bener-bener bisa direkomendasikan.

ww.pexels.com
  1. Tanggung Jawab

Bertaggung jawab menjadi ciri yang sangat penting pada tukang sebab segala sesuatu yang dikerjakan tukang akan memilki dampak besar, jika pekerjaannya baik tidak hanya tuan rumah yang senang namun akan sangat beruntung sekali nama tukang tersebut semakin terkenal. Tanggung jawab itu tidak hanya dari hasil sebuah rumah, namun segala sesuatu yang dikerjakannya datang dan pulang tepat waktu, menjaga bahan bangunan dan semua yang ada di rumah tersebut.

Nah semua persyaratan dan ciri-ciri sudah anda pahami dan ketahui tinggal mencari tukang yang tepat, saat ini sudah tersedia secara online namun sebaiknya setelah anda memesan lakukan pertemuan untuk memastikan apakah tukang tersebut benar-benar sesuai kreteria yang anda cari. Semoga dengan artikel ini bermanfaat untuk yang anda ingin membangun dan merenovasi rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *