Ustadz Hanan Attaki atau sering disebut sebagai UHA, adalah salah satu penceramah terkenal terutama di kalangan milenial. Nama asli beliau adalah Tengku Hanan Attaki, yang lahih pada 31 Desember 1981 di Aceh. Saat ini beliau tinggal di kota Bandung dan berkonsentrasi mengajak para pemuda belajar bersama-sama memperdalam ilmu agama Islam lewat kajian dakwah yang dibawakannya. Gaya bahasa dan perumpamaan yang dibawakan oleh Ustadz Hanan Attaki sangat mudah untuk dipahami.

 

Selain itu, style berpakaian Ustadz Hanan Attaki juga khas anak muda yang menggunakan kemeja  dengan kupluk snapback sebagai ciri khasnya. Kegiatan dakwah beliau dimulai dari kota Bandung hingga ke beberapa kota yang ada di Indonesia. Kajian yang beliau bawakan banyak menyangkut tentang problem sehari-hari yang sering dirasakan oleh masyarakat. Pembawaan dakwah yang santai, mudah dipahami dan terkadang diselipkan humor di dalamnya membuat para jamaah tertarik untuk terus fokus mendengarkan.

pxhere.com

All About Ustadz Hanan Attaki

Bagi pengguna media sosial seperti Youtube dan Instagram, sebagia besar sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ustadz Hanan Attaki. Salah satu jargon yang terkenal yang dibawakan beliau yaitu “pemuda hijrah” yang mampu menarik perhatian kaum muda untuk terus memperbaiki dan memperdalam serta belajar bersama-sama tentang agama Islam lewat kajian yang beliau berikan. Ada beberapa sejarah singkat dan ciri khas unik yang dimiliki oleh Ustadz Hanan Attaki, berikut ulasan lebih lengkapnya :

  1. Alumnus Al-Azhar Mesir

Al-Azhar Mesir merupakan salah satu perguruan tinggi di kota Mesir yang cukup terkenal. Ada banyak masyarakat Indonesia yang memilih perguruan tinggi tersebut untuk menimba ilmu dan memperdalam ilmu agama Islam. Ustadz Hanan Attaki adalah salah satu alumnus Al-Azhar Mesir yang aktif melakukan dakwah hingga saat ini. Perguruan Tinggi Al-Azhar sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan salah satu tempat favorit untuk kuliah di luar negeri. Sangking populernya, Al-Azhar juga pernah masuk dalam salah satu film Indonesia yang berjudul “Ketika Cinta Bertasbih”.

 

  1. Suara dan Gaya Bahasa unik

Suara Ustadz Hanan Attaki memang sedikit unik, beliau mempunyai suara yang khas dan merdu ketika melantunkan Hadits dan ayat-ayat suci Al-Quran. Gaya bahasa yang digunakan juga mengikuti gaya anak muda yang gaul dan simple. Perumpamaan pada setiap materi kajian beliau sangat mudah di pahami oleh kaum muda dengan humor yang khas ala milenial. Hal inilah yang merupakan salah satu alasan kaum milenial mengidolakan beliau sebagai salah satu tokoh pencerama favorit yang diikuti.

pxhere.com
  1. Materi kajian

Sama halnya dengan ustad atau penceramah lain, Ustadz Hanan Attaki juga menyampaikan materi pada tiap kajiannya dengan tema kehidupan sehari-hari. kajian ceramah beliau banyak membahas tentang doa sehari-hari, jodoh, niat, rezeki dan kesabaran. Selain itu, beliau juga membahas tentang isu-isu terkini dan berdiskusi dengan para jamaah yang kebanyakan adalah anak muda. Cara penyampaian yang lugas, tegas dan mudah sekali dimengerti pada setiap materi yang beliau bawakan. Beliau selalu mengajarkan untuk menyelipkan atau mempraktikkan ilmu agama Islam di setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

 

  1. Style Ustadz Hanan Attaki

Salah satu ciri khas yang terkenal dari Ustad Hanan Attaki adalah style berpakaiannya. Pada setiap dakwah, beliau menggunakan setelah kaos yang dibalut dengan kemeja serta tak ketinggalan topi khas yang sering beliau kenakan. Tak jarang juga beliau mengenakan kaos dakwah sebagai salah satu cara untuk menggajak kaum muda agar lebih semangat lagi dalam menimba ilmu agama Islam. Beliau juga tidak ketinggalan dengan kacamanya yang merupakan ciri khas Ustad Hanan Attaki. Style berpakain yang lebih santai layaknya kaum milenial membuat UHA semakin dikenal di kalangan remaja.

 

  1. Pendiri Shift

Bersama dengan para pemuda, Ustadz Hanan membuat atau mendirikan Shift yang merupakan gagasan atau sarana untuk berhijrah. Banyak kegiatan dakwah yang dilakukan bersama shift seperti ngabuburit, teras dakwah dan shift weekend bersama anak-anak mudah. Jamaah ustadz Hanan banyak berasal dari kalangan pemuda yang menyukai skateboard, surfing, komunitas sepeda BMX dan masih banyak komunitas pemuda lain yang mengikuti kajian ceramah ala beliau. Hobby beliau juga merupakan hobby sebagian besar anak muda, sehingga tidak heran jika jamaah beliau lebih banyak dari golongan pemudanya.

pxhere.com
  1. Youtuber

Salah satu kegiatan beliau selain ceramah di masjid yaitu membuat konten Youtube yang tentunya berisi tentang dakwah dan kajian beliau saat ceramah. Bagi yang belum pernah ketemu atau belum pernah ikut langsung dalam kajian ceramah Ustad Hanan Attaki, Anda bisa mendengarkan ceramah beliau melalui akun Youtube miliknya. ada banyak video maupun audio tentang ceramah yang beliau sengaja berikan untuk pengguna media sosial Youtube. Anda bisa download atau streaming materi yang telah ustad Hanan uanggah di akunYoutubenya. Adanya akses ini akan lebih mempermudah masyarakat untuk semangat memperbaiki diri dalam bidang agama Islam.

 

Itulah tadi beberapa informasi, sejarah singkat dan ciri khas yang dimiliki Ustadz Hanan Attaki. Tunggu apalagi, yuk segera mampir ke akun Yootube UHA dan dengarkan kajian-kajian yang beliau sampaikan. Ayo, semangat berhijrah untuk pemuda Islam Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *